18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Terkendala Lahan 7 Warga, Pembangunan Jembatan KARE Tersendat

blokbojonegoro.com | Sunday, 12 July 2020 16:00

Terkendala Lahan 7 Warga, Pembangunan Jembatan KARE Tersendat

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pembangunan Jembatan Kanor - Rengel (KARE), penghubung antara Kabupaten Bojonegoro dengan Kabupaten Tuban belum bisa dibangun tahun ini. Pembangunan jembatan yang rencana akan dimulai pada pertengahan tahun 2020 tersebut, masih tersendat pembebasan lahan.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro, Retno Wulandari mengatakan, pembangunan jembatan KARE tersebut membutuhkan lahan milik 23 warga Desa Semambung Kecamatan Kanor. Namun dari 23 lahan milik warga tersebut, masih ada 7 lahan milik warga yang belum berkenan untuk melepaskan.

"Saat ini kita masih tahap penyelesaian lahan tersebut," ujarnya, Minggu (12/7/2020).

Saat disinggung terkait kapan dimulainya pembangunan jembatan tersebut, dirinya belum bisa mengira-ngiranya lantaran masih fokus untuk menyelesaikan lahan tersebut. Sehingga, dipastikan pembangunan jembatan ini tidak bisa dilakukan pada tahun ini.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2020 sebenarnya mempunyai projek besar pembangunan 2 jembatan yang melintasi Sungai Bengawan Solo, yaitu Jembatan Kanor - Rengel dan Jembatan Luwihaji (Kecamatan Ngraho) - Medalem (Kecamatan Kradenan, Blora).

Untuk pembangunan Jembatan Luwihaji - Medalem sendiri sudah mulai dibangun pada awal Bulan Juli tahun ini dan ditargetkan selesai pada November 2020. Jembatan Type Kelas A tersebut, mempunyai panjang 220 meter, luas jembatan 6 meter dengan setruktur rangka baja.

Terpisah, Kepala Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Neny Rachmawati menambahkan, dari 7 warganya yang belum melepaskan lahannya tersebut lantaran masih menunggu harga yang pas dan sesuai yang diinginkan. Selain itu, ada juga yang meminta menyisihkan sebagian lahannya untuk dibangun rumah untuk tempat tinggal.

"Untuk tanah yang terdampak di Desa Semambung kurang lebih sekitar 9.000 m², berarti masih ada kurang lebih sekitar 3.655 m² yang belum tertuntaskan," lanjut perempuan yang akrab disapa Neny ini.

Dirinya menjelaskan, Pemerintah Desa (Pemdes) sendiri tidak mempunyai wewenang terkait penuntasan pembebasan lahan. Pasalnya Pemdes Semambung dalam hal ini bertugas sebagai jembatan antara Pemerintah dan juga masyarakat setempat.

Ia pun berharap jika nantinya jembatan KARE beroperasi ke depannya, turut mengerek perekonomian masyarakat Semambung, khususnya. Sebab, dengan adanya jembatan penghubung antara Bojonegoro dan Tuban roda perokonomian masyarakat Semambung bisa berjalan lebih baik lagi.

"Harapan saya semoga jembatan KARE ini menjadi berkah untuk semuanya, khususnya warga Semambung," pungkasnya.[din/ito]

 

Tag : Jembatan, rengel, kanor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat