07:00 . Saat Tekanan Darah Naik, Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Turun!   |   21:00 . Silaturahmi ke Masyarakat, PKB Pastikan Perjuangkan Nasib Warga   |   20:00 . Polres Bojonegoro Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021   |   19:00 . Jelang Lebaran Petani Clebung Panen Kacang Tanah   |   18:00 . Muhammadiyah Umumkan 1 Syawal Jatuh 13 Mei 2021   |   17:00 . Asyiknya Ngabuburit Sambil Jogging di Kahyangan Api   |   16:00 . Produsen Kuker Jadoel Kebanjiran Pesanan Selama Bulan Ramadan   |   15:00 . Sebagai Reward Lebaran, Remisi Napi Akan di Umumkan Setelah Idul Fitri   |   14:00 . Beragam Olahan dari Kelor di Desa Bogo Miliki Bahan Baku Sendiri   |   13:00 . Indonesia Terima 982 Ribu Dosis Vaksin Untuk Vaksinasi Gotong Royong   |   12:00 . Satgas: Adanya Varian Baru Jangan Disikapi Dengan Panik   |   11:00 . Berbelanja Online Cara Paling Aman Menyambut Lebaran Tanpa Berkerumun di Pusat Perbelanjaan   |   09:00 . Satgas Ingatkan Tradisi Belanja Lebaran Jangan Memicu Klaster Baru   |   07:00 . Tanpa Disadari Anak-Anak Bisa Konsumsi Gula Seperempat Kilo Sehari   |   05:00 . 4 Pasien Sembuh, Kasus Baru Tambah 4 Orang   |  
Thu, 06 May 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Ini Instruksi Gubernur

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 August 2017 19:30

Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Ini Instruksi Gubernur

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Memasuki musim kemarau, Pemkab Bojonegoro mulai mengintensifkan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran hutan dan lahan. Apalagi beberapa kali telah terjadi kebakaran hutan di wilayah Bojonegoro.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiharto, Rabu (9/8/2017) siang tadi, di ruang kerjanya menyampaikan surat edaran Gubernur Jawa Timur, Nomor 522/12998/022.3/2017 tanggal 18 Juli 2017. Berdasarkan hal tersebut dihimbau agar seluruh jajaran daerah baik dinas intansi terkait dan kecamatan lebih mengintensifkan kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, baik melalui penyuluhan, sosialisai dan kampanye serta fasilitasi kepada masyarakat.

Kedua agar melakukan antisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan sedini mungkin, dengan menggerakkan jajaran teknis sampai tingkat desa. Tak hanya itu agar mengaktifkan pengawasan terhadap setiap indikasi kejadian kebakaran hutan dan lahan. " Semua instansi terkait diharapkan ikut terlibat pengendaian kebakaran hutan," ungkap Heru.

Ketiga, koordinir semua potensi daerah sampai persiapan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, serta meningkatkan koordinasi antar pihak dengan pemerintah pusat dan Provinsi, TNI/Polri, LSM, Swasta dan masyarakat dalam upaya pengendalian.

Hal keempat adalah melakukan patroli intensif pada daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, serta segera memadamkan apabila terjadi kebakaran. Khusus pada daerah rawan kebakaran hutan dan lahan yang bertanah mineral agar dibangun sumur bor atau embung.

Terakhir Gubernur mengingatkan, agar semua sarana dan prasarana penanganan kebakaran hutan dan lahan untuk kebutuhan pemadaman dalam kondisi siap pakai, baik pada unit kerja pemerintah, Masyarakat Peduli Api (MPA) maupun swasta.

Sementara itu berdasarkan surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Klimatologi Malang, Nomor: KT.304/110/KMLG/VII/2017 menyebutkan, prakiraan curah hujan di Bojonegoro bulan Agustus diperkirakan sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro sudah memasuki musim kemarau dengan intensitas hujan ringan selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan. Bulan September diperkirakan sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro mengalami kekeringan dan intensitas hujan ringan kurang dari 10 hari dalam satu bulan. Sedangkan untuk Bulan Oktober diperkirakan Kabupaten Bojonegoro mengalami hujan dengan intensitas sedang selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan. [oel/mu]

Tag : kebakaran huta, instruksi gubernur

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat