20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Sun, 21 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Idul Fitri 1439 Hijriah

Hari Raya, Penjual Bunga Boreh Untung Berlipat

blokbojonegoro.com | Friday, 15 June 2018 15:00

Hari Raya, Penjual Bunga Boreh Untung Berlipat

Kontributor: Joel Joko, Deden Setyo

blokBojonegoro.com - Bulan ramadan yang penuh berkah telah usai, begitupun masyarakat jawa dengan tradisi 'nyekar' atau mengunjungi makam para leluhur adalah hal yang wajib dilakukan saat akhir ramadan atau juga setelah menjalankan salat idul fitri.

Dilansir blokBojonegoro.com, Jumat (15/6/2018), terlihat di sepanjang jalan AKBPM. Suroko dan selatan pasar kota dipenuhi penjual bunga boreh atau bunga yang biasa ditabur di atas pemakaman.

Ditemui di lokasi, Mbah Murni, salah satu penjual bunga menuturkan, mulai dari malem 7 (bahasa jawa dari hari ke 25 di bulan ramadan) pembeli sudah banyak yang mengantre, bahkan memesan jauh-jauh hari.

"Sejak akhir ramadan sudah banyak masyarakat yang mencari bunga boreh untuk ziarah ke makam sanak saudara," jelas Mbah Murni.

Banyaknya masyarakat yang berziarah tentu menjadi berkah tersendiri bagi para penjual bunga boreh, yang kebanyakan ibu-ibu tua.

Hal senada dilontarkan Mbak Yem, begitu pembeli memanggilnya, yang mengatakan bahwa ramainya pembeli hanya di awal dan akhir ramadan saja. Saat hari biasa paling banyak bunga boreh terjual 20 bungkus.

"Kalau akhir ramadan dan lebaran seperti ini meningkat drastis. Kalau hari biasa mendapat keuntungan sekitar Rp50 ribu, kalau sekarang mencapai Rp500 ribu, alhmadulillah," tutup Mbak Yem senang.

Selain itu, para pedagang yang berada di Jalan Imam Bonjol mulai malam songo hingga pagi tadi juga diserbu pembeli.

Suyati, salah seorang penjual bunga asal Desa Ngablak menuturkan, mulai kemarin banyak warga yang melakukan ziarah kubur di TPU dan hal ini tentu menjadi ladang rezeki bagi mereka yang memiliki usaha berjualan bunga. "Alhamdulillah, untungnya lumayan bila dibandingkan hari biasa,” tutur Suyati.

Sebelumnya untuk per kantong kembang yang dijual seharga Rp3.000 per bungkus, saat ini dibanderol Rp5.000 dikarenakan kembang yang dijualnya cukup langka. “Kembangnya cukup langka, jadi harganya kami naikkan,” tambahnya.

Sementara itu, Aminah salah seorang peziarah mengaku cukup terbantu dengan keberadaan penjual bunga di sekitar makam. Selain memudahkan ia dan keluarganya mendapatkan bunga untuk ziarah kubur, harga yang dijual pun tidak terlalu mahal.

“Kalau boleh dibilang cukup terbantu karena tidak susah mencari bunga untuk ziarah kubur dan harganya pun cukup terjangkau,” ucapnya dengan tersenyum. [oel/dens/mu]

borehh

Tag : bunga boreh, bunga makam, ziarah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat