19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |   16:00 . Tanggul Ambles, Warga Sekitar Ketar - Ketir   |   15:00 . Tanggul di Kanor Ambles, Tanah Masih Gerak   |   14:00 . Komitmen Upaya Kurangi Emisi, Program Penanaman Pohon oleh PEPC Mencapai 25.000   |   13:00 . Tanggul Sungai Bengawan Solo di Kanor Ambles   |   12:00 . Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi   |   08:00 . Jembatan Kali Kening Penghubung Tuban-Bojonegoro Longsor   |   07:00 . 3 Tipe Orangtua Dalam Mendidik Anak, Kamu Yang Mana?   |   18:00 . BPBD Bojonegoro Terjunkan Personel dan Berikan Sumbangan pada Korban Erupsi Semeru   |   17:00 . Hasil Banding, Persibo Tetap Dihukum Kalah Komdis Asprov PSSI Jatim   |   15:00 . Hasil Keputusan Komdis Hari Ini, Bupati Mohon Doa Warga Bojonegoro   |   14:00 . Berkas Permohonan Banding Persibo Diterima, Akan Disidangkan   |   12:00 . Berlangsung dengan Khidmad, Wisuda Unugiri Diikuti 471 Mahasiswa   |  
Mon, 06 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Waspadai Narkoba Masuk Desa

Dewan Minta Pemkab Segera Lakukan Pencegahan

blokbojonegoro.com | Thursday, 26 April 2018 12:00

Dewan Minta Pemkab Segera Lakukan Pencegahan

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Pasca diamankannya pengguna narkoba jenis sabu, MCA (25), pemuda Desa Sidomukti, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro oleh Polres Bojonegoro, hal ini menunjukkan peredaran narkoba mulai masuk ke desa-desa, sehingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro segera melakukan pencegahan.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sally Atyasasmi menuturkan, masuknya peredaran Narkoba sampai ke desa-desa ini seiring dengan perkembangan jalur perdagangan dan industrialisasi yang ada di Bojonegoro. Pasalnya dulu sebagian besar masyarakat bekerja di sektor pertanian, perputaran ekonomi pada lingkup sempit, sekarang ada area industri dan perdagangan lintas daerah semakin luas.

"Sehingga pemuda desa mengenal dan mencoba mengkonsumsi narkoba. Tidak hanya pada level pekerja bahkan kita juga menemukan kasus peredaran narkoba yang dikonsumsi pelajar," jelasnya kepada blokBojonegoro.com, Kamis (26/4/2018).

"Yang menjadi kekhawatiran kami adalah perkembangan peredaran ini tidak direspon cepat oleh daerah," terang politisi Gerindra itu.

Perempuan asal Desa Pekuwon Kecamatan Sumberejo itu menyoroti anggaran yang dimiliki untuk pencegahan yang dinilai masih minim hanya ada di Dinas Kesehatan dan Sosial dengan nilai amat kecil sehingga jangakuan programnya juga sempit.

"Padahal sosialisasi dan kampanye pencegahan adalah langkah awal yang harus dilakukan secara masif melalui institusi pendidikan, untuk menanggulangi kasus pada level anak-anak usia sekolah. Kemudian sosialisasi pada orang dewasa melalui institusi pekerjaan dan pemerintah desa," imbuhnya.

Sementara itu terkait Badan Narkotika Kabupaten (BNK) di Bojonegoro belum maksimal juga kinerjanya, karena juga belum didukung oleh sumber daya manusia terlatih dan dukungan pendanaan yang minim. "Bahkan beberapa waktu yang lalu komisi C rapat koordinasi dengan BNN Pusat, mereka membuka peluang daerah yang ingin mendirikan BNNK (lembaga vertikalisasi BNN) dengan pengajuan dari Kepala Daerah," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : bnn, narkoba, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more