13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Inilah Wisata di Gondang Yang Perlu Dikunjungi

blokbojonegoro.com | Sunday, 23 December 2018 11:00

Inilah Wisata di Gondang Yang Perlu  Dikunjungi

Kontributor: Sutopo

bloBojonegoro.com - Bagi anda yang ingin liburan saat tahun baru mungkin wisata ini perlu anda ketahui.  Dengan jarak kurang lebih 55 km ke arah selatan dari pusat Kota Bojonegoro yaitu menuju Kecamatan Gondang.

Dan kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Desa Krondonan. Di sana akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat menarik dan sejuk. Sebab, di Desa Krondonan memiliki ketinggian rata-rata di atas 1000 mdpl dan mempunyai beberapa destinasi wisata alam.

Menurut penggiat wisata setempat, Bambang Irwan menyebutkan disitu Mata Air Hangat "Banyu Kuning", Dusun Jomblangjati, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang. Sejak November 2017 telah tempat itu ditetapkan sebagai Hulu Geopark Bojonegoro (Geopark Nasional).

Tempat, tersebut secara geologi terjadi akibat manifestasi panas bumi (geothermal), terdapat pancuran air hangat.  Biasanya pengunjung yang datang ke sana menikmati air hangat dengan berendam.

"Kurang lebih ada sekitar 400 pengunjung permingguny,a" beber dia kepada blokBojonegoro.com, Minggu (23/12/2018).

Menurut Bambang, warna kuning air berasal dari endapan mineral dan belerang yang nyaris terlihat semuanya berwarna kuning, padahal hanya batuannya saja.  Sedangkan airnya tetap berwarna jernih dan hangat.

"Tempatnya masih dikelilingi pohon-pohon besar dan rindang yang membuat lokasi tersebut semakin mempesona. Selain itu, debit airnya tak pernah berkurang pada musim apapun," ujarnya.

Selain Banyu Kuning, anda juga bisa mengunjungi  Gunung Watu  (Tapak Sewu) yang lokasinya berada di Dusun Krondonan, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang. Yaitu berupa batuan purba utuh (1 gunung) jika diperkirakan luasnya adalah 1,2 ha.
Dan hampir di seluruh permukaan puncaknya terdapat ribuan tapak-tapak yang disinyalir hewan purba yang belum teridentifikasi kategori apa dan kapan terjadinya.

Saat berada di puncak semua akan terbayar setelah menempuh perjalanan sekitar 350 meter dari jalan raya. "Pada pagi hari akan mendapatkan sunrise terbaik dan sebaliknya pada sore hari akan mendapatkan sunset dan foto silluet yang luar biasa bagusnya," kata Bambang.

Selain sebagai tempat camping, juga menawarkan kegiatan lain bagi para pengunjung yang ingin memacu adrenalin olah raga panjat tebing dengan ketinggian sekitar 47 meter.

Lebih lanjut , Dua Lokasi di atas telah ditetapkan sebagai hulu Geopark Bojonegoro oleh kementerian ESDM dan Kemaritiman setelah dilakukan penelitian oleh Tim Geologi UPNV Jogjakarta dan Ladewi Krondonan selama 2 Tahun.

Ada juga tempat jujugan di Desa Krondonan yang bisa jadi tempat untuk berwisata. Gunung Jati (Camping Ground). Lokasinya berada di Dusun Tadahan, desa setempat, memiliki hamparan puncak cukup luas, selain sebagai spot selfie (foto booth), bisa juga untuk melihat panorama nan indah.

Tak hanya itu, udaranya sejuk juga biasa dipakai kegiatan Camping (berkemah)  baik oleh komunitas Pecinta Alam atau yang lain karena lokasi luas dan mampu menampung lumayan banyak tenda-tenda.

Masih di Desa Krondonan, wisata berikutnya adalah Air Terjun (Kedung Gupit). Berlokasi di belakang SMPN II gondang kira-kira menempuh perjalanan sekitar 500 meter. Di sini disuguhkan pemandangan diantara dua cekungan bukit yang di tengahnya terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 18 meter sedikit menyusuri sungai dan bebatuan yang indah.

Jika masih belum puas, anda juga bisa mengunjungi Banyu Bleng (Asin). Lokasinya berada di Dusun Tengaring, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang. Lokasi ini diusulkan sebagai Cagar Budaya dikarenakan terdapat air asin di lereng bukit. Padahal di sekitarnya terdapat air tawar. Sedangkan air asinnya digunakan untuk upacara adat tahunan tradisi unik masyarakat setempat, yakni saat Bersih Desa mereka memasak nasi uduk dan ketupat lebaran wajib dari Banyu Bleng.

"Terakhir, Bukit Kopen lokasinya berada di Dusun Tadahan berupa areal atau centra pertanian Bawang Merah yang tak kenal musim," jelas Bambang. [top/ito]

Rute Wisata di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro:

 

Tag : libur, gondang, krondonan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat