23:00 . Jan Ethes Gemesin Ikut Presiden Jokowi Upacara HUT ke 74 RI   |   22:00 . Pelatihan Kepemimpinan Active Citizens di Padepokan ASA   |   21:00 . Pekerja Proyek Gas JTB Ikuti Upacara Bendera   |   20:00 . Wow....! Tari Thengul Tampil di Istana Negara   |   19:00 . Unik, Warga Klangon Dirikan Gapura Bentuk Garuda Raksasa   |   18:00 . Warga Tulungagung Kibarkan Bendera Rakasasa di Tepi Bengawan Solo   |   17:00 . Totalitas Tari Thengul dan Gemuruh Penonton   |   16:00 . Tari Thengul Tampil Memukau di Istana Negera   |   15:30 . Pertamina Tanam 10.000 Pohon dan Serahkan CSR Rp1,2 Miliar   |   15:00 . 210 Napi Tak Dapat Remisi   |   14:00 . Napi Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI, 4 Orang Bebas   |   13:00 . Banom NU Banjarejo Bagikan Wakaf 1.000 Masker   |   12:30 . Momen Agustusan, Mansabo Kembangkan Potensi Siswa Melalui Lomba   |   12:00 . Banyak Peserta Upacara HUT RI di Alun-alun Bojonegoro Pusing   |   11:00 . Refleksi Hari Kemerdekaan, SLB Putra Harapan Bagi Bendera   |  
Sun, 18 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 24 December 2018 20:00

Natal 2018, Damai Sejahtera di Bumi Pancasila

Natal 2018, Damai Sejahtera di Bumi Pancasila

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Berbagai persiapan dipersiapkan menjelang perayaan Natal 2018 pada Selasa (25/12/2018). Salah satunya di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Bojonegoro, Jalan Rajawali setempat yang mengangkat tema 'Damai Sejahtera Allah di Bumi Pancasila'.

Pendeta (Pdt) Iwan Sukmono mengatakan, tema Natal tahun 2018 yang diangkat GKI Bojonegoro adalah 'Damai Sejahtera Allah di Bumi Pancasila'. Keberadaan gereja sangat terkait dengan konteks masyarakat di mana ia tinggal dan tumbuh di dalamnya.

"Dengan tema ini umat diajak untuk semakin peka dengan situasi dan pergumulan yang ada di sekitarnya," katanya kepada blokBojonegoro.com, Senin (24/12/2018).

Dengan demikian, kata dia, peringatan hari kelahiran Isa Almasih atau Tuhan Yesus Kristus bukan hanya menjadi simbol upacara belaka, atau bahkan terkesan penuh dengan suasana hura-hura.

Natal menjadi momentum untuk kembali memahami bahwa kebesaran kasih Allah tampak dengan begitu dalam kesediaanNya untuk menghadirkan damai sejahtera di atas negeri ini.

"Tanah yang begitu kita cintai, bumi Pancasila. Negeri yang syarat dengan nilai ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan dan keadilan," kata dia.

Masa Natal sesungguhnya diawali dengan masa advent (penantian) dan mencapai salah satu puncaknya dalam Perayaan Malam Natal, 24 Desember 2018 dan Ibadah Natal, 25 Desember 2018.

"Beberapa gereja telah dengan baik melaksanakannya. Beragam kegiatan mulai dari Ibadah, Bakti Sosial, Kunjungan Kasih, dengan baik disusun dan dilaksanakan," ujarnya.

Bukan hanya dalam lingkup intern, tetapi tidak jarang yang menerima keterlibatan dari instansi pemerintahan dan keamanan, bahkan tak sedikit masyarakat yang turut berpartisipasi dalam persiapan maupun pelaksanaannya.

Ia menambahkan, tahun ini peringatan Natal berada dalam momentum pergantian tahun bertepatan dengan susana politik menjelang Pilpres dan Pileg 2019. Selain itu juga didahului dengan berbagai keprihatinan karena secara berurutan terjadi musibah besar melanda bangsa ini. Musibah gempa Lombok, tsunami Donggala, Sigi, Palu dan ujung barat pantai Jawa. 

Dalam suasana tersebut, sudah semestinya Natal dipahami lebih dari sekadar upacara karena Natal yang sesungguhnya adalah gema tentang kasih Ilahi, kasih yang mau menghadirkan damai sejahtera bagi semua manusia.

"Bagi seluruh anak bangsa. Sebagai umat Kristiani kita mesti berjuang untuk mewujudkannya," imbuhnya. [yud/lis]

 

Tag : natal, damai, kasih

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat