16:00 . Anjlok, Harga Telur Ayam Capai Rp15 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Pemdes Sukorejo Tunggu Survei Pemkab untuk Pemekaran Desa   |   14:00 . Kalahkan Keterbatasan, Penyandang Disabilitas Antusias Ikuti Vaksinasi   |   11:00 . Ribuan Siswa di Ngasem Jadi Target Vaksinasi PDIP Bojonegoro   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   04:00 . Sah..! Irfan Terpilih Aklamasi Jadi Ketua PW IPNU Jatim   |   23:00 . H. Nurhadi Ridlwan Terima Buku Sejarah IPNU   |   22:00 . Sarasehan Majelis Alumni IPNU Jatim, Transformasi dari Ikatan Jadi Gerakan   |   21:00 . Munas-Konbes, PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   20:00 . Jodohkan Pemuda Bertalenta dan Klien, Pemprov Fasilitasi Millenial Job Center   |   19:00 . Wagub Emil: IPNU dan IPPNU Saat ini Generasi Milenial   |   18:00 . Hadir di Pelantikan Pengurus Rayon PMII Raden Paku UNUGIRI, Disdik Sampaikan Ini   |   17:00 . Wihadi Wiyanto Bersama DPC Gerindra Bojonegoro Sukseskan Vaksinasi   |   16:00 . Percepat Kekebalan Komunal DPD LDII Bojonegoro Lakukan Vaksinasi MassalĀ    |   15:00 . EMCL dan Yayasan PESAT Berikan Pelatihan Timlak Patra Daya 2 Desa   |  
Sun, 26 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Orangtua Perlu Tahu, Rasa Bosan Pada Anak Tak Selalu Buruk

blokbojonegoro.com | Friday, 23 October 2020 07:00

Orangtua Perlu Tahu, Rasa Bosan Pada Anak Tak Selalu Buruk

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Hingga kini banyak orangtua yang belum mengizinkan anaknya bermain di luar rumah karena pandemi Covid-19 tak kunjung usai.

Orangtua merasa khawatir anaknya bisa tertular penyakit. Oleh karenanya, mereka berusaha mencari kegiatan yang membuat anak merasa betah di rumah.

Akan tetapi, tak jarang orangtua kehabisan ide untuk bermain atau melakukan suatu kegiatan dengan anak. Menurut psikolog Saskhya Aulia Prima, hal itu wajar.

Hal ini dikarenakan sebagian besar orangtua menghabiskan waktu 24/7 bersama anak. Selain itu, saat berada di rumah, perasaan jenuh, bosan, dan cemas kerap melanda.

Belum lagi bila sudah mencoba mencari berbagai kegiatan, namun anak tetap merasa bosan dan rewel sehingga membuat orangtua merasa bingung.

Terkait hal ini, Saskhya mengungkapkan beberapa trik yang bisa dilakukan orangtua untuk menyiasati kebingungan karena kehabisan ide.

"Paling penting harus belajar ikhlas dan mengatur ekspektasi karena sekarang ini memang lagi sulit," ujar Saskhya dalam acara virtual Bincang Shopee, Kamis (22/10/2020).

Selain itu, orangtua harus mengubah pola pikir bahwa rasa bosan tidak sepenuhnya buruk bagi anak. Malah hal itu bisa menjadi cara untuk mengembangkan kreativitas anak.

Saat bosan otak anak tidak berhenti terstimulasi. Hal itu malah bisa membuat anak menjadi kreatif dan melatih skill untuk masa depannya.

"Ketika sekarang anak belajar mengatasi kebosanan, nanti dia akan ketemu hal-hal untuk dirinya sendiri. Jadi biarkan anak berkreasi dengan apapun di rumah," kata Saskhya.

Trik lainnya, orangtua perlu memberikan waktu dan ruang kepada anak untuk bermain sendiri serta menciptakan kegiatannya sendiri.

Orangtua juga sebaiknya ikut bermain sesuai dengan arahan anak. Kebanyakan orangtua mungkin sibuk memikirkan kegiatan yang tepat tapi lupa menanyakan keinginan anak.

Hal itulah yang kemudian membuat orangtua merasa suntuk dan rasa bosan pada anak juga tak teratasi.

"Orangtua bisa mengajak anak mencari ide, setelahnya nanti ikutin aja arahan anak, anak maunya apa," imbuh Saskhya.

Terakhir, orangtua juga bisa memikirkan cara bermain lain dengan anak yang memiliki tema tertentu. Banyak sekali informasi di internet yang bisa menjadi referensi orangtua.

*Sumber: kompas.com

Tag : anak, balita, orang tua, psikologis anak, psikologi anak, sering bosan, anak sering bosan, kenapa anak bosan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more