20:00 . Hari Kartini, Polwan Polres Bagi Masker dan Imbauan Larangan Mudik   |   19:00 . Harga Cabai Terpantau Stabil di Pasaran   |   18:00 . Disdik Ajak Seluruh Satuan Pendidikan Mengembangkan E-Library   |   17:00 . Pengurus AMSI┬áJatim Periode 2020-2023 Dilantik   |   16:00 . Satgas Covid-19 Minta Pemda Segera Tindaklanjuti Inmendagri Terbaru   |   15:00 . Berbekal KIS BPJS Kesehatan, Melahirkan Jadi Mudah   |   14:00 . Peringati Hari Kartini, Bupati Hingga OPD Wanita Tampil Cantik Berkebaya dan Bermasker   |   13:00 . Pemprov Jatim Beri Diskon Pengurangan Pokok PKB Hingga Undian Berhadiah   |   12:00 . Bupati Ajak Perempuan Berkontribusi Dalam Pembangunan Negeri   |   11:00 . Pemda Harus Optimalkan Peran Posko Agar Kualitas Penanganan Semakin Meningkat   |   10:00 . Berbagai Kebijakan Terkait Ramadan dan Idul Fitri Tahun ini Demi Mencapai Hasil Signifikan   |   09:00 . 6 Situs Film Online Gratis, Gantinya IndoXXI, Rebahin Hingga Lk21   |   08:00 . 40 Kata-Kata Selamat Hari Kartini Buat Status WA dan IG   |   07:00 . Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Ini 4 Langkah yang Bisa Dicoba   |   21:00 . Jumlah Penerima BPNT Turun, Minggu Ini Dicairkan   |  
Wed, 21 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Kunjungi Waduk Pacal, Sebar 25 Ribu Ikan

blokbojonegoro.com | Saturday, 22 August 2020 17:00

Bupati Kunjungi Waduk Pacal, Sebar 25 Ribu Ikan

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Peningkatan sektor perikanan terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, dengan menaburkan ribuan benih ikan di lokasi waduk Pacal yang berada di Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang, Sabtu (22/8/2020) sore.

Penaburan benih tersebut sekaligus guna menumbuhkan sektor ekonomi masyarakat pedesaan diwilayah setempat. Penaburan benih ikan tersebut langsung dihadiri Bupati Bojonegoro, bersama Sekretaris Daerah (Sekda), serta anggota DPRD, Organisasi Perangkat Dinas (OPD) terkait dan Muspika dan Pemerintah Desa setempat.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, mengungkapkan penaburan ribuan benih ikan ini salah satu cara untuk tumbuh kembangkan sektor perikanan maupun di sektor ekonomi dan sekaligus untuk mewujudkan ketahanan pangan.

"Penaburan benih ikan kali ini Yang dilakukan di Waduk Pacal sebanyak 25 ribu ikan, namun beberapa waktu lalu penaburan ikan juga dilakukan di beberapa tempat seperti waduk, sumber mata air dan Bengawan Solo," tambah Bupati Bojonegoro.

Bupati yang biasa disapa Bu Anna melanjutkan bahwa Ikan adalah salah satu sumber protein yang tinggi oleh karenanya pengembangan perikannan ini perlu dikembangakan. Harapan ke depan perikanan di Bojonegoro bisa gerakkan roda perekonomian pada sektor perikanan.

"Untuk kelompok ternak ikan bila ingin mendapatkan bantuan bibit benih, kiranya dapat mengajukan ke Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro" terang Bupati Perempuan pertama di Bojonegoro ini.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Kedungsumber, Kardi mengatakan penaburan benih ikan di wilayahnya khususnya di Waduk Pacal bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Pasalnya, di Waduk Pacal ini banyak pula orang mencari ikan untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Kardi juga menyampaikan terima kasih atas perhatian ini, karena Bupati mau membantu menghidupkan kembali perikanan di wilayahnya. Untuk itu, dengan perhatian ini akan menjadi upaya kelompok ternak ikannya untuk mengelolanya.

"Program dari Bupati kita sambut baik, sebab BUMDes kami (Sumber Rejeki) juga telah mempunyai kelompok ternak ikan keramba sebanyak 35 ribu jenis ikan," ucapnya.

Lebih lanjut, jenis dari ikan itu antara lain patin, nila, nila merah, bawal, gozo, lele yang siap panen. Bahwasanya adanya ternak ikan, otomatis ikut tumbuh kembangkan ekonomi warga sekitar serta pemasukan keuangan BUMDes sesuai harapan dari Pemkab.

"Kami yakin nilai ekonomi kerakyatan dapat meningkat, semoga dapat terus berjalan tentunya ada suport dari Pemkab serta pihak terkait," tandasnya.[saf/ito]

 

Tag : Waduk, pacal, Bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat