15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siap Mudik? Jangan Lupa Atur Pola Makan Anda

blokbojonegoro.com | Friday, 23 June 2017 07:00

Siap Mudik? Jangan Lupa Atur Pola Makan Anda

Reporter: -

blokBojonegoro.com -  Tidak sampai dua minggu lagi, bulan Ramadhan akan berakhir dan jadwal mudik bersama berbagai persiapannya mulai disusun untuk merayakan hari kemenangan bersama keluarga.

Sayangnya, kabar duka tidak jarang terdengar selama menempuh perjalanan mudik. Pada tahun 2016 lalu, misalnya, terjadi kemacetan di tol Brebes Timur yang mengular sejauh 18 km. Dalam kejadian tersebut, 17 orang meninggal dunia akibat kelelahan dan kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, berbagai persiapan pun perlu dilakukan pemudik agar selamat sampai di tempat tujuan. Salah satunya dengan menjaga kesehatan agar optimal selama di perjalanan.

(Baca juga: Sahur dengan Nasi, Mi Instan, dan Telur? Jangan Dilakukan Lagi)

Dokter spesialis penyakit dalam subspesialis Gastroenterologi dan hepatologi dr Hardianto Setiawan, SpPD-KGEH mengatakan, para pemudik harus memperhatikan jumlah makanan yang dikomsumsi pada saat berbuka maupun sahur. Jika memungkinkan, carilah restauran yang memiliki menu empat sehat di dalam perjalanan.

“Waktu makan juga tidak langsung makan makanan utama dalam jumlah besar. Makanan kecil, satu jam kemudian mulai makanan utama,” kata Hardianto pada diskusi bertajuk “Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa dan Lebaran” yang terselenggara dengan kerjasama harian Kompas dan Rumah Sakit Siloam, Kebayoran Baru, Rabu (14/6/2017).

Lalu, saat sahur di dalam perjalanan, Hardianto menganjurkan untuk tidak menyantap makanan secara berlebihan. Jika dilakukan, hal itu akan mengakibatkan naiknya gula darah dan membuat rasa kantuk serta lemas datang lebih cepat.

Makan dalam jumlah banyak juga tidak dianjurkan bagi pengidap diabetes melitus. Fluktuasi gula darah akan terjadi dengan cepat. Maka, makan dalam porsi kecil dengan frekuensi lebih sering dapat menjadi pilihan. “Makan dalam porsi kecil yang terpisah agar pada waktu makan, fluktuasi kadar gula tidak terlalu tinggi. Ketika sahur, misalnya, makan bisa dua kali,” ucap Hardianto.

(Baca juga: Selama Berpuasa, Hindari 5 Jenis Buah Ini untuk Kesehatan Lambung)

Selain itu, waktu istirahat perlu mendapat perhatian lebih. Memacu tubuh bekerja lebih keras melalui penggunaan minuman berenergi tidaklah dianjurkan.

“Tubuh kita punya alarm, bila kita merasa capek, kita harus merehatkan diri sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Tiga atau empat jam kita bisa berhenti untuk rihat. Pengunaan minuman berenergi juga tidak dianjurkan karena hanya stimulan seperti kafein, sebagai gantinya Anda bisa meminum multivitamin,” kata Hardianto.

 

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/06/22/160500023/

siap.mudik.jangan.lupa.atur.pola.makan.anda

Tag : Mudik, lebaran, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat