11:00 . HUT ke-38, SMP Negeri Kapas Tonjolkan Rakitan Sepeda Energi Listrik   |   07:00 . Jangan Cukur Bulu Kemaluan Saat Vagina Sedang Dalam Kondisi Begini   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Melaju ke Babak 16 Besar   |   17:00 . Program Rantang Kasih Moe Tingkatkan Gizi Lansia   |   16:00 . Awal Bulan Harga Emas 24 Karat Antam Terjun   |   15:00 . Full Time, Persibo Taklukkan 1-0 Mitra Surabaya   |   14:30 . Half Time, Persibo Unggul 1-0 dari Mitra Surabaya   |   14:00 . Transparansi Pemdes Tlogorejo Raih Tiga Kategori KIP Se - Jawa Timur   |   13:45 . Menit 31 Persibo Berhasil Mencetak Gol Pertama ke Gawang Mitra Surabaya   |   13:00 . Persibo Tiba di Gresik, Kondisi Siap Tempur   |   12:00 . Harga Cabai di Pasar Bojonegoro Meroket Jelang Natal dan Tahun Baru   |   11:00 . Pemkab Bojonegoro Terima Penghargaan Kategori Tertinggi Komisi Informasi Jatim   |   10:00 . Program Aladin Bangun 7.041 Rumah Tak Layak Huni   |   08:00 . Musnahkan Barang Bukti dan Lelang   |   07:00 . Ketahui 5 Tanda ASI Kekurangan Nutrisi, Bisa Berdampak pada Kesehatan Bayi   |  
Fri, 03 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Iles-Iles Tumbuhan Liar yang Diperjualbelikan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 04 November 2020 09:00

Iles-Iles Tumbuhan Liar yang Diperjualbelikan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Iles-Iles adalah tumbuhan liar yang tumbuh di hutan, pegunungan, perbukitan, perkebunan,tepian sungai dan jurang jurang. Iles-iles ini sejenis dengan tumbuhan keladi/talas, suweg, walur dan porang, namun memiliki karakter pohon dan umbi yang berbeda.

Tumbuhan ini hanya memiliki batang tunggal, berwarna hijau tua kehitaman dengan bercak putih dan berbatang halus. Tumbuhan iles ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerahya.

Umbi dari tumbuhan Iles-Iles ini berwarna kulit coklat tanah, berdaging putih, tidak berserat. Tapi harus berhati hati dengan daging umbi Iles ini, sangat gatal terasa terbakar apabila terlalu sering menyentuhnya tanpa sarung tangan.

Untuk menjadikan umbi Iles-Iles ini bernilai uang, maka kita cukup dengan mengambil/mencabutnya lalu dijual ke pengepulnya. Sementara, jika ingin mendapatkan harga jual lebih tinggi maka kita harus melakukan sedikit proses pengeringan. Cara mengeringkan umbi ini cukup diiris dengan ketebalan min 10 mm lalu dijemur di bawah sinar matahari seperti yang di lakukan Yulis Setio Rini.

Wanita asal Dusun Pradok Desa/Kecamatan Bubulan itu mengatakan, dia mengeringkan Iles-Iles yang akan dikirim lagi ke Desa Klino Kecamatan Sekar untuk diolah menjadi tepung.

"Untuk selanjutnya dibuat apa saya kurang tahu, mungkin dibuat kosmetik atau bahan makanan seperti umbi porang," katanya.

Menurutnya, Iles-Iles berbeda dengan porang meskipun sama-sama umbi-umbian tetapi umbi dan kandungan dari keduanya beda.

"Untuk harganya beda jauh, Iles-Iles kalau basah saya membeli dengan harga Rp900 sedangkan kalau kering Rp8000, kalau porang lebih mahal," ujarnya.

Iles-iles yang dia beli itu hasil dari hutan dan masih liar, ke depannya dia dan para petani berkeinginan menanam Iles-Iles ini. Sebab tanaman ini berpotensi untuk mengangkat perekonomian.

"Cara tanamnya tidak jauh beda dengan tanam porang, kalau porang kan dikasih pupuk sedangkan ini kan masih liar jadi alakadarnya, makanya ini ada yang besar ada yang kecil dan ini nantinya yang umbi kecil-kecil akan di buat bibit untuk kita budidayakan," imbuhnya.[her/lis]

 

 

Tag : Iles, tanaman



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more