05:00 . Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Bertambah Menjadi 329.778 Orang   |   21:00 . Patuhi Prokes, Polres Doa Bersana Anak Yatim   |   20:30 . Update Covid-19 Nasional, Pasien Sembuh 329.778   |   20:00 . Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing   |   19:30 . 23 Presenter Nyanyi Mars Tiga Wajib   |   19:00 . Ranitya Nurlita juga Finalis di Ajang Internasional   |   18:00 . Teguhkan Khittah, ISNU Bojonegoro Siapkan Santri Perdamaian di Era Milenial   |   17:00 . Liburan Tetap Ingat Pesan Ibu   |   16:00 . Merosot di Awal Pandemi, Omzet Para Perajin Mulai Merangkak Naik   |   14:00 . Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM   |   13:00 . Libur Maulid, Pengunjung Wisata Desa Meningkat   |   12:00 . Pendemi Covid-19, Undian Berlangsung Virtual   |   11:00 . Peringati HUT, UDD PMI Akan Gelar Undian Berhadiah Bagi Pendonor   |   10:00 . Pasien Sembuh Nasional Sudah Mencapai Angka 325.793 Orang   |   09:00 . Disbudpar Persilahkan Masyarakat Berlibur ke Wisata   |  
Fri, 30 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 30 November 2019 07:00

Lebih Baik Mana, Buang Air Kecil Sebelum atau Usai Berhubungan?

Lebih Baik Mana, Buang Air Kecil Sebelum atau Usai Berhubungan?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Sebagian orang yang percaya, bahwa setelah berhubungan seks, Anda perlu segera buang air kecil. Namun sebagian lain sebaliknya, meyakini buang air kecil sebaiknya dilakukan sebelum. Lantas, mana yang benar?

Ketahuilah Moms, Pentingnya buang air kecil sebelum atau sesudah berhubungan seks sebenarnya sama-sama dikaitkan dengan risiko infeksi saluran kemih (ISK) yang terjadi karena bakteri asing masuk ke uretra dan memindahkan saluran kemih ke kandung kemih dan atau ginjal.

Dilansir Women's Health, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 dari Washington University School of Medicine di St. Louis, Amerika Serikat menjelasakan bahwa saat berhubungan seks dan suami melakukan penetrasi, maka ada potensi penis mendorong bakteri ke dalam uretra. 

Misalnya saja bakteri Gardnerella Vaginalis, yaitu sejenis bakteri yang  dapat menyebabkan ISK berulang pada wanita saat masa produktif. Itu sebabnya, berkemih sebelum melakukan hubungan seks dianggap dapat 'mencuci' saluran kencing atau membersihkan bakteri.

Dengan begitu, saat suami melakukan penetrasi, sudah tidak ada lagi bakteri yang dapat terdorong masuk oleh penis hingga mencapai kandung kemih, berkembang biak, dan menyebabkan ISK, Moms.

Meski begitu, Sarah Horvarth, M.D., seorang ginekolog di Philadelphia, berpendapat bahwa tidak ada bukti medis yang cukup kuat untuk mengharuskan Anda melakukan hal itu. Menurutnya, keputusan untuk buang air kecil setelah berhubungan intim ataupun sebelumnya tidak perlu terlalu dipusingkan kecuali Anda memang berisiko tinggi terhadap ISK.

Hovart justru menekankan Anda untuk menerapkan gaya hidup sehat secara keseluruhan untuk menangkal risiko ISK. Misalnya menjaga kebersihan diri (termasuk dalam urusan berhubungan seks; begitu juga dengan pasangan Anda), sering mencuci tangan, memakai kondom saat seks, menjaga asupan cairan tubuh, dan menghindari kebiasaan menahan buang air kecil. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan organ intim, termasuk juga untuk pasangan Anda.

Sejalan dengan Hovart, Mary Jane Minkin, M.D., seorang profesor klinis kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Yale University, Amerika Serikat pun sependapat dengan hal itu.

"Meskipun saya selalu mendorong pasien saya untuk buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks, sebenarnya tidak ada data ilmiah untuk mendukung kebiasaan tersebut," katanya kepada Women's Health. "Jadi pastikan saja Anda tetap terhidrasi dengan baik, dan sering buang air kecil sepanjang hari."

Jadi, setelah berhubungan seks, Anda tidak perlu buru-buru untuk ke kamar kecil. Horvath memastikan, pergilah ke toilet saat Anda merasakan kebutuhan atau ingin buang air kecil saja. Intinya, jika rasa ingin berkemih datang, jangan ditahan ya, Moms. Menahan urine justru meningkatkan peluang Anda terinfeksi ISK.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat