08:00 . DPRD Minta Bupati Segera Terbitkan Perbup Kepemudaan   |   07:00 . 7 Fakta tentang Menyusui   |   22:00 . Prestasi di Akhir Masa Jabatan, Polres Bojonegoro Terima Penghargaan Kemen PAN-RB   |   21:00 . Ansor Bojonegoro Sebut Pemuda Jadi Benteng Pengaruh Global   |   20:00 . Dinpora Gelar Diskusi Wicara Organisasi Kepemudaan   |   19:00 . Tahun 2020, Pemkab Akan Wujudkan Bosda   |   18:00 . Pasar Murah, Bentuk Kepedulian Pemkab Kepada Warga Bojonegoro   |   17:00 . Harga Logam Mulia, Hari Ini Dibuka Naik Rp 2.000 per Gram   |   16:00 . Sanksi Penunggak BPJS Kesehatan, Tak Bisa Mengurus Pelayanan Publik   |   15:00 . PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Libatkan Stekholder Latih PKDB   |   14:00 . 2.700 Pendaftar CPNS Sudah Tentukan Formasi Pilihannya   |   13:00 . Kodim Bojonegoro Gelar Lomba Menjahit Disabilitas   |   12:00 . Tingkatkan Kecerdasan Motorik Anak Melalui Baby Spa   |   11:00 . 4 Proyek Strategis Hulu Migas di Jabanusa ini Diharapkan Sesuai Jadwal   |   10:00 . Sisi Lain Bisnis Pet Shop, Merawat Hewan Peliharaan Seperti Anak Sendiri   |  
Thu, 21 November 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 04 April 2019 07:00

Tanda-Tanda Main Games Kelewatan

Tanda-Tanda Main Games Kelewatan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - "Kamu! Main games kelewatan!"

"Ih, baru aja dua jam! Biasa aja keles.."

Tuh kan, kadang-kadang suka nggak jelas ya standar 'kelewatan'. Kata si A kalau satu jam lebih mainnya, udah kelewatan. Kalau kata si B, batas maksimalnya 5 jam deh..

Nah, kalau dilansir dari media game levelskip.com, David Livermore adalah seorang gamer yang 'tobat' dari kecanduan game. Ia mengaku bahkan pernah bolos kuliah gara-gara milih main video game.

Livermore memaparkan pendapatnya mengenai tanda-tanda kalau main game sudah merenggut kehidupan seseorang. Di antaranya:

1 - Setiap ada waktu luang, lebih sering bermain game

Di awal-awal, barangkali seseorang cuma main satu jam per hari buat main game. Tapi ketika kamu atau temanmu lebih sering bermain game ketika luang, bisa jadi termasuk kelewatan.

2 - Cuekin sekolah, kuliah, atau kerjaan gara-gara game

Kalau pas lagi liburan main game sih, nggak terlalu masalah. Tapi kalau seseorang sampai sekip sekolah, kuliah, atau kerjaan gara-gara game, nah ini yang jadi masalah.

3 - Lebih utamakan game ketimbang keluarga

Walaupun mengaku sebagai gamer, Livermore sepakat: mengutamakan main game ketimbang keluarga itu selalu buruk. Ketika saudara, anak, orangtua, dan pasangan kita malah tertelantarkan, maka itu masalah. Game nggak pernah lebih penting ketimbang keluarga.

4 - Benar-benar cuek terhadap penampilan dan kesehatan

Kalau seseorang benar-benar kelewatan main game, ia akan membiarkan dirinya kucel. Ia akan masa bodoh dengan penampilan. Kesehatan juga nggak terlalu diperhatikan. Semaleman main game juga itu nggak baik. Bahkan, seseorang bisa tewas kalau main game terus tanpa istirahat.

5 - Menghabiskan uang untuk game lebih banyak dibanding dengan kebutuhan-kebutuhan pokok atau sekunder

Kalau kamu sampai habisin duit ketimbang kebutuhan-kebutuhan pokok atau kebutuhan penting lainnya, maka kamu udah kelewatan. Kalau misal biaya kosanmu, atau biaya makanmu malah habis buat beli item-item di game  maka itu udah lampu merah banget.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan, tips

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat