16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Krisis Air, Harga Tembakau di Sugihwaras Terancam Anjlok

blokbojonegoro.com | Saturday, 08 September 2018 14:00

Krisis Air, Harga Tembakau di Sugihwaras Terancam Anjlok

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Para petani tembakau di Desa Glagahan Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro, pada musim panen tahun ini terancam merugi. Sebab, hal tersebut terjadi karena sulitnya mendapatkan air di wilayah setempat yang sangat berdampak buruk pada kelangsungan hidup tanaman mereka.

Meski tembakau tidak banyak membutuhkan asupan air, tapi saat masa pertumbuhan bahan utama rokok tersebut tetap harus rutin disiram dengan air secukupnya, agar tumbuh kembang daun bisa maksimal.

Salah satu petani di Desa Glagahan, Woto (47) mengatakan, para petani di desanya hanya memafaatkan satu-satunya sumur yang berada di pinggir hutan yang letaknya lumayan jauh dari sawah mereka. Namun saat ini sumur tersebut hampir mengering dan ditakutkan bakal habis airnya.

"Para petani harus mengambil air dari sumur tersebut dengan jerigen untuk siramkan di ladang tembakau dengan jarak yang lumayan jauh," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, jika hal ini terjadi terus menerus maka bisa dipastikan hasil panen petani akan anjlok. Sebab tanaman tembakau mereka terancam kerdil dan membuat kualitas tembakau buruk.

“Kalau daun tidak bisa lebar ya harganya tidak baik, sekarang saja daun tembakau yang kering harganya cuma Rp1.300 perkilogramnya. Sedangkan untuk yang rajangan hanya berkisar Rp17 ribu sampai Rp22 ribu perkilogram," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Para petani berharap, ada bantuan dari Pemerintah untuk membuatkan sejumlah titik sumur bor di wilayah tersebut. Sebab, tanaman tembakau merupakan satu-satunya harapan warga dan petani di wilayah setempat saat musim kemarau.

Kecamatan Sugihwaras sendiri merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bojonegoro yang berada di daerah dataran tinggi. Sehingga saat musim kemarau, sumber air menjadi berkurang dan warga kerap mengalami kekeringan. Terlebih kondisi area persawahan yang sangat jauh dan nyaris tak terjangkau oleh saluran irigasi.

Sementara itu warga lain, Andre Purwanto menambahkan, di Desa Glagahan sebelumnya memang pernah terjadi kekeringan yang lumayan panjang. Sehingga, banyak masyarakat yang beralih dari pompa air biasa ke PDAM untuk antisipasi kesulitan air.

"Kalau kekeringan sekarang belum terlalu parah seperti tahun-tahun sebelumnya dan juga beberapa waktu yang lalu daerah sini juga diguyur hujan dengan intensitas yang lumayan deras," tutupnya. [din/mu]

Tag : tembakau, air, kekeringan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat