18:00 . Pertamina Sambut Kembali Siswa Jatim dari Gorontalo   |   17:00 . Tanpa 2 Pemain Inti, Persibo Optimis Kalahkan Nganjuk Ladang   |   16:00 . Conjo, Teknik Percepat Tanam Tembakau Tanpa Guludan   |   15:00 . Biasa Tanam Palawija, Kemarau Kali Ini Petani Mayangkawis Beralih Tembakau   |   13:00 . Disbudpar Targetkan 1,5 Juta Wisatawan Tahun Ini   |   12:00 . Persibo Waspadai Ancaman Tim Tamu   |   11:00 . Sempat Meroket, Harga Cabai Berangsur Turun   |   10:00 . Semakin Bugar dan Banyak Aktifitas di Masa Pensiun   |   09:00 . Bahagia Tampil di Istana Negara, Ini Cerita Penari Thengul   |   08:00 . Terus Diperhatikan, Kualitas dan Kuantitas UDD PMI Harus Ditingkatkan   |   07:00 . Tips Anti Stres untuk Ibu Bekerja yang Baru Jadi IRT   |   22:00 . Kodim Bojonegoro Rotasi Jabatan Perwira   |   21:00 . Majukan PMI, Jejaring Wilayah V Gelar Pertemuan di Bojonegoro   |   20:00 . Puluhan Regu Meriahkan Gerak Jalan SD-MI Kecamatan Kapas   |   19:00 . 8 Tahun Berjualan Kuliner Gloso, Warung Ini Dapat Penghargaan Bupati   |  
Fri, 23 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 12 May 2019 12:00

Putra Daerah Bojonegoro, Wakili Indonesia dalam Ajang IBO

Putra Daerah Bojonegoro, Wakili Indonesia dalam Ajang IBO

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Nedi Sawego Yogya, putra daerah asli Bojonegoro ini mempunyai bakat sejak dirinya masih kecil, dan bakatnya dalam dunia sains baru muncul ketika ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hingga saat ini Nedi di percayai menjadi salah satu dari empat perwakilan Indonesia dalam ajang International Biology Olympiad (IBO).

Untuk menjadi perwakilan Indonesia itu pun tak mudah, Nedi harus melewati berbagai tahapan seleksi ketat bersama siswa berprestasi se Indonesia lainya. Dan akhirnya Anak pertama dari dua bersaudara tersebut berhasil lolos dan dipilih untuk mewakili Indonesia di ajang IBO di Kota Szeged Hungaria pada juli mendatang.

Sebelumnya Nedi juga sudah sering sekali mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi hingga OSN tingkat Nasional yang cukup bergengsi, ia pun berhasil menjuarai beberapa olimpiade-olimpiade yang diikutinya tersebut.

Berkat kecerdasanya, ia mendapatkan tawaran beasiswa penuh untuk melanjutkan sekolah di SMA Pribadi Bandung, setelah lulus dari SMPN 1 Bojonegoro. Dan ia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan mengambil tawaran langsung dari SMA Pribadi Bandung.

Menurutnya, yang membuat seseorang maju selain kemauan dan ketelatenan adalah rasa ingin tahu, sebab rasa ingin tahu ia selalu memperhatikan dan meneliti apapun yang ingin ia ketahui sampai mendapatkan jawabanya.

"Contohnya seperti apapun yang ada di sekeliling saya dan lain sebagainya, saya pasti terus mencari tahu hingga menemukan jawabanya," terang Nedi

Orang tua Nedi, Tarsono mengatakan bahwa sejak kecil Nedi memang anak yang sangat aktif, bahkan setiap membelikan mainan baru untuk Nedi, dalam waktu yang singkat pasti akan d bongkar sebab Nedi memiliki rasa ingin tahu yang kuat.

"Bahkan tetangga sudah hafal, bahwa nedi setiap bertanya pasti akan di tanyakan hingga ke akar-akarnya hingga ia benar-benar paham," beber Tarsono kepada blokBojonegoro.com.

Sebagai ayah, Tarsono pun selalu mendukung bakat Nedi, dengan menemani setiap anak pertamanya tersebut sedang belajar, bahkan atas kemauan Nedi yang kuat, Nedi meminta les tambahan di kota dengan berangkat sendiri menggunakan sepedah ontelnya.

"Sebagai bapak ya sebenernya ndak tega, apa lagi di musim penghujan dan petir pasti saya jemput, tapi mau bagaimana lagi itu adalah komitmenya," kata Tarsono. [aim/lis]

Tag : IBO, SAINS, osn

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat