07:00 . 5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan   |   06:00 . Jalan Mulus Kado Hari Jadi Bojonegoro   |   05:00 . Kampung KB Tanggap Covid-19 Dilaunching   |   23:00 . Adu Serangan, Laga Persahabatan Sepakbola FPKT Balen Tantang Gemini FC   |   22:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   21:00 . Proses Pembangunan Jembatan KaRe dalam Tahap Pengajuan Rekomteks   |   20:30 . Bio Farma Siap Produksi Vaksin 17 Juta per Bulan   |   20:00 . Liga 3 Jatim Ditiadakan, Bojonegoro FC Fokus Kompetisi Tahun Depan   |   19:30 . Presiden Ingatkan Antisipasi Lonjakan Covid saat Libur Panjang   |   19:00 . Bupati Pimpin Prosesi Persemayaman Api Abadi HJB   |   18:30 . Positif Covid, Harus Melakukan Apa?   |   18:00 . Ibu Hamil Harus Sehat Saat Pandemi   |   17:00 . Pembeli Dan Pedagang di Pasar Bojonegoro Patuhi Prokes Gunakan Masker   |   16:00 . PU SDA Anggarkan Rp11 Miliar, Kerjakan Pelindung Tebing di 61 Titik   |   15:00 . Inilah Harga Komoditi yang Merangkak Naik di Pasar   |  
Tue, 20 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 28 November 2019 07:00

Risiko yang Mengintai bila Anak Balita Kecanduan Gadget

Risiko yang Mengintai bila Anak Balita Kecanduan Gadget

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Gadget bukanlah barang yang asing lagi bagi masyarakat dan mungkin bagi anak balita Anda. Pastikan penggunaannya jangan sampai berlebihan, atau membiarkan anak hingga mengaksesnya seharian.

Sebab, hal itu bisa berdampak pada perkembangan motorik anak yang akan menunjang tumbuh kembang kemampuan geraknya. Hal ini juga sejalan dengan kematangan saraf dan otot si kecil. Tak cuma soal gerak, tapi juga soal koordinasi dengan susunan saraf, otot, dan otak. Untuk itu, anak perlu dibatasi jika ingin bermain gadget.

“Enggak baik (kebanyakan main gadget). Kalau main gadget kan hanya posisi diam, dia tidak melatih bagian-bagian otak yang lain,” kata Dr. Ira, Sp.S saat dihubungi kumparanMOM beberapa waktu lalu.

Menurutnya, seorang anak harus banyak diajak bermain di luar dan diperkenalkan dengan alam. Sehingga anak tak melulu main gadget. Gadget juga diketahui dapat mempengaruhi emosi anak balita Anda lho, Moms.

“Kalau habis main, biasanya mereka lebih emosi dan enggak bisa mengontrolnya. Apalagi anak di bawah 5 tahun, (semestinya) enggak boleh dipegangin gadget, karena itu waktunya dia (anak) bermain supaya keseimbangan antara motorik dan perkembangannya ada,” jelasnya.

Dr. Ira menambahkan, alasan anak balita tertarik pada gadget itu karena hal tersebut tersaji secara visual.
Sebaiknya, orang tua juga bisa mengalihkan dan mengajak anak bermain agar dapat menstimulusnya. Sebaliknya, jika anak tak diajak bermain oleh orang tuanya dan lebih memilih gadget, menurut Dr. Ira, bisa saja anak mengalami keterlambatan bicara.

“Seharusnya anak lebih banyak dirangsang lewat stimulus suara, misalnya dengan diajak bernyanyi dan bicara. Kalau hanya diam, jadinya enggak bisa terlatih,” tutup Dr. Ira.

Menghilangkan sama sekali gadget dari kehidupan anak balita mungkin akan sangat sulit, Moms. Tapi Anda bisa menerapkan batasan-batasannya. Selengkapnya baca di sini.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat