08:00 . Pelantikan Kades Digelar Online   |   07:00 . Kehabisan Masker Sekali Pakai, Bolehkah Pakaikan Anak Masker Kain?   |   06:00 . Perjalanan Kereta Dikurangi, Ribuan Tiket Dibatalkan   |   22:00 . DPRD Pertanyakan Kesiapan Dinkes Tanggulangi Corona   |   21:00 . Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati, ini yang Bisa Dilakukan   |   20:00 . Sejumlah Komoditi Alami Penurunan Harga, ini Sebabnya   |   19:00 . Respon Instruksi Bupati, Pertamina EP Asset 4 Salurkan Bantuan ke Dinkes   |   18:00 . Gedung Pusdiklat Dander Bakal Jadi Rumah Sakit Sementara   |   17:00 . Peduli Saat Social Distancing, Bagi-bagi Nasi Bungkus   |   16:00 . 10 Orang Selesai Pemantauan, 44 Orang Dinyatakan ODP   |   15:00 . Waspada Kecelakaan, Tambah 2 Palang Pintu KA di Kapas dan Kalitidu   |   14:00 . Suwarto: Kampung Lontong Lodeh Ditutup Sementara   |   13:00 . 18 Perjalanan Kereta Dibatalkan   |   12:00 . Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh   |   11:00 . Dampak Corona, Omzet Pedagang Lontong Lodeh Turun   |  
Tue, 31 March 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 28 November 2019 07:00

Risiko yang Mengintai bila Anak Balita Kecanduan Gadget

Risiko yang Mengintai bila Anak Balita Kecanduan Gadget

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Gadget bukanlah barang yang asing lagi bagi masyarakat dan mungkin bagi anak balita Anda. Pastikan penggunaannya jangan sampai berlebihan, atau membiarkan anak hingga mengaksesnya seharian.

Sebab, hal itu bisa berdampak pada perkembangan motorik anak yang akan menunjang tumbuh kembang kemampuan geraknya. Hal ini juga sejalan dengan kematangan saraf dan otot si kecil. Tak cuma soal gerak, tapi juga soal koordinasi dengan susunan saraf, otot, dan otak. Untuk itu, anak perlu dibatasi jika ingin bermain gadget.

“Enggak baik (kebanyakan main gadget). Kalau main gadget kan hanya posisi diam, dia tidak melatih bagian-bagian otak yang lain,” kata Dr. Ira, Sp.S saat dihubungi kumparanMOM beberapa waktu lalu.

Menurutnya, seorang anak harus banyak diajak bermain di luar dan diperkenalkan dengan alam. Sehingga anak tak melulu main gadget. Gadget juga diketahui dapat mempengaruhi emosi anak balita Anda lho, Moms.

“Kalau habis main, biasanya mereka lebih emosi dan enggak bisa mengontrolnya. Apalagi anak di bawah 5 tahun, (semestinya) enggak boleh dipegangin gadget, karena itu waktunya dia (anak) bermain supaya keseimbangan antara motorik dan perkembangannya ada,” jelasnya.

Dr. Ira menambahkan, alasan anak balita tertarik pada gadget itu karena hal tersebut tersaji secara visual.
Sebaiknya, orang tua juga bisa mengalihkan dan mengajak anak bermain agar dapat menstimulusnya. Sebaliknya, jika anak tak diajak bermain oleh orang tuanya dan lebih memilih gadget, menurut Dr. Ira, bisa saja anak mengalami keterlambatan bicara.

“Seharusnya anak lebih banyak dirangsang lewat stimulus suara, misalnya dengan diajak bernyanyi dan bicara. Kalau hanya diam, jadinya enggak bisa terlatih,” tutup Dr. Ira.

Menghilangkan sama sekali gadget dari kehidupan anak balita mungkin akan sangat sulit, Moms. Tapi Anda bisa menerapkan batasan-batasannya. Selengkapnya baca di sini.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat