23:00 . Besok, Pemkab Salurkan Sembako untuk Pedagang di Sekolah   |   22:00 . Dampak Corona Pedagang Banting Setir Jual Masker Hingga Bahan Pokok   |   21:30 . Pulang Dari Malaysia, Tiga Warga Bojonegoro Dikarantina di Batam   |   21:00 . Cegah Penyebaran Covid-19, Ngablak Perketat Keamanan Masuk Desa   |   20:30 . Pemkab Buka Rekrutment Tenaga Kesehatan dan Non Kesehatan Tangani Covid-19   |   20:00 . Update Hari Ini 12 ODP Baru, 1 Selesai Pemantauan   |   19:00 . Cegah Covid-19, Gugus Tugas Tejo Lakukan Penyemprotan Disinfektan   |   18:00 . Pelantikan Kades Tahap I, Diprioritaskan Bagi Desa yang Diisi PJ   |   17:00 . Jumlah ODP di Dander Melebihi Kota, Total Ada 60 ODP Di Bojonegoro   |   16:00 . Inilah Jadwal Lengkap Pelantikan Kades Lewat Video Conference   |   15:00 . Begini Jalannya Pelantikan Kades di Kecamatan Kota Lewat Video Conference   |   14:00 . Melalui Video Conference, Bupati Tekankan Segera Bertindak Cepat Atasi Covid-19   |   13:00 . Live Streaming: Pelantikan Kades Tahap 1   |   12:00 . Pedagang di Kantin dan Warga Kurang Mampu akan Mendapat Bantuan   |   11:00 . 3 Desa Terima Mesin Semprot Disinfectan dari Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati   |  
Thu, 02 April 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 30 November 2019 07:00

Lebih Baik Mana, Buang Air Kecil Sebelum atau Usai Berhubungan?

Lebih Baik Mana, Buang Air Kecil Sebelum atau Usai Berhubungan?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebagian orang yang percaya, bahwa setelah berhubungan seks, Anda perlu segera buang air kecil. Namun sebagian lain sebaliknya, meyakini buang air kecil sebaiknya dilakukan sebelum. Lantas, mana yang benar?

Ketahuilah Moms, Pentingnya buang air kecil sebelum atau sesudah berhubungan seks sebenarnya sama-sama dikaitkan dengan risiko infeksi saluran kemih (ISK) yang terjadi karena bakteri asing masuk ke uretra dan memindahkan saluran kemih ke kandung kemih dan atau ginjal.

Dilansir Women's Health, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 dari Washington University School of Medicine di St. Louis, Amerika Serikat menjelasakan bahwa saat berhubungan seks dan suami melakukan penetrasi, maka ada potensi penis mendorong bakteri ke dalam uretra. 

Misalnya saja bakteri Gardnerella Vaginalis, yaitu sejenis bakteri yang  dapat menyebabkan ISK berulang pada wanita saat masa produktif. Itu sebabnya, berkemih sebelum melakukan hubungan seks dianggap dapat 'mencuci' saluran kencing atau membersihkan bakteri.

Dengan begitu, saat suami melakukan penetrasi, sudah tidak ada lagi bakteri yang dapat terdorong masuk oleh penis hingga mencapai kandung kemih, berkembang biak, dan menyebabkan ISK, Moms.

Meski begitu, Sarah Horvarth, M.D., seorang ginekolog di Philadelphia, berpendapat bahwa tidak ada bukti medis yang cukup kuat untuk mengharuskan Anda melakukan hal itu. Menurutnya, keputusan untuk buang air kecil setelah berhubungan intim ataupun sebelumnya tidak perlu terlalu dipusingkan kecuali Anda memang berisiko tinggi terhadap ISK.

Hovart justru menekankan Anda untuk menerapkan gaya hidup sehat secara keseluruhan untuk menangkal risiko ISK. Misalnya menjaga kebersihan diri (termasuk dalam urusan berhubungan seks; begitu juga dengan pasangan Anda), sering mencuci tangan, memakai kondom saat seks, menjaga asupan cairan tubuh, dan menghindari kebiasaan menahan buang air kecil. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan organ intim, termasuk juga untuk pasangan Anda.

Sejalan dengan Hovart, Mary Jane Minkin, M.D., seorang profesor klinis kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Yale University, Amerika Serikat pun sependapat dengan hal itu.

"Meskipun saya selalu mendorong pasien saya untuk buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks, sebenarnya tidak ada data ilmiah untuk mendukung kebiasaan tersebut," katanya kepada Women's Health. "Jadi pastikan saja Anda tetap terhidrasi dengan baik, dan sering buang air kecil sepanjang hari."

Jadi, setelah berhubungan seks, Anda tidak perlu buru-buru untuk ke kamar kecil. Horvath memastikan, pergilah ke toilet saat Anda merasakan kebutuhan atau ingin buang air kecil saja. Intinya, jika rasa ingin berkemih datang, jangan ditahan ya, Moms. Menahan urine justru meningkatkan peluang Anda terinfeksi ISK.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat