20:00 . Diduga Puntung Rokok Menyebabkan Sebuah Rumah di Sukosewu Terbakar   |   19:00 . Meski Menang, Pelatih Persibo Mengaku Belum Puas   |   18:00 . Polres Bojonegoro Lakukan Pengamanan Ketat   |   17:00 . Persibo Gilas Arema Malang United 4-1   |   16:00 . Persibo Tutup Babak Pertama Dengan Skor 2-0   |   12:00 . Kemenag: Pengetahuan Bahaya Narkoba Harus Diberikan Pada Pelajar   |   11:00 . Camat Balen: Saya Belum Terima Laporan P-APBDes dan SK Panitia   |   10:00 . Warga Pertanyakan Seleksi Perangkat Desa Mulyorejo   |   09:00 . Saat Haji, Diprediksi Suhu Capai 47 Derajat   |   08:00 . Cegah Narkoba, Sosialisasi Wacana Tes Urine Calon Pengantin Dilakukan   |   07:00 . Mengapa Selalu Lapar Menjelang Tidur Malam ? Ini Sebab Paling Berbahaya   |   19:00 . Belasan CJH Bojonegoro Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci   |   18:00 . Jamaah Haji Bojonegoro Bakal Diberangkatkan Mulai 31 Juli   |   17:00 . Puluhan CJH Bojonegoro Termasuk Kelompok Risti   |   16:00 . Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merangkak Naik   |  
Mon, 22 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 26 June 2019 09:00

Gerakan Pengendalian Penggerek Batang Disperta Lanjut di Balen

Gerakan Pengendalian Penggerek Batang  Disperta Lanjut di Balen

Pengirim: Iskak Riyanto *

blokBojonegoro.com - Pagi yang cerah, waktu menunjukan pukul 07.00 WIB, sejumlah petani sambil membawa tangki semprot berkumpul di depan Balai Desa Sekaran, Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Mereka dengan penuh perhatian mendengarkan arahan Kordinator Petugas POPT-PHP Kabupaten Bojonegoro, Lilik Suharto cara mengendalikan Penggerek Batang (PB) sesuai konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT).

"Kunci sukses pengendalian Penggerek Batang adalah pengamatan rutin di sawah. Agar tepat sasaran saat menyemprot, kita perhatikan mulai adanya adanya penerbangan Kaper dan peletakan kelompok telur. Perlu diketahui satu kelompok telur Kaper bisa menetas 150-200 ekor ulat yang menyerang tanaman padi. Pada saat penetasan inilah saat yang pas dilakukan penyemprotan dengan insektisida kimia," kata Lilik.

Menurut Lilik lagi, sebenarnya sesuai konsep PHT penggunaan insektisida kimia adalah cara yang terakhir. Pengendalian OPT yang baik adalah dengan budidaya tanaman sehat,  penggunaan varietas tahan, pengendalian hayati, pengendalian fisik/tehnik, baru terakhir penggunaan pestisida kimia.

"Untuk pengendalian hama Pengerek Batang sejak awal sangat dianjurkan penggunaan pupuk organik yang cukup agar tanaman padi menjadi lebih sehat dan lebih tahan dari serangan OPT, pelestarian musuh alami Trichograma untuk parasit telur kaper, penyemprotan agent hayati Beauveria Bassiana, dan penanaman Refugia.

Pagi ini, Senin (24/6/2019) setelah dari Kecamatan Kapas, Dinas Pertanian Bojonegoro melanjutkan gerakan pengendalian Penggerek Batang bersama petani di Kecamatan Balen yang meliputi Desa Sekaran, Kedungdowo dan Sarirejo. Sedang Desa Mulyorejo, Prambatan dan Pilanggede dilaksananakan hari Selasa (25/6/2019).

Bambang Harnowo, Kepala Desa Sekaran menyambut positif kegiatan gerakan pengendalian Penggerek Batang di desanya.

"Selain petani kami diberi bantuan insektisida, mereka juga mendapatkan bimbingan tehnis yang benar cara pengendalian Sundep Beluk sesuai konsep PHT  yang ramah lingkungan," kata Bambang.

Bambang menambahkan, kedepanya kami tetap selalu minta pendampingan kepada Dinas Pertanian untuk petani desa kami agar mereka bisa berusaha tani sesuai ilmu pertanian yang selalu berkembang, dengan prinsip biaya hemat produksi tetap meningkat.

"Mewakili para petani, kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pertanian Bojonegoro, Kordinator Petugas POPT-PHP Bojonegoro, Petugas POPT-PHP, Korluh dan PPL Kecamatan Balen yang sudah berkenan hadir di desa kami," kata Bambang lagi. [lis]

 

*PPL Disperta Bojonegoro

Tag : suara, pembaca

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat