13:00 . Dishub Gelar Operasi Kestib, Tertibkan Truk Kelebihan Tonase   |   12:00 . Pecah Kendi Sebagai Tanda Dimulainya Pembangunan Embung   |   11:00 . Beredar Kemacetan Jalan Provinsi Desa Sukowati, Ternyata Ada Perbaikan Jalan   |   10:00 . LPPM UTM Terjunkan Mahasiswa Jadi Satgas Covid-19 di Kelurahan Jetak.   |   09:00 . FB Palsu Pejabat Utama Pemkab Bojonegoro Minta Pulsa   |   08:00 . Harga Logam Mulia Tak Bergerak, Berikut Nominal Jualnya   |   07:00 . 6 Masalah Makan pada Balita dan Cara Mengatasinya   |   22:00 . Alhamdulillah...! 14 Orang Positif Covid-19 di Bojonegoro Sembuh   |   21:00 . Beginilah Asyiknya Memancing di Waduk Pacal   |   20:00 . 10 Ha Hutan di Dander Terbakar, ini yang Dilakukan Petugas Damkar   |   19:00 . Disdik Siapkan 7 SMP Sebagai Pilot Project Pembelajaran Daring   |   18:00 . Masuki Ajaran Baru, Penjualan Alat Tulis Menurun   |   17:00 . Patuhi SKB 4 Menteri, Matsama di Lingkungan Kemenag Dilakukan Secara Daring   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, Rumah Janda di Desa Purwoasri Terbakar   |   15:00 . 2 Pelajar Papua di Bojonegoro Rapid Test di Urkes Polres Sebelum Pulang Kampung   |  
Tue, 14 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 12 May 2019 12:00

Putra Daerah Bojonegoro, Wakili Indonesia dalam Ajang IBO

Putra Daerah Bojonegoro, Wakili Indonesia dalam Ajang IBO

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Nedi Sawego Yogya, putra daerah asli Bojonegoro ini mempunyai bakat sejak dirinya masih kecil, dan bakatnya dalam dunia sains baru muncul ketika ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hingga saat ini Nedi di percayai menjadi salah satu dari empat perwakilan Indonesia dalam ajang International Biology Olympiad (IBO).

Untuk menjadi perwakilan Indonesia itu pun tak mudah, Nedi harus melewati berbagai tahapan seleksi ketat bersama siswa berprestasi se Indonesia lainya. Dan akhirnya Anak pertama dari dua bersaudara tersebut berhasil lolos dan dipilih untuk mewakili Indonesia di ajang IBO di Kota Szeged Hungaria pada juli mendatang.

Sebelumnya Nedi juga sudah sering sekali mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi hingga OSN tingkat Nasional yang cukup bergengsi, ia pun berhasil menjuarai beberapa olimpiade-olimpiade yang diikutinya tersebut.

Berkat kecerdasanya, ia mendapatkan tawaran beasiswa penuh untuk melanjutkan sekolah di SMA Pribadi Bandung, setelah lulus dari SMPN 1 Bojonegoro. Dan ia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan mengambil tawaran langsung dari SMA Pribadi Bandung.

Menurutnya, yang membuat seseorang maju selain kemauan dan ketelatenan adalah rasa ingin tahu, sebab rasa ingin tahu ia selalu memperhatikan dan meneliti apapun yang ingin ia ketahui sampai mendapatkan jawabanya.

"Contohnya seperti apapun yang ada di sekeliling saya dan lain sebagainya, saya pasti terus mencari tahu hingga menemukan jawabanya," terang Nedi

Orang tua Nedi, Tarsono mengatakan bahwa sejak kecil Nedi memang anak yang sangat aktif, bahkan setiap membelikan mainan baru untuk Nedi, dalam waktu yang singkat pasti akan d bongkar sebab Nedi memiliki rasa ingin tahu yang kuat.

"Bahkan tetangga sudah hafal, bahwa nedi setiap bertanya pasti akan di tanyakan hingga ke akar-akarnya hingga ia benar-benar paham," beber Tarsono kepada blokBojonegoro.com.

Sebagai ayah, Tarsono pun selalu mendukung bakat Nedi, dengan menemani setiap anak pertamanya tersebut sedang belajar, bahkan atas kemauan Nedi yang kuat, Nedi meminta les tambahan di kota dengan berangkat sendiri menggunakan sepedah ontelnya.

"Sebagai bapak ya sebenernya ndak tega, apa lagi di musim penghujan dan petir pasti saya jemput, tapi mau bagaimana lagi itu adalah komitmenya," kata Tarsono. [aim/lis]

Tag : IBO, SAINS, osn


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat