21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |   11:00 . Pengguna Jalan Dihimbau Pilih Jalur Alternatif   |   10:00 . Jalan Nasional Bojonegoro-Babat Terendam Banjir, Macet Mengular   |   09:00 . Kolaborasi Stakeholder, Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemenkes   |   21:00 . Malam Ini Debit Air Waduk Pacal dan Bengawan Solo Meningkat   |   20:00 . Inisiasi Pengembangan Vinglish Melalui Riset   |   19:00 . Live : Bojonegoro Fashion Street and Veggie   |   18:00 . Pahlawan Perjuangan di Bojonegoro, Abadi Dalam Nama Jalan dan Fasum   |   17:00 . Aneka Olahan Jambu dan Mawar Desa Kalangan Juga Dipamerkan di Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie   |  
Sun, 27 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pilkades Hadiah Umroh Hingga Mobil, DMPD Sebut Pembodohan Rakyat

blokbojonegoro.com | Saturday, 15 February 2020 12:00

Pilkades Hadiah Umroh Hingga Mobil, DMPD Sebut Pembodohan Rakyat

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Banyak cara dilakukan para calon kepala desa (cakades) untuk meraih simpati warganya agar menang dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III di Kabupaten Bojonegoro yang akan berlangsung pada Rabu (19/2/2020) depan.

Seperti di Desa/Kecamatan Padangan, ada 5 cakades yang bertarung dalam Pilkades. Yaitu Cakades dengan nomor urut 1. Zainal Arifin, Cakades nomor urut 2. Yusuf Efendi, nomor urut 3. Zainal Abidin, nomor urut 4. M. Syaiful Azwar dan Cakades nomor urut 5 Kristianawati.

Namun yang bikin menarik ada salah satu calon cakades menyiapkan door prize atau hadiah bagi warganya. Tak tanggung-tanggung, cakades nomor urut 3 menyiapkan hadiah mulai dari 100 sembako, 100 barang elektronik, 10 sepeda motor, 10 umroh hingga hadiah 1 unit mobil.

Selain Desa Padangan, ada juga salah satu calon Kepala Desa dari Sraturejo Kecamatan Baureno dengan urut nomor 1 yang juga menawarkan hal yang sama.

Cakades dengan nama Hj. Kusrini tersebut menawarkan 2 paket umroh, 2 motor, 2 tv led 42in, 5 tv led 22in, 1 tv tabung 14in, 3 handphone, 3 mesin cuci, 5 magic com, 5 blender, 5 dispenser, 5 kipas angin, 5 setrika dan masih banyak hadiah hiburan lainya dengan total hadiah Rp150 juta.

Menanggapi hal itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro menganggap hal tersebut secara tidak langsung adalah sebuah pembodohan kepada masyarakat. Sebab, menjanjian sesuatu kepada masyarakat yang bersifat bukan progam adalah bentuk pelanggaran undang-undang.

"Memberikan amplop saja tidak boleh, walaupun itu diembel-embeli dengan shodaqoh ataupun syukuran dan masyrakat memilih bukan karena orangnya, tetapi karena hadiahnya," ungkap Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Bojonegoro, Iramada Zulaikah.

Ia mengatakan, seharusnya pihak panitia desa menegur keras bagi calon yang menjanjikan sebuah hadiah seperti ini. Sebab, wewenang sepenuhnya berada di panitia desa sebagai pelaksana.

DPMD meminta panitia Pilkades harus bertindak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Yaitu tetap berpegangan sesuai peraturan daerah (perda) dan peraturan bupati (perbup) tentang pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Bojonegoro.

"Di dalam aturan sudah dijelaskan secara rinci tentang larangan bagi setiap calon. Sesuai Perda nomor 13 tahun 2015, tepatnya ayat 1 huruf J diterangkan terkait larangan kampanye menjanjikan ataupun memberikan sesuatu dalam bentuk uang," imbuhnya.

DPMD juga berpesan baik kepada panitia, Calon Kepala Desa maupun masyarakat agar secara cerdas menyikapi adanya Pilkades ini agar tidak menimbulkan sebuah gesekan. [din/mu]

Tag : pilkades, pilkades serentak, pilkades berhadiah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat