13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disperta Gelar Sosialisasi PPM dan Pembinaan Gapoktan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 18 November 2020 21:00

Disperta Gelar Sosialisasi PPM dan Pembinaan Gapoktan

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro menggelar sosialisasi Program Petani Mandiri (PPM) dan pembinaan Gapoktan/Kelompok Tani, di Balai Desa Mulyoagung, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Rabu, (18/11/2020). Hal itu sebagai upaya meningkatkan kualitas kelompok tani serta sosialisasi terkait Program Petani Mandiri (PPM) di wilayah Kecamatan Bojonegoro.

Koordinator Penyuluh Dinas Pertanian Wilayah Kecamatan Bojonegoro, Diah Ayu N, mengatakan, pertemuan ini dilakukan untuk menyampaikan sosialisasi cara penebusan pupuk bersubsidi tahun 2020 dan Kartu Petani Mandiri (KPM) bagi para petani.

Program Petani Mandiri (PPM) merupakan salah satu wujud pemberian manfaat bagi petani, dan merupakan program nyata dari 17 program milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. Program berupa hibah atau modal yang berwujud barang kepada petani untuk memberikan kesejahteraan dan kemandirian.

"Sosialisasi ini digelar dalam upaya meningkatan pembinaan terhadap gapoktan di Kecamatan Bojonegoro, sekaligus memberikan sosialisasi terkait PPM yang wujud nyatanya berupa kartu petani mandiri," tutur Diah Ayu N.

Pihaknya juga menjelaskan, dari 24 Gapoktan di Kecamatan Bojonegoro untuk periode tahun 2020 ini telah mencairkan hibah untuk 4 kelompok tani. Serta usulan di tahun 2021 sudah masuk 2 kelompok tani, yakni Sumber Makmur 1 Desa Campurejo dan Karya Makmur 1 Kelurahan Jetak.

Dengan harapan 5 tahun ke depan program pengusulan kartu petani mandiri bagi Gapoktan Kecamatan Kota ini sudah tuntas.

"24 gapoktan di Kecamatan Bojonegoro ini, yang sudah mencairkan di tahun 2020 ada 4 gapoktan. Untuk sisanya di tahun 2021 mendatang," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Helmy Elisabeth juga menyampaikan, secara teknis prinsip program petani mandiri program Pemkab Bojonegoro yang telah direalisasikan 2019 ini memang dituntaskan secara bertahap hingga lima tahun ke depan.

"Secara teknis prinsip program PPM ini akan dituntaskan hingga lima tahun kedepan, nantinya secara bertahap," tutur Kadin Disperta Bojonegoro.

Adapun manfaat bagi pemegang KPM antara lain, berupa bantuan modal saprodi, prioritas pelatihan dan pengembangan usaha tani. Jaminan pembelian hasil pertanian yang bekerjasama dengan BUMDes dan BUMD, hingga asuransi usaha tani padi serta beasiswa anak petani bagi keluarga pemegang KPM. [liz/lis]

Tag : Gapoktan, petani, bantuan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat