14:00 . Triwulan Empat, 851 Klaim Asuransi Diterima Jasa Raharja   |   12:00 . Peran Guru Tangkal Radikalisme   |   11:00 . Pelatih Persibo Berharap Suporter Tetap Berangkat Ke Gresik   |   08:00 . Panggil Diknas, DPRD Akan Kawal Sampai Pusat   |   07:00 . Tips Berpakaian di Cuaca Panas Untuk Hijaber   |   21:00 . Cak Nun Jawab Gamblang Semua Pertanyaan   |   20:00 . Ratusan Sapi Produktif Dipamerkan, Yuk Lihat   |   19:00 . Sinau Bareng Cak Nun   |   18:00 . Ingin Turut Kembangkan Ekonomi Syariah   |   17:00 . Datangi DPRD, PPPK Diknas Bojonegoro Minta Kejelasan   |   16:00 . Bupati Ajak Tingkatkan Protein Hewani dengan Minum Susu   |   15:00 . Menjadi Guru PAI, Bagi Irma Lutfiana adalah Tanggungan Moral Anak   |   14:00 . Inilah Juara Lomba Sapi Betina Produktif dan Gelar Panen Pedet 2019   |   13:00 . Bupati Targetkan Bojonegoro Bisa Duduki Nomor Dua Populasi Sapi Se-Jatim   |   12:00 . Bupati Melihat Sapi yang Mendapat Juara   |  
Thu, 17 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 23 December 2018 11:00

Inilah Wisata di Gondang Yang Perlu Dikunjungi

Inilah Wisata di Gondang Yang Perlu  Dikunjungi

Kontributor: Sutopo

bloBojonegoro.com - Bagi anda yang ingin liburan saat tahun baru mungkin wisata ini perlu anda ketahui.  Dengan jarak kurang lebih 55 km ke arah selatan dari pusat Kota Bojonegoro yaitu menuju Kecamatan Gondang.

Dan kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Desa Krondonan. Di sana akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat menarik dan sejuk. Sebab, di Desa Krondonan memiliki ketinggian rata-rata di atas 1000 mdpl dan mempunyai beberapa destinasi wisata alam.

Menurut penggiat wisata setempat, Bambang Irwan menyebutkan disitu Mata Air Hangat "Banyu Kuning", Dusun Jomblangjati, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang. Sejak November 2017 telah tempat itu ditetapkan sebagai Hulu Geopark Bojonegoro (Geopark Nasional).

Tempat, tersebut secara geologi terjadi akibat manifestasi panas bumi (geothermal), terdapat pancuran air hangat.  Biasanya pengunjung yang datang ke sana menikmati air hangat dengan berendam.

"Kurang lebih ada sekitar 400 pengunjung permingguny,a" beber dia kepada blokBojonegoro.com, Minggu (23/12/2018).

Menurut Bambang, warna kuning air berasal dari endapan mineral dan belerang yang nyaris terlihat semuanya berwarna kuning, padahal hanya batuannya saja.  Sedangkan airnya tetap berwarna jernih dan hangat.

"Tempatnya masih dikelilingi pohon-pohon besar dan rindang yang membuat lokasi tersebut semakin mempesona. Selain itu, debit airnya tak pernah berkurang pada musim apapun," ujarnya.

Selain Banyu Kuning, anda juga bisa mengunjungi  Gunung Watu  (Tapak Sewu) yang lokasinya berada di Dusun Krondonan, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang. Yaitu berupa batuan purba utuh (1 gunung) jika diperkirakan luasnya adalah 1,2 ha.
Dan hampir di seluruh permukaan puncaknya terdapat ribuan tapak-tapak yang disinyalir hewan purba yang belum teridentifikasi kategori apa dan kapan terjadinya.

Saat berada di puncak semua akan terbayar setelah menempuh perjalanan sekitar 350 meter dari jalan raya. "Pada pagi hari akan mendapatkan sunrise terbaik dan sebaliknya pada sore hari akan mendapatkan sunset dan foto silluet yang luar biasa bagusnya," kata Bambang.

Selain sebagai tempat camping, juga menawarkan kegiatan lain bagi para pengunjung yang ingin memacu adrenalin olah raga panjat tebing dengan ketinggian sekitar 47 meter.

Lebih lanjut , Dua Lokasi di atas telah ditetapkan sebagai hulu Geopark Bojonegoro oleh kementerian ESDM dan Kemaritiman setelah dilakukan penelitian oleh Tim Geologi UPNV Jogjakarta dan Ladewi Krondonan selama 2 Tahun.

Ada juga tempat jujugan di Desa Krondonan yang bisa jadi tempat untuk berwisata. Gunung Jati (Camping Ground). Lokasinya berada di Dusun Tadahan, desa setempat, memiliki hamparan puncak cukup luas, selain sebagai spot selfie (foto booth), bisa juga untuk melihat panorama nan indah.

Tak hanya itu, udaranya sejuk juga biasa dipakai kegiatan Camping (berkemah)  baik oleh komunitas Pecinta Alam atau yang lain karena lokasi luas dan mampu menampung lumayan banyak tenda-tenda.

Masih di Desa Krondonan, wisata berikutnya adalah Air Terjun (Kedung Gupit). Berlokasi di belakang SMPN II gondang kira-kira menempuh perjalanan sekitar 500 meter. Di sini disuguhkan pemandangan diantara dua cekungan bukit yang di tengahnya terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 18 meter sedikit menyusuri sungai dan bebatuan yang indah.

Jika masih belum puas, anda juga bisa mengunjungi Banyu Bleng (Asin). Lokasinya berada di Dusun Tengaring, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang. Lokasi ini diusulkan sebagai Cagar Budaya dikarenakan terdapat air asin di lereng bukit. Padahal di sekitarnya terdapat air tawar. Sedangkan air asinnya digunakan untuk upacara adat tahunan tradisi unik masyarakat setempat, yakni saat Bersih Desa mereka memasak nasi uduk dan ketupat lebaran wajib dari Banyu Bleng.

"Terakhir, Bukit Kopen lokasinya berada di Dusun Tadahan berupa areal atau centra pertanian Bawang Merah yang tak kenal musim," jelas Bambang. [top/ito]

Rute Wisata di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro:

 

Tag : libur, gondang, krondonan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 16 October 2019 09:00

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT

    Petani Kedungadem Gotong Royong Melebarkan JUT Untuk melancarkan mobilitas petani khususnya saat membawa benih, pupuk, dan hasil pertanian, Dinas Pertanian Bojonegoro membantu jalan usaha tani (JUT) kepada kelompok tani Tani Makmur I, Dukuh Mulung, Desa Ngrandu,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat