14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Percepatan Program Perhutanan Sosial, IDFoS Gelar Seminar

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 January 2019 12:00

Percepatan Program Perhutanan Sosial, IDFoS Gelar Seminar

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com -  Dalam upaya mendukung program Nawa Cita presiden Joko Widodo, khusunya program perhutanan sosial, Institue Development of Society (IDFoS) menyelenggarakan seminar percepatan program perhutanan sosial di Bojonegoro, Kamis (30/1/2019).

Dalam acara yang difasilitasi oleh Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Hidup Wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara itu, ada 4 naraumber, di antaranya dari Staf Ahli Kepresidenan RI, Agung Hardjo, Perwakilan Dirjen PSKL KLHK, Alandres Sitanggang, Focal Point Program Perhutanan Sosial (PPS), Dedi Setiawan, dan Perhutani KPH Parengan, Badarudin, serta dimoderatori oleh Taufik.

Agung menjelaskan, saat ini target dari perhutanan sosial ada 12 juta hektar yang diberikan sesuai regulasi. Akan tetapi, baru terealiasaikan sekitar 2,5 juta.

"Upaya untuk mempercepat bisa dilakukan dengan regulasi yang disiapkan dan tentunya support dari berbagai pihak," jelas Agung.

Focal Point Pokja PPS, Dedi Setiawan memaparkan, perhutanan sosial mempunyai potensi untuk meningkatkan kesejehateraan masyarakat sekitar hutan, sekaligus menjaga kelestarian hutan.

"Dalam pelaksannya di lapangan, masih banyak yang salah paham. Sertifikat yang diberikan bukan hak milik. Akan tetapi untuk mengelola," tegas Dedi.

Selain pemaparan dari narasumber, seminar yang dihadiri kepala desa, serta kelompok masyarakat di wilayah hutan itu, serta organiasi masyarakat sipil itu berlangsung komunikatif dan interaktif. Pada saat sesi tanya jawab, para peserta antusias untuk menyampaikan pertanyaan maupun pernyataan terkait kondisi saat ini, maupun keingintahuan lebih lanjut terkait program perhutanan sosial.

Terpisah,Direktur IDFoS, Joko Hadi Purnomo mengatakan, seminar ini, merupakan lanjutan dari diskusi yang sebelumnya sudah 2 kali dilakukan.

"Setelah seminar ini, nanti juga akan dilanjutkan dengan diskusi-diskusi lagi. Karena kaitannya dengan perhutanan sosial tidak bakal habis dalam sekali pembahasan," ungkapnya. [ito/mu]

Tag : perhutanan, sosial, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat