17:00 . Makam Diduga untuk Ritual Pesugihan Dibongkar, Isinya Mengejutkan   |   16:00 . 295 WBP Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, 6 Napi Langsung Bebas   |   15:00 . DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis   |   13:00 . 49 SMA di Bojonegoro Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka   |   09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |   15:00 . Harga Antam Turun Tajam, Berikut Daftar Harganya   |   14:00 . Realisasi PAD Bojonegoro Capai Rp47,8 M, PPJ Sumbang Angka Tertinggi   |   13:00 . Persibo Buka Seleksi Pemain, Eks Liga 2021 Apakah Masih Digunakan?   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

HUT YPPRT Ke-44 Balen

Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat

blokbojonegoro.com | Tuesday, 14 January 2020 16:00

Peduli Lingkungan, Tanam Pohon Bersama Masyarakat

Pengirim: Humas YPPRT Balen

blokBojonegoro.com - Dalam rangka memperingati hari kelahiranya yang ke-44 tahun Yayasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin (YPPRT) Balen mengadakan gerakan tanam pohon serentak di 3 desa, yakni Desa Pilanggede, Sobontoro, dan Balenrejo, semua berada di Kecamatan Balen, Selasa (14/1/2020).

Panitia tanam pohon, Iskak Riyanto mengatakan bahwa pohon yang ditanam berjumlah 750 batang dari bantuan Perhutani dan Dinas Lingkungan Hidup. Kegiatan ini diikuti oleh Babinsa Koramil Balen, Bhabinkamtibmas Polsek Balen, segenap dewan guru, karyawan, dan siswa-siswi yayasan yang menaungi lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah Islamiyah, Madrasah Aliyah Islamiyah dan Sekolah Menengah Kejuruan Taruna.

"Tujuan tanam pohon ini adalah untuk melatih siswa agar mencintai dan melestarikan alam. Juga untuk menabung pohon sebagai pensuplai oksigen untuk saat ini dan bagi anak cucu di masa mendatang," ujar Iskak, Selasa (14/1/2020).

Iskak menambahkan bahwa pohon besar bisa menghasilkan 4.580 kg oksigen setiap tahun, setiap manusia membutuhkan 2,9 kg oksigen setiap hari, sehingga setahun membutuhkan 1.058,5 kg oksigen.

"Selain semua itu tanam pohon ini juga sebagai bentuk peran serta  yayasan mensukseskan program pemerintah menanam satu miliar pohon," kata Iskak lagi.

Menurut ketua yayasan, Habrun Hasan, program tanam pohon ini merupakan kegiatan rutin yayasan setahun sekali sejak tahun 2009. Selama sebelas tahun terakhir ini yayasan bersama dewan guru dan siswa-siswi sudah menanam puluhan ribu pohon yang menyebar di desa-desa se-Kecamatan Balen.

"Setiap tahun desa yang ditanami bergantian. Ini bertujuan untuk ikut berperan serta dalam
melestarikan lingkungan alam dan mengurangi dampak pemanasan global," kata Habrun, panggilanya.

Masih menurut Habrun, agama kita menganjurkan untuk memakmurkan bumi dan memanfaatkan lahan kosong supaya produktif dengan cara ditanami dan merawatnya.

"Dengan menanam pohon juga bisa mencegah bencana banjir, memberi tempat tinggal hewan, misalnya  burung. Buahnya dimakan orang atau binatang, itu sebagai sedekah bagi yang menanamnya," tambah pria yang juga pegawai Kemenag Bojonegoro itu. [lis]

Tag : Ypprt, tanam, pohon



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat