23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |   16:00 . Tanggul Ambles, Warga Sekitar Ketar - Ketir   |   15:00 . Tanggul di Kanor Ambles, Tanah Masih Gerak   |   14:00 . Komitmen Upaya Kurangi Emisi, Program Penanaman Pohon oleh PEPC Mencapai 25.000   |   13:00 . Tanggul Sungai Bengawan Solo di Kanor Ambles   |   12:00 . Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi   |   08:00 . Jembatan Kali Kening Penghubung Tuban-Bojonegoro Longsor   |   07:00 . 3 Tipe Orangtua Dalam Mendidik Anak, Kamu Yang Mana?   |   18:00 . BPBD Bojonegoro Terjunkan Personel dan Berikan Sumbangan pada Korban Erupsi Semeru   |   17:00 . Hasil Banding, Persibo Tetap Dihukum Kalah Komdis Asprov PSSI Jatim   |   15:00 . Hasil Keputusan Komdis Hari Ini, Bupati Mohon Doa Warga Bojonegoro   |   14:00 . Berkas Permohonan Banding Persibo Diterima, Akan Disidangkan   |  
Tue, 07 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kreatif, Donor saat Pandemi Anggota Komunitas di Lamongan Wajib Bawa Paving

blokbojonegoro.com | Tuesday, 03 November 2020 23:00

Kreatif, Donor saat Pandemi Anggota Komunitas di Lamongan Wajib Bawa Paving

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Tiga komunitas di Lamongan memiliki cara unik untuk melakukan aksi sosial. Dalam rangka memenuhi kebutuhan darah saat pandemi COVID-19, kolaborasi lintas komunitas ini menggelar donor darah, sebagai syarat bisa jadi pendonor, setiap orang diwajibkan membawa dua paving.
 
Koordinator acara Hadinata Soetianto mengatakan, paving ini akan digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas penunjang seperti lapangan voli sepakbola dan area publik di Desa Lawak, Kecamatan Ngimbang Lamongan.
 
“Karta di sana punya impian besar menjadikan lapangan itu sebagai tempat olahraga dan kegiatan kreatif lainnya. Seperti warung kreasi untuk bermain musik dan membuat konten podcast di youtube atau instagram,” kata Hadinata.

Untuk mewujukan ide tersebut, karta ini kemudian membuat program kreatif dengan cara dalam setiap kegiatan setiap anggota harus membawa paving.  Termasuk saat acara donor darah yang sudah berjalan sejak lima hari terakhir ini.

“Komunitas yang ikut membawa paving ini dari Karta Lawak Bersatu, Desa Lawak, kemudian Karta Tunas Bangsa, Desa Durikedungjero, Ngimbang. Ikut gabung juga klub motor LNino (Lamongan Ninja Owners),” imbuh pria yang akrab disapa Hadi ini.

Acara donor darah ini adalah lanjutan dari aksi serupa yang digelar serentak di tiga kabupaten kota, yakni Tuban, Babat dan Bojonegoro mulai 20-28 Oktober 2020. Ada ratusan kantong darah yang berhasil dikumpulkan belasan komunitas ini.

Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.  

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. [mu]

Tag : donor darah, komunitas, kreatif, pandemi, kebutuhan darah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more