16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

YKP Gandeng Wartawan Cegah Kekerasan Perempuan Dan Anak

blokbojonegoro.com | Thursday, 12 March 2020 11:00

YKP Gandeng Wartawan Cegah Kekerasan Perempuan Dan Anak

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Tingginya kasus kekerasan perempuan dan anak, termasuk perkawinan anak membuat Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) menggandeng wartawan dan komunitas, untuk mencegah serta berupaya mengurangi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Bertempat di salah satu hotel di Surabaya, Rabu-Jumat (11-13/3/2020), perwakilan wartawan dan komunitas dari Kabupaten Bojonegoro, Ponorogo dan Blitar, mengikuti pelatihan tersebut. Meskipun di tempat yang sama, namun peserta dari komunitas dan wartawan dibedakan, terkait fokus gerakan yang akan dilakukan.

Untuk wartawan mengikuti pelatihan Value Clarification dalam pemberitaan yang benar tentang isu kekerasan perempuan serta perkawinan anak. Sedangkan kelompok komunitas ditekankan bagaimana peran serta komunitas dalam upaya mengurangi kasus kekerasan perempuan dan anak tersebut.

Ketua Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP), Herna Lestari menuturkan, beberapa daerah di Jawa Timur termasuk Bojonegoro, Blitar dan Ponorogo masih ditemukan kasus kekerasan perempuan dan anak. Adapula pernikahan di bawah umur sesuai permohonan dispensasi kawin yang masih tinggi.

"Sehingga melalui forum ini kita ingin bersama bergandengan tangan dalam penurunan angka kekerasan dan perempuan," ujarnya.

Menurut Herna, dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta yang diukur dalam pre dan post test. Jangan sampai wartawan dalam penulisan berita mengambil satu sudut saja, tanpa menonjolkan sisi lain dari kasus yang ditulisnya itu.

"Kebanyakan media saat menulis berita perempuan dan anak menonjolkan diksi yang tidak sesuai. Seperti wanita cantik, seksi, janda muda dan yang lainnya," ungkapnya.

Untuk itu selain mengawal isue kekerasan terhadap perempuan, insan pers diharapkan bisa menyajikan pemberitaan yang ramah perempuan dan anak. Berbagai materi diberikan kepada wartawan yang mengikuti pelatihan di antaranya kesehatan reproduksi, hak kesehatan seksual dan reproduksi, seks, seksualitas dan gender. Kesetaraan dan ketidakadilan gender, peraturan perundang-undangan terkait kesehatan reproduksi. Serta workshop bersama Kementerian PPPA RI, pemerintah daerah dan komunitas. [zid/lis]

Tag : Kekerasan, anak, wartawan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat