11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tinggal di Lingkungan Penuh Ruang Hijau Hambat Degradasi Kognitif

blokbojonegoro.com | Saturday, 14 July 2018 07:00

Tinggal di Lingkungan Penuh Ruang Hijau Hambat Degradasi Kognitif

Reporter: -
 
blokBojonegoro.com - Berdasarkan riset, tinggal di lingkungan yang memiliki banyak ruang hijau dapat memperlambat penurunan kognitif pada orang tua.
 
Dilansir laman Newsweek, sebuah riset dilakukan para peneliti dari Spanyol. Periset meneliti 6.500 orang di Inggris yang berusia 45-68 tahun.
 
Peserta riset merupakan orang-orang yang bekerja sebagai pegawai negeri.
Untuk mendapatkan hasil yang optimal, riset dilakukan selama 10 tahun dengan dua periode penelitian, yaiitu dari tahun 1997-1999 dan 2007-2009.
 
Dalam riset tersebut, peserta diminta untuk menyelesaikan tes kognitif pada tiga kesempatan.
 
Hal ini dilakukan untuk mengukur faktor memori jangka pendek, kemampuan verbal, dan keterampilan matematika peserta.
 
Penelitian ini juga memakai citra satelit untuk menghitung berapa banyak ruang hijau yang ada di setiap lingkungan masing-masing individu.
 
Carmen de Keijzer, selaku pemimpin riset, mengatakan peserta yang tinggal di lingkungan yang memiliki lebih banyak tumbuhan mengalami penurunan kognitif yang sedikit lebih lambat.
 
Sayangnya, hal ini kurang mendapatkan perhatian. Riset memang ini tidak menyelidiki apakah mengunjungi ruang hijau memiliki kaitan dengan fungsi kognitif.
 
Tapi, adanya ruang terbuka hijau memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.
 
"Secara umum, ruang hijau bermanfaat bagi kesehatan," papar Keijzer.
 
Oleh karena itu, ia menyarankan kita untuk rajin mengunjungi ruang hijau demi kesehatan.
 
Berdasarkan Prediksi organisasi kesehatan dunia WHO, kasus demensia di dunia akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2015-2050.
 
Untuk mengatasinya, diperlukan pemahaman tentang penyebab penurunan fungsi kognitif.
 
"Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembuat kebijakan dan perencana kota,” papar Dr. Payam Dadvand, salah satu periset yang turut serta dalam penelitian ini.
 
"Bukti menunjukkan terpapar faktor lingkungan perkotaan seperti polusi udara dan kebisingan, serta gaya hidup pasif dan penuh tekanan dapat berkontribusi pada penurunan kognitif," kata Keijzer.
 
Sayangnya, riset ini terbatas pada orang-orang ang berprofesi sebagai pegawai negeri, dengan hanya 30 persen dari peserta adalah perempuan dan lebih dari 90 persen dari peserta berkulit putih.
 
Dadvand menyarankan agar ada riset lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan ini.
 
Penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk memastikan secara definitif ruang hijau menyebabkan perlambatan penurunan kognitif.
 
*Sumber: kompas.com

Tag : Pendidikan, kesehatan, asmara



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat