23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL dan LPM Indonesia Perkuat Pemberdayaan Janda di Kalitidu

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 August 2017 14:00

EMCL dan LPM Indonesia Perkuat Pemberdayaan Janda di Kalitidu

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Melihat perempuan yang menjadi kepala rumah tangga atau janda di Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, dirasa sangat banyak. Sehingga ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menggandeng Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Indonesia untuk memberdayakan perekonomian di wilayah tersebut.

Kegiatan bersama EMCL dan LPM Indonesia tersebut dilakukan Program Pemberdayaan Perempuan Kepala Rumah Tangga (PERMATA), yang diadakan di Desa Leran dan Desa Sukoharjo, Kecamatan Kalitidu. Dalam pembukaannya selain dihadiri Camat Kalitidu, Nanik Lusetiyani, Dinas PMD, Imam Cahyono dan Fatkur Rohman selaku Manajer Program dari LPM Indonesia. Serta Beta Wicaksono dan Tiara Galih yg merupakan perwakilan Humas EMCL.

Setidaknya sosialisasi dilakukan dua kali, pertama sosialisasi program dilakukan di Desa Leran pada hari Jumat (4/8/2017) dan di Balai Desa Sukoharjo, Selasa (8/8/2017). "Program PERMATA ini bertujuan melakukan pemberdayaan kepada perempuan yang menjadi kepala rumah tangga atau yang biasa disebut janda," kata Fatkur Rahman selaku Manajer Program dari LPM Indonesia.

Sehingga melalui Pemberdayaan yang dimaksud ini untuk meningkatkan kapasitas SDM dan bantuan sarana prasarana penunjang usaha, sehingga bisa berdaya secara ekonomi dan sosial. "Secara ekonomi diharapkan melalui program ini pendapatan mereka akan meningkat," terangnya.

Ditambahkan, secara sosial diharapkan para janda yang selama ini dikucilkan dan kurang dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan di tingkat desa, kedepanya dapat aktif dalam proses-proses musyawarah desa. "Sehingga aspirasi dan masalah yang dihadapi dapat ditampung dalam program pembangunan desa," imbuhnya.

Sementara itu Camat Kalitidu, Nanik Lusetiyani sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan sangat mendukung program PERMATA. "Namun bantuanya nanti agar diarahkan pada program penumbuhan usaha produktif seperti home industri," pesannya.

Hal senada juga disampaikan Imam Cahyono perwakilan dari Dinas PMD menilai, ini program sangat bagus karena program yang bersinergi antara pemerintah, perusahaan dan NGO. "Kami sangat mendukung sekali program-program pemberdayaan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera semacam Program PERMATA ini," tuturnya.

Sedangkan perwakilan Humas EMCL, Beta Wicaksono menyampaikan, program PERMATA ini merupakan Program pendukung operasi ExxonMobil yang telah mendapat persetujuan SKK Migas dilakukan di Desa Leran dan Sukoharjo. "Kedua desa tersebut berada di dekat area Pengembangan Lapangan Kedung Keris," pungkasnya. [zid/mu]

Tag : emcl, program kemasyarakatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat