21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |   17:00 . Kemenag Ajak KBIHU Edukasi Jemaah Terkait Murur   |   16:00 . Tak Cukup Bukti, Kejari Bojonegoro Hentikan Penuntutan Kasus Dugaan Pencurian Ayam   |   12:00 . Ke Arafah Gunakan Smart Card, Ini Prosedurnya   |   10:00 . KBIHU Attanwir Ajak Jemaah Haji Ziarah ke Mbah Moen   |   08:04 . Ziarah ke Pesarean Mbah Moen di Ma'la   |   18:00 . Perajin Batik Binaan EMCL Hadir di Pekan Batik Daerah, Omset Melonjak   |   17:00 . Kejari Bakal Kembali Periksa Pejabat Pemkab Bojonegoro Soal Mobil Siaga, Siapa Saja?   |   16:00 . Puluhan DU DI dan UMKM Semarakkan Job and Edu Fair SMK Negeri 1 Bojonegoro   |   15:00 . Tragis, 3 Sapi 1 Rumah di Terbakar, Kerugian Capai Rp100 Juta   |   13:00 . Perwakilan Peserta Pekan Batik dari Berbagai Daerah Ikuti Farm Trip Wisata Bojonegoro   |   09:00 . Lagi, 1 Tersangka Diseret Kejari Dalam Kasus Kredit Fiktif¬†Bank¬†Daerah Bojonegoro   |   18:00 . 1.935 Tenaga PPPK di Bojonegoro Terima SK   |   15:00 . Horeee....!!! 408 Kades di Bojonegoro Dapat Tambahan Masa Jabatan 2 Tahun   |   13:00 . Puncak Kemarau di Bojonegoro Diprediksi Terjadi Juli hingga Agustus   |  
Thu, 13 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Fenomena Pergerakan Tanah Wonocolo

Ini Hasil Survey Tim Geodesi PT Pertamina Asset IV

blokbojonegoro.com | Friday, 17 February 2017 17:00

Ini Hasil Survey Tim Geodesi PT Pertamina Asset IV

Reporter: Dita Afuzal Ulya

blokBojonegoro.com - Field Manager PT Pertamina Asset IV Field Cepu, Agus Amperiyanto menegaskan, jika tidak ada aktivitas sumur di lokasi Desa Wonocolo RT.07/RW.02 Kecamatan Kedewan yang kemarin terjadi ledakan dan mengakibatkan pergeseran tanah.

Baca juga [Gandeng PPSDM Migas untuk Analisa Bencana]

Seperti yang telah diberitakan, pihak PT Pertamina EP Asset IV hari ini sudah melakukan pengamatan di lokasi pergeseran tanah oleh tim ahli geodesi atau pengukuran tanah dan hasilnya kondisi topografi di lokasi kejadian terdiri dari lembah, lereng, dan perbukitan. Lokasi kejadian tepat berada di lereng bukit talesan dan di bawahnya terdapat sebuah sungai.

Jenis tanah di lokasi semacam tanah lepas atau berpori, dengan perbedaan elevasi sungai dengan lokasi kejadian kurang lebih 20 meter. Sehingga berpotensi terjadi penurunan atau konsolidasi tanah dari patahan atau sinklin bagian bawah.

"Ini juga akibat beban berlebih di kondisi perubahan cuaca seperti ini, dan bisa terjadi dalam kurun waktu yang sangat lama, sedangkan luas penurunan atau retakan kurang 7.5 hektar dengan ketinggian elevasi dari bibir sungai kurang lebih 20 dan 186 meter dari permukaan air laut," jelas Agus kepada blokBojonegoro.com, Jumat (17/2/2017).

Sehingga, lanjut Agus, apabila terjadi penurunan tanah hampir 1 meter dengan volume tersebut tentu saja bisa menimbulkan suara gemuruh atau dentuman akibat bunyi yang ditimbulkan dari retakan tanah atau bahkan dari pondasi rumah maupun tanaman.

"Sekali lagi tidak ada peta kegiatan kita (pemboran PT Pertamina EP Asset IV Field Cepu,red) di daerah kejadian, karena lokasinya sangat jauh," tegas Agus.

Sementara data yang diperoleh dari tim survey lokasi sumur aktif KSO terdekat Kw. 55 berjarak 966 meter dari lokasi kejadian, sedangkan lokasi sumur PEP terdekat DDG.P1 berjarak 1.360 meter dari lokasi kejadian. [ita/mu]

Tag : ledakan di wonocolo, sumur tua meledak, sumur tua bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat