21:00 . Khidmat Kiai, Pagar Nusa Bojonegoro Doa Bersama Jelang 1 Abad NU   |   18:00 . Dinilai Terlalu Lama Kotor, Erick Thohir Ingin Bersihkan Sepakbola Indonesia   |   17:00 . Terpeleset saat Mandi di Sungai, Anak asal Soko Tenggelam di Kapas   |   16:00 . Besok, 16 Kecamatan di Bojonegoro Diprakirakan Akan Hujan Petir di Sore Hari   |   12:00 . CPNS 2023 Kapan Dimulai? Ini Prediksi dan Bocoran Jabatan yang Dibutuhkan   |   11:00 . Awal Tahun, 8 Kecamatan di Bojonegoro Terdampak Puting Beliung   |   10:00 . Baznas Buka Pendaftaran Seleksi Calon Pimpinan   |   09:00 . Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan 23 Maret 2023   |   08:00 . Bupati Anna Minta BPD Sukseskan Program RPL Pascasarjana   |   07:00 . Tanya Dokter Seperti Apa Ciri Anak Stunting?   |   06:00 . Namanya Dicatut untuk Penipuan, AMSI Desak Polisi Tindak Tegas Pelaku   |   19:00 . Erick Thohir: Indonesia Harus Punya Blue Print 100 Tahun Sepak Bola   |   18:00 . Viral! Tukang Becak di Bojonegoro Ambil Bollard di Trotoar   |   17:00 . Dua Pelajar di Bojonegoro Dikabarkan Diculik, Benarkah?   |   16:00 . Unugiri Bojonegoro Gelar Istighotsah Menyongsong Puncak Satu Abad NU   |  
Thu, 02 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berkah Kurban Buat Pengepul Kulit Hewan

blokbojonegoro.com | Sunday, 02 August 2020 15:00

Berkah Kurban Buat Pengepul Kulit Hewan

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Hari Raya Idul Adha menjadi berkah tersendiri bagi pengepul kulit hewan kurban. Salah satunya Sukarno, warga Desa Sengon, Kecamatan Ngambon, Bojonegoro.

Di Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah ini, pria yang akrab di sapa Beno Molang Wedus (BMW) menceritakan, kiriman kulit hewan kurban baik sapi maupun kambing mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Hal itu terjadi seiring dengan banyaknya kiriman dari para pengecer dari berbagai wilayah di selatan Bojonegoro ini.

"Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah kulit hewan kurban yang ditampung meningkat sekitar 40 persen, " kata pria ramah dan murah senyum itu.

Sukarno menjelaskan, kulit tersebut nantinya akan di kirim ke Kaji Mat pengepul kulit terbesar di sektor Bojonegoro Barat, tepatnya di Padangan. Kulit-kulit itu selanjutnya akan diproses kembali sebagai bahan baku kerajinan.

Haji Rohmat pengepul kulit asal Dusun Alastuwo, Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan Bojonegoro mengatakan, dia mengumpulkan kulit kambing, kulit domba, dan kulit sapi hingga ribuan lembar. Usaha pengepulan kulit hewan kurban ini sudah berlangsung lama.

Dia menyimpan kulit kambing, kulit domba, dan kulit sapi itu dalam sebuah gudang yang besar. Kulit kambing dan kulit sapi yang terlihat masih basah dan banyak bercak darahnya terlihat menumpuk di gudang di belakang rumahnya itu. Bau apek dan anyir darah juga mencocok hidung.

Sementara itu, beberapa orang tampak sibuk membersihkan kulit kambing itu dengan air. Kulit kambing yang telah bersih lalu diberi garam agar tidak tercium bau apek. Beberapa orang lainnya tampak sibuk menata dan menumpuk kulit kambing dan sapi yang telah bersih.

"Iya beginilah, kulit hewan kurban ini berasal dari musala dan masjid yang ada di sekitar Padangan, Cepu, Purwosari dan Ngambon," ujarnya.

Setelah kulit kambing dan kulit sapi itu terkumpul dalam jumlah banyak, Haji Rohmat lalu menjualnya ke pabrikan di Semarang. "Kulit kambing dan kulit sapi itu ya dijual mentahan seperti itu," ujarnya.

Haji Rohmat meraup keuntungan lumayan dari penjualan kulit hewan kurban itu, namun ia enggan menyebutkan keuntungan yang diperolehnya. "Iya Alhamdulillah, lumayan untungnya," ungkapnya.[her/ito]

 

Tag : Pengepul, kulit, kurban, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more