21:00 . Anggota DPR RI Ini Semprot Disinfektan dan Santuni Masyarakat   |   21:00 . Giliran Santri Lirboyo Kediri Pulang   |   20:00 . Pandemi Covid-19, Besok Bupati Lantik Calon Kades Terpilih Melalui Video Conference   |   19:00 . Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Pemerintah Luncurkan Aplikasi 10 Rumah Aman   |   18:00 . Pemkab Tetapkan Perpanjangan Status KLB Non Alam Hingga 29 Mei 2020   |   17:00 . 7 ODP Baru, 2 Selesai Dalam Pemantauan   |   16:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Berikan Paket Bantuan   |   15:00 . 112 Santri Lirboyo Kediri Pulang Kampung   |   14:00 . Pemuda Kedungadem, Ditemukan Meninggal Gantung Diri di Rumahnya   |   13:00 . Tingkatkan Stok Darah, PMI Bojonegoro Beri Paket Sembako Bagi Pendonor   |   12:00 . Hujan dan Derasnya Air Kali Kedung, Jembatan di Kedungbondo Ambrol   |   11:00 . Kabar Baik, ODP di Bojonegoro Tinggal 44 Orang   |   10:00 . Perjalanan Kereta Dikurangi, Ramai-ramai Batalkan Tiket   |   09:00 . Lawan Corona, Fatayat NU Kanor Khotmil Quran Online   |   08:00 . Pelantikan Kades Digelar Online   |  
Wed, 01 April 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 14 January 2020 16:00

HUT YPPRT Ke-44 Balen

Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat

Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat

Pengirim: Humas YPPRT Balen

blokBojonegoro.com - Dalam rangka memperingati hari kelahiranya yang ke-44 tahun Yayasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin (YPPRT) Balen mengadakan gerakan tanam pohon serentak di 3 desa, yakni Desa Pilanggede, Sobontoro, dan Balenrejo, semua berada di Kecamatan Balen, Selasa (14/1/2020).

Panitia tanam pohon, Iskak Riyanto mengatakan bahwa pohon yang ditanam berjumlah 750 batang dari bantuan Perhutani dan Dinas Lingkungan Hidup. Kegiatan ini diikuti oleh Babinsa Koramil Balen, Bhabinkamtibmas Polsek Balen, segenap dewan guru, karyawan, dan siswa-siswi yayasan yang menaungi lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah Islamiyah, Madrasah Aliyah Islamiyah dan Sekolah Menengah Kejuruan Taruna.

"Tujuan tanam pohon ini adalah untuk melatih siswa agar mencintai dan melestarikan alam. Juga untuk menabung pohon sebagai pensuplai oksigen untuk saat ini dan bagi anak cucu di masa mendatang," ujar Iskak, Selasa (14/1/2020).

Iskak menambahkan bahwa pohon besar bisa menghasilkan 4.580 kg oksigen setiap tahun, setiap manusia membutuhkan 2,9 kg oksigen setiap hari, sehingga setahun membutuhkan 1.058,5 kg oksigen.

"Selain semua itu tanam pohon ini juga sebagai bentuk peran serta  yayasan mensukseskan program pemerintah menanam satu miliar pohon," kata Iskak lagi.

Menurut ketua yayasan, Habrun Hasan, program tanam pohon ini merupakan kegiatan rutin yayasan setahun sekali sejak tahun 2009. Selama sebelas tahun terakhir ini yayasan bersama dewan guru dan siswa-siswi sudah menanam puluhan ribu pohon yang menyebar di desa-desa se-Kecamatan Balen.

"Setiap tahun desa yang ditanami bergantian. Ini bertujuan untuk ikut berperan serta dalam
melestarikan lingkungan alam dan mengurangi dampak pemanasan global," kata Habrun, panggilanya.

Masih menurut Habrun, agama kita menganjurkan untuk memakmurkan bumi dan memanfaatkan lahan kosong supaya produktif dengan cara ditanami dan merawatnya.

"Dengan menanam pohon juga bisa mencegah bencana banjir, memberi tempat tinggal hewan, misalnya  burung. Buahnya dimakan orang atau binatang, itu sebagai sedekah bagi yang menanamnya," tambah pria yang juga pegawai Kemenag Bojonegoro itu. [lis]

Tag : Ypprt, tanam, pohon


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 March 2020 12:00

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

    Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat