08:00 . Irfan dan Rida Nahkodai PC IPNU - IPPNU Bojonegoro Periode 2020-2022   |   06:00 . Banjir Bandang Terjang Desa di 3 Kecamatan   |   21:00 . Pembangunan Maju, Bojonegoro Semakin Produktif   |   20:00 . Rakor KONI, Bahas Evaluasi dan Penyusunan Program Kerja 2021   |   19:30 . Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Malo dan Dander   |   19:00 . Semua Umat Agama Rindu Beribadah Bersama   |   18:00 . Pemerintah Kawal Kesiapan Sarana Vaksin Covid-19   |   17:00 . Bupati Anna: Mas Safuan Wartawan Baik   |   16:00 . Begini Harapan Bupati Bojonegoro pada Pembukaan Raker KONI   |   15:00 . Satgas Covid-19 Harap Tak ada yang Menghalangi Petugas Kesehatan   |   14:00 . Buka Konfercab IPNU-IPPNU, Bupati Ingatkan Pemuda untuk Melek Media   |   13:00 . Kerumunan Berpotensi Besar Pemicu Klaster Baru Covid-19   |   12:00 . Perempuan Produktif, Muslimat Bojonegoro Latihan Wirausaha   |   11:00 . Ciri Kelelahan Akibat Covid-19   |   10:00 . Melepas Mas Safuan   |  
Mon, 30 November 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 29 October 2020 20:00

Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing

Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Kalau menyebut peternak kambing mungkin yang terbayang di pikiran adalah seorang lelaki gagah. Bayangan itu sirna bila bertemu Dea Miswa Adis Cayani, dara asal Desa/Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Sebab peternak kambing itu adalah seorang gadis yang masih cukup muda berusia 20 tahun. Dea sukses mengembangkan usaha breeding atau mengembang biakkan kambing . Gadis yang masih tinggal bersama orang tuanya itu mempunyai cerita panjang dalam membangun usaha ternaknya.

Alumni SMK Migas Cepu itu menceritakan, kesukaan dengan dunia ternak kambing atau dunia hewan berawal dari orang tuanya. "Awalnya meneruskan usaha orang tua, saat saya masuk SMK bapak kan pindah usaha kambing dulunya sopir. Terus setelah saya lulus usahanya saya teruskan," ucap gadis kelahiran 2000 itu.

Dea sempat merasa jenuh beternak kambing, sebab kegiatan beternak kambing monoton, hanya ngasih makan minum dan dia sempat memutuskan untuk merantau ke Kota Surabaya. Hanya bertahan 3 minggu dia kembali pulang sebab merasa kangen dengan kambing-kambingnya.

"Setelah dari Surabaya saya ngomong ke orang tua ingin mencoba breding kambing, terus akhirnya nyoba breding kambing hingga saat ini," ungkapnya.

Dia mengatakan nggak pernah gengsi soal mengurusi kambing, sebab dari dulu dia sudah terbiasa dengan lingkup dunia lelaki dikarenakan sejak smp dia sering ikut motor trail. "Kalau dibilang gengsi sih enggak, cuman kadang juga ada yang ngledek," katanya.

Untuk pemeliharaan kambing-kambingnya tidak ada yang khusus, hanya saja dia rutin mencukur bulu-bulu indukan kambing sebab kalau kambing gibas di bulunya terdapat kutu dan itu mempengaruhi faktor makan kambing.

"Kalau siang kambing-kambing ini saya lepas di lapangan, la nanti kalau malam di kasih makan fermentasi, dan saya kasih minum rutin, mungkin hanya itu perawatan kesehariannya," jelasnya kepada awak media.

Dia juga mengatakan, untuk omsetnya sendiri itu bukan bulanan tapi per panen. "Untuk minggu-minggu ini hampir setiap hari alhamdulillah banyak orang yang membeli kambing di saya," tutupnya.[her/ito]

Tag : breeding, kambing, tips, tambakrejo, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat