17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |   07:00 . Tak Puas di Ranjang Berujung Selingkuh Penyebab ASN di Bojonegoro Cerai   |   21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Bawa 27 Pemain di Liga 3 Nasional 2024   |  
Thu, 02 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Buka Pasar Seni Lukis, Gus Ipul Ajak Para Seniman Kenang Leo Kristi

blokbojonegoro.com | Friday, 13 October 2017 19:00

Buka Pasar Seni Lukis, Gus Ipul Ajak Para Seniman Kenang Leo Kristi

Reporter: Nidhomatum MR

bloBojonegoro.com - Untuk mengenang seniman sekaligus musisi, Leo Kristi, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengajak ratusan pelukis mengheningkan cipta. Hal ini dilakukan Gus Ipul di sela-sela membuka Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2017 di Jatim Expo International, Jumat (14/10/2017).

"Mari sejenak kita mengheningkan cipta dan berdoa sesuai agama dan keyakinan untuk Leo Kristi," ajak Gus Ipul seraya menundukkan kepala.

Leo Kristi adalah salah satu seniman besar yang turut andil dalam membangun PSLI yang kini sudah memasuki era ke 10 tahun.

Bahkan di PSLI 2017 kali ini, Leo Kristi sebenarnya telah berjanji untuk ikut tampil dengan membawakan karya-karyanya. Leo Imam Sukarno atau lebih dikenal dengan nama Leo Kristi adalah musisi pengelana yang amat menikmati karier musiknya di jalanan.

Terkait PSLI sendiri, Gus Ipul berharap event ini terus berjalan dan berkembang. PSLI kini menjadi satu-satunya event pasar lukisan di Indonesia. "Dulu di Jakarta ada tapi sudah mati kini tinggal di Jawa Timur ini satu-satunya," kata Gus Ipul.

Pemerintah Jawa Timur selama ini juga memberikan perhatian yang cukup serius bagi perkembangan berkesenian khususnya seni lukis. Bahkan agenda PSLI 2017 dimasukkan khusus dalam rangkaian HUT Pemprov Jatim ke 72.

Sementara itu M Anis, Ketua Sanggar Merah Putih sekaligus Ketua panitia PSLI mengatakan, Leo Kristi selalu mengikuti perkembangan PSLI. "Karenanya di PSLI tahun ini, kami akan mengenang 147 tanpa Leo Kristi," ujarnya.

Mereka akan mengisi 150 booth yang disediakan oleh Sanggar Merah Putih selaku penyelenggara. Para pelukis ini berasal dari berbagai kota di Indonesia, seperti Bengkulu, Lampung, Banten, dan Jakarta. Selain itu seniman dari kota-kota besar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Lombok, Kalimantan Selatan.

Anis mengatakan, PSLI tahun ini merupakan yang ke 10 kali. Untuk tahun ini, PSLI diikuti oleh 193 pelukis dari beragam daerah.

Beberapa pelukis lokal dari Jawa Timur juga turut memeriahkan PSLI yang berlangsung selama 10 hari mulai 13-22 Oktober 2017 ini. "Kali ini hadir lukisan abstrak dan kontemporer. Ini menunjukkan PSLI mulai dilirik juga oleh pelukis yang selama ini terjebak oleh dikotomi lukisan idealis dan lukisan pasar,” kata Anis.

Mengenai target penjualan, Anis yang mantan Jurnalis di Surabaya Post ini memasang angka transaksi Rp3 miliar.

“Tahun lalu nilai transaksinya mencapai Rp 1,7 miliar. Itu dari 358 kaya lukis yang terjual selama 10 hari PSLI 2016,” ungkap Anis.

Menurut dia, target Rp3 miliar dianggap wajar. Bukan hanya lantaran kondisi ekonomi yang sudah membaik, melainkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni pun kian meningkat.

“Selain itu, kualitas dari lukisan juga meningkat, sehingga lebih banyak diminati orang,” paparnya.

PSLI ke 10 yang dibuka langsung oleh Gus Ipul ini juga bagian dari perayaan HUT Provinsi Jatim yang KE 72 Tahun.

Selain pameran karya lukis, selama 10 hari itu juga diadakan beraneka kegiatan. Antara lain, Mengenang Pemusik Leo Kristi (Sabtu, 14/10), Lomba melukis untuk anak, Minggu (15/10/2017), Festival Musik dan Dance tingkat SMA/SMK se Surabaya (17-19/10), dan Pembacaan Puisi, Jumat (20/10/2017). [lis]

Foto: istemewa

Tag : gus ipul, pasar seni



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat