22:00 . Bank Jatim Cabang Bojonegoro Siap Sukseskan Program Satu Rekening Satu Pelajar   |   21:00 . Nakes dan ASN Meninggal, Masih Bandel Langgar Protokol Kesehatan ?   |   20:00 . 6 Orang Sembuh, Tambahan 4 Positif Covid-19 di Bojonegoro   |   19:00 . Ditarget Selesai Akhir Tahun, Pembangunan Pasar Banjarejo Capai 55 Persen   |   18:00 . Bahagia, Seribuan Sertifikat Hak Tanah Diterima Warga Sarirejo   |   17:00 . Di Bawah Etalase Bengkel, Ular 1.5 Meter Berhasil Dievakuasi Damkar   |   16:00 . 1 ASN Meninggal Karena Covid-19, Pemkab Akan Terapkan Work From Home   |   15:00 . Sebelum Menyesal Ingat Ini   |   14:00 . Ajak Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan, Moeldoko Kenakan Kaos ini...   |   13:00 . 56 Personel Kodim Bojonegoro Naik Pangkat   |   12:00 . Ayo Ikut Kompetisi PFMuda Pertamina Foundation   |   11:30 . Ingat Pesan Ibu, 3M   |   11:00 . Rayakan Ultah Ke-20 Biznet Tawarkan Promo dan Bonus Menarik   |   10:00 . VF: Alhamdulillah Saya Sembuh dari Covid-19   |   09:00 . Cerita Pasien Saat Terkonfirmasi Positif Covid   |  
Fri, 02 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 02 December 2019 08:00

Pegawai Kemenag yang Hobi Pertanian (3)

H Muhibbin, Berternak Domba Tanpa Menyabit Rumput

H Muhibbin, Berternak Domba Tanpa Menyabit Rumput

Pengirim : Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Di halaman belakang rumahnya yang luas H Muhibbin memelihara domba-dombanya. Kandangnya berkapasitas 64 ekor dengan pembagian sistem baterai 24 ekor, dan 40 ekor konvensional.

"Yang di sini kandang untuk bakalan atau anakan, yang domba siap jual kandangnya di Desa Sumberrejo, Kecamatan Sumberrejo dengan kapasitas 50 ekor," terangnya, Jum'at (29/11/2019).

Pria yang bertempat tinggal di Desa Margoagung, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro ini berternak domba sejak 5 tahun yang lalu. Selain motif ekonomi, Muhibbin ingin memanfaatkan limbah panen kedelai sebagai pakan, dan kotoran domba sebagai pupuk organik untuk sawahnya.

"Juga untuk menyalurkan hobi memelihara hewan ternak," sambung pengawas tingkat menengah Kemenag Bojonegoro di Kecamatan Balen dan Kanor itu.

Di luar profesinya yang padat, Muhibbin tetap bisa membagi waktu untuk memelihara dombanya. Ia tidak perlu ngarit atau menyabit rumput. Pakan diramu sendiri dari bungkil kedelai, dedak halus, tetes tebu yang difermentasi dengan EM4. Domba yang makan ramuan ini kotoran yang yang dihasilkan tidak berbau menyengat, dan sangat baik sebagai pupuk organik. Pakan ini diberikan 2 kali dalam sehari, yakni setiap pagi sebelum berangkat kerja dan sore setelah pulang kerja.

Selain berternak kambing, H Muhibbin juga berusaha tani tanaman pangan. Sawah di desanya berpola tanam padi-padi-kedelai. Ia menggarap lahan seluas 2 hektar.

Walau tidak termasuk petani pelopor atau penerap dini, ia juga selalu berkonsultasi dengan penyuluh pertanian. Mulai tentang varietas baru yang unggul, pemupukan, pengendalian hama penyakit, dan lain-lain. Musim tanam ini ia mengaku akan menanam inpari 32 lagi seperti musim wali'an kemarin, karena hasil panenya lebih banyak dan tahan penyakit.

Muhibbin juga mempraktikan pola pertanian terpadu. Limbah organik hasil panen dari kedelai dijadikan pangan untuk domba. Selanjutnya  kotoran domba yang melimpah digunakan sebagai pupuk organik untuk sawahnya. Ini yang membuat hasil panenya ikut melimpah.

"Pupuk organik dari kotoran kambing ini sangat bagus untuk mengembalikan kesuburan sawah. Penggunaan pupuk kimia menjadi lebih irit karena tanaman lebih responsif terhadap pemupukan. Itu semua sudah saya konsultasikan dengan PPL," terangnya.

*PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : pns, kemenag, pertanian


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat