12:00 . Zona Merah di Jatim Bertambah   |   09:00 . Kebakaran Dini Hari Hanguskan Industri dan Olahan Kayu di Sukorejo   |   07:00 . Anak Putus Sekolah Rentan Alami Praktik Perkawinan Anak   |   06:00 . 17 Pasien Sembuh, Kasus Baru Tambah 19 dan 1 Pasien Meninggal   |   19:00 . Jelang Idul Adha, Pedagang Kambing Mulai Banyak Pesenan   |   18:00 . Dinas P3AKB Lakukan Pelayan MOW untuk Pencegahan Stunting   |   17:00 . 34.923 Kelompok Masyarakat Lansia di Bojonegoro Sudah Divaksin   |   16:00 . Jaring Bakat Minat Siswa Disdik Bojonegoro Gelar KOSN   |   15:00 . Hati-Hati, Penipuan Mengatasnamakan Marketplace atau Brand Ternama   |   14:00 . Kuatkan Struktur Partai, Nasdem Targetkan Menang Pemilu 2024   |   13:00 . Inilah Peraih Nilai Tertinggi Tes Perades di Kecamatan Kapas   |   12:00 . Persibo Bojonegoro Mulai Seleksi Pemain   |   11:00 . Diduga Konsleting Listrik, Rumah Warga Desa Banjarejo Dilahap Jago Merah   |   10:00 . Sempat Jadi Trend, Kini Harga Jualan Sepeda Turun   |   09:00 . 7 Desa di Kecamatan Kapas Gelar Tes Pengisian Perades   |  
Thu, 24 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing

blokbojonegoro.com | Thursday, 29 October 2020 20:00

Dara Asal Tambakrejo ini Geluti Breeding Kambing

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Kalau menyebut peternak kambing mungkin yang terbayang di pikiran adalah seorang lelaki gagah. Bayangan itu sirna bila bertemu Dea Miswa Adis Cayani, dara asal Desa/Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Sebab peternak kambing itu adalah seorang gadis yang masih cukup muda berusia 20 tahun. Dea sukses mengembangkan usaha breeding atau mengembang biakkan kambing . Gadis yang masih tinggal bersama orang tuanya itu mempunyai cerita panjang dalam membangun usaha ternaknya.

Alumni SMK Migas Cepu itu menceritakan, kesukaan dengan dunia ternak kambing atau dunia hewan berawal dari orang tuanya. "Awalnya meneruskan usaha orang tua, saat saya masuk SMK bapak kan pindah usaha kambing dulunya sopir. Terus setelah saya lulus usahanya saya teruskan," ucap gadis kelahiran 2000 itu.

Dea sempat merasa jenuh beternak kambing, sebab kegiatan beternak kambing monoton, hanya ngasih makan minum dan dia sempat memutuskan untuk merantau ke Kota Surabaya. Hanya bertahan 3 minggu dia kembali pulang sebab merasa kangen dengan kambing-kambingnya.

"Setelah dari Surabaya saya ngomong ke orang tua ingin mencoba breding kambing, terus akhirnya nyoba breding kambing hingga saat ini," ungkapnya.

Dia mengatakan nggak pernah gengsi soal mengurusi kambing, sebab dari dulu dia sudah terbiasa dengan lingkup dunia lelaki dikarenakan sejak smp dia sering ikut motor trail. "Kalau dibilang gengsi sih enggak, cuman kadang juga ada yang ngledek," katanya.

Untuk pemeliharaan kambing-kambingnya tidak ada yang khusus, hanya saja dia rutin mencukur bulu-bulu indukan kambing sebab kalau kambing gibas di bulunya terdapat kutu dan itu mempengaruhi faktor makan kambing.

"Kalau siang kambing-kambing ini saya lepas di lapangan, la nanti kalau malam di kasih makan fermentasi, dan saya kasih minum rutin, mungkin hanya itu perawatan kesehariannya," jelasnya kepada awak media.

Dia juga mengatakan, untuk omsetnya sendiri itu bukan bulanan tapi per panen. "Untuk minggu-minggu ini hampir setiap hari alhamdulillah banyak orang yang membeli kambing di saya," tutupnya.[her/ito]

Tag : breeding, kambing, tips, tambakrejo, bojonegoro

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more