18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

7 Cara Mengatasi Ketiak Gatal karena Ruam Kulit

blokbojonegoro.com | Monday, 28 December 2020 07:00

7 Cara Mengatasi Ketiak Gatal karena Ruam Kulit

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Ruam kulit yang muncul di ketiak bisa sangat membuat tidak nyaman. Apalagi, ketiak termasuk bagian tubuh yang paling sensitif.

Untuk itu, simak cara mengatasi ketiak gatal karena ruam kulit berikut ini, dilansir Hello Sehat.

1. Kompres es batu

Salah satu penyebab umum ruam pada ketiak adalah iritasi. Nah, tentu saja iritasi ini membuat Anda terus menggaruk ketiak. Selain harus menahan diri untuk menggaruk, tentunya Anda bisa meletakkan es batu pada daerah yang terkena ruam.

Es batu tentunya bisa menimbulkan sensasi dingin dan meringankan rasa gatal. Cara mengatasi ruam merah ini mudah kok, cukup membungkus es batu dengan kain dan letakkan di ketiak Anda. Diamkan selama beberapa menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

Jika es batu bisa menghentikan rasa gatal, ruam pada ketiak pun akan hilang dengan sendirinya.

2. Makan vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C tinggi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda untuk melawan infeksi penyebab ruam pada ketiak Anda. Usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur, seperti:

- Jeruk
- Brokoli
- Tomat
- Kiwi

3. Hindari pakaian ketat

Ternyata, ruam merah pada ketiak juga bisa disebabkan oleh gesekan kulit dari pakaian Anda. Entah itu baju Anda yang tidak cocok ukurannya, sehingga ketika berkeringat, ketiaknya yang basah sering bergesekan dengan pakaian.

Nah, pertama-tama ketika Anda sudah merasakan gatal dan terdapat ruam pada ketiak, usahakan untuk memakai pakaian yang longgar untuk sementara waktu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan antara ketiak yang lembab dengan pakaian Anda.

4. Jangan panas-panasan

Penyebab umum iritasi dan timbul ruam pada ketiak lainnya adalah keringat. Nah, keringat dapat dihasilkan dari aktivitas fisik yang berlebihan di tengah panasnya matahari.

Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari sinar matahari agar ketiak Anda tidak basah. Jika diperlukan, gunakan payung ketika sedang berada di luar.

5. Mandi air hangat

Ingat, bukan air panas. Upayakan untuk mengatur suhu air Anda ke arah yang lebih hangat. Mandi dengan air yang terlalu panas bisa mengiritasi kulit, sehingga lebih baik memakai air hangat untuk membuat kulit tetap lembab.

Jika ruam merah di ketiak Anda tidak kunjung sembuh setelah melakukan tips di atas, cobalah untuk menggunakan beberapa pengobatan untuk iritasi kulit.

6. Ganti deodoran

Ruam merah pada ketiak ternyata juga bisa disebabkan oleh produk deodoran, loh. Mungkin saja pada deodoran yang Anda pakai sekarang memiliki kandungan yang menimbulkan reaksi alergi.

Walaupun memakan waktu berhari-hari untuk memperlihatkan gejalanya, tentu saja jika Anda sudah merasakan gatal saat pemakaian, segera ganti deodoran Anda.

7. Losion calamine

Selain menerapkan cara-cara di atas dan mengetahui penyebab ruam merah pada ketiak, Anda bisa menggunakan losion calamine untuk mengatasi bintik merah.

Cukup menuangkan lotion ini di ketiak Anda, rasa gatal dan ruam merah pun perlahan menghilang.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat