19:00 . Bermain di Sungai, Anak 9 Tahun Ditemukan Meninggal Tenggelam   |   18:00 . Ngabuburit, Masyarakat Disuguhi Lukisan Komunitas Sangrupa   |   17:00 . Banyak Warga Keluar Ngabuburit, Jembatan Glendeng Sesak   |   16:00 . Antre Lewat Jelang Berbuka   |   14:00 . Calon Jema’ah Haji Khususnya Lansia Divaksin   |   13:00 . Upaya Penanganan Pertamina EP Direspons Positif   |   12:00 . Melesat Naik, Harga Emas Dibanderol Rp937.000   |   11:00 . Bersama Realfood, DMI Bojonegoro Bagi Takjil di Ribuan Masjid   |   10:00 . Perempuan Asal Bojonegoro Diamankan Satpol PP Tuban di Eks Lokalisasi Gandul   |   09:00 . Gerak Cepat, Jasa Raharja Santuni Korban Laka di Sumberrejo   |   08:00 . Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kab. Bojonegoro Resmi Dilantik   |   07:00 . Tips Memilih Makanan Sehat Agar Tetap Bugar Selama Puasa   |   05:00 . Kasus Baru Tambah 2, Konfirmasi Positif Menjadi 14 Orang   |   17:00 . Asal Muasal Desa Ngringinrejo, Sesepuh: Ada Senopati Moksa di Beringin Raksasa   |   16:00 . Menuju Smart Green City, Bojonegoro Berupaya Jadi Kota Ramah Disabilitas   |  
Sun, 18 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Media Pop-up dan Movable Book Dikenalkan ke Guru dengan Aplikasi Zoom

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 July 2020 15:30

Media Pop-up dan Movable Book Dikenalkan ke Guru dengan Aplikasi Zoom

Reporter: Liza Arnofia

blokBojonegoro.com - Program kemitraan masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk tridarma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh seluruh dosen di Indonesia.

Hal ini sesuai isi dari Undang-Undang Repubik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 60 bagian a dijelaskan, bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, dosen berkewajiban melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk melaksanakan salah satu dari tugas keprofesionalan tersebut, maka dosen IKIP PGRI Bojonegoro dan dosen Universitas Sebelas Maret berkolaborasi dalam satu program yang diketuai oleh Cahyo Hasanudin dari IKIP PGRI Bojonegoro dan Novi Mayasari dari IKIP PGRI Bojonegoro sebagai anggota 1 dan Kundharu Saddhono dari Universitas Sebelas Maret sebagai anggota 2.

Program ini juga melibatkan mahasiswa. Alasan melibatkan mahasiswa agar mereka dapat menambah pengalaman dan pengetahuan yang tidak didapat di bangku kuliah.

Beliau bertiga membuat program pengabdian kepada masyarakat dengan topik kegiatan adalah Pemanfaatan Kolaborasi Pop-Up dan Movable Book dalam Membuat Media Pembelajaran 3D dengan memilih subjek pengabdian adalah guru-guru di Desa Geger, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro mulai dari guru pos paud hingga guru Madrasah Aliyah.

Pada program ini, tim pengabdi memberikan pelatihan tentang teknik membuat karakter kartun dengan menggunakan aplikasi momentcamp, ibisPaint X, dan invinite design.

Semua aplikasi ini dapat diunduh di playstore hp/tablet android. "Saya rasa guru-guru di desa Geger mampu menerapkan semua atau salah satu dari aplikasi tersebut, karena aplikasi-aplikasi itu mudah dioperasikan. Aplikasi ini juga sangat membantu dalam menghasilkan karakter kartun atau pun beground untuk media 3D tersebut," kata Cahyo selaku Ketua.

Selain materi tentang teknik membuat karakter melalui beberapa aplikasi, guru-guru di Desa Geger juga dilatih membuat media pop up dengan menerapkan teori dari Ryan, yaitu ada teknik 1) v-fold mechanism, 2) internal stand mechanism, 3) rotary mechanism, 4) mouth, dan 5) parallel slide mechanism, serta teknik lain misalnya ada teknik lift the flap dan pull tab.

Kundharu anggota 2 menambahkan, selama pandemi virus covid-19 program ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom, kecuali pada saat penyerahan paket pelatihan kepada guru-guru di Desa Geger.

Mengumpulkan guru-guru yang ada di Desa Geger ini merupakan hal yang baru dan harus tetap dijaga ukuwahnya, agar selalu bersinergi dengan aparat desa untuk mamajukan Desa Geger dalam hal pendidikan.

Guru yang dilatih pada program ini harus bisa membagikan ilmu kepada guru-guru lain di sekolahnya. Dengan demikian ilmu yang diberikan oleh pemateri tidak berhenti hanya sebatas pada peserta pelatihan ini, namun bisa dirasakan oleh guru lain yang tidak ikut pada acara ini.

Selain itu, guru-guru yang sudah dibekali cara membuat media 3D disilahkan mengemplementasikan saat mengajar, agar peserta didik lebih antusias mengikuti pembelajaran.

"Saya selaku PJ sekertaris desa sangat mengapresiasi program ini, semoga program ini bisa berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya," ungkap Hantoro, PJ Sekretaris Desa Geger.

Di sisi lain, Jumari selah satu peserta pelatihan dari MI Muhammadiyah 27 Geger mengatakan, pelatihan PKM Media Pembelajaran 3D ini sangat memberikan motivasi dan inspirasi khususnya bagi pendidik supaya bisa mengembangkan media pembelajaran, sehingga siswa tidak bosan dalam belajar.

Selain itu, kegiatan online lewat zoom sangat efektif sekali karena masih dalam suasana pandemi covid 19. "Kami sangat mendukung sekali dengan kegiatan online ini sehingga pelatihan tetap berjalan dengan baik," kata Jumari.

Ditambahkan M. Ana Rozi Anudin dari MA Sunan Drajat,  bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan karena ia banyak belajar hal baru tentang membuat media pembelajaran 3D.

Hal itu diamini Sulis dari MTs. Sunan Drajat. Menurut Sulis, program ini dapat menambah wawasan dan membantu dalam menyusun media pembelajaran, beliau berkomitmen setelah pelatihan selesai, akan menerapkan pada saat mengajar agar pembelajaran lebih varitif.

Novi salah satu anggota program ini berharap, meskipun nanti programnya berbasis online, ibu dan bapak guru yang sudah dilatih harus benar-benar serius dan bisa menghasilkan produk yang bermanfaat untuk pendidikan, khususnya dalam hal media pembelajaran.

"Kegiatan ini dimulai sejak 04 Juli 2020 dan dijadwalkan berakhir sampai 08 Agustus 2020. Kegiatan ini didukung penuh oleh DRPM Kemenristekdikti melalui kegiatan Program Kemitraan Masrayakat (PKM) dengan bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat," tutup Novi selaku anggota program ini. [mu]

Tag : Media Pop-up, Movable Book


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat