00:00 . Jembatan Ambruk Diterjang Banjir   |   23:00 . Dukung Anak Belajar dari Rumah saat Pandemi   |   22:00 . Peduli di Masa Pandemi Covid-19, Disabilitas di Bojonegoro Bagikan Ribuan Masker   |   21:00 . Datangi Kejari di Pantura, Kajati Jatim Sebut Banyak Inovasi Kejari Bojonegoro   |   20:30 . Waspada Efek Jangka Panjang Covid-19   |   20:00 . Dishub Bojonegoro Himbau Masyarakat Gunakan Jalur Alternatif Menuju Tuban   |   19:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Bojonegoro-Tuban Kembali Ditutup Total   |   18:30 . Gejala Covid-19 Pada Lansia   |   18:00 . Dinsos Bojonegoro Rakor Terkait Evaluasi PKH 2020 dan Rencana PKH 2021   |   17:00 . Covid-19 Masih Mengancam, Kapolres Bojonegoro Gencar Operasi Yustisi   |   16:00 . Hujan Disertai Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang ke Jalan   |   15:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   14:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |   13:00 . Zahrotul Aini Peraih IPK Tertinggi yang Hobi Main Game   |   10:00 . Kasus Aktif Covid-19 Indonesia Lebih Baik dari Rata-Rata Dunia   |  
Fri, 04 December 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 20 October 2020 07:00

5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan

5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Orangtua tidak bisa sepenuhnya mengendalikan tingkah laku anak. Terkadang ada saja tingkah laku anak yang bisa memancing emosi orangtua, bahkan ketika berada di tempat umum.

Apapun alasannya, hindari untuk memarahi anak di tempat umum. Memarahi anak di tempat umum sama saja dengan mempermalukannya.

Hal itu dapat merusak kepribadian anak. Berikut lima alasan mengapa orangtua tidak boleh memarahi anak di tempat umum.

1. Mengembangkan perilaku penindasan

Memarahi anak di depan umum dapat memicu perilaku penindasan padanya. Pikiran seorang anak seperti tanah liat dan anak menyerap apa yang dilihatnya.

Jika orangtua sering memarahi atau menegurnya di depan umum, anak juga mungkin melakukan hal yang sama kepada teman-temannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan anak bisa sampai menindas keluarganya kelak

2. Menimbulkan rasa malu yang luar biasa

Tidak ada orang yang senang dimarahi di tempat umum termasuk anak. Saat dimarahi di tempat umum, anak bisa merasa sangat malu dan mungkin berdampak pada perkembangan kepribadiannya.

Meskipun anak telah melakukan kesalahan besar, hindari memarahinya di tempat umum.

3. Kehilangan kepercayaan

Dalam hubungan apapun termasuk orangtua dengan anak, kepercayaan adalah hal penting.

Memarahi anak di tempat umum bahkan karena hal kecil sekali pun bisa membuatnya kehilangan kepercayaan pada orangtua.

Selain itu, anak juga bisa saja menyembunyikan sesuatu, menjadi pemberontak, dan ikut menegur orangtuanya di tempat umum.

4. Berdampak pada perkembangan emosional

Saat anak melakukan kesalahan, orangtua mungkin ingin memberitahunya agar tidak mengulangi di hari mendatang.

Lebih baik bicara kepada anak dengan nada halus saat berada di tempat umum atau memarahinya secara pribadi. Berbicara secara pribadi bisa menjaga harga diri anak.

Sebaliknya, memarahi di depan umum hanya akan memicu rasa sedih, frustrasi, dan kesal pada anak yang berdampak pada perkembangan emosionalnya.

5. Menimbulkan rasa sesal pada orangtua

Selain efek pada anak, memarahinya di tempat umum juga berimbas ke orangtua.

Saat kesal, orangtua dikuasai oleh amarah. Namun setelahnya bisa saja orangtua merasa menyesal.

Orangtua harus mengingatkan dirinya sendiri untuk tidak melampiaskan amarah kepada anak di tempat umum saat merasa emosi. Sebab hal itu bisa memperburuk keadaan.

Orangtua dapat memarahi anak tentang suatu insiden di tempat umum nanti setelah kembali ke rumah.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan, anak, orang tua, marah, psikologis anak


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat