19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |   17:00 . Bupati Bojonegoro Pastikan Persibo Daftar Liga 3 Besok   |   14:00 . Pandemi Covid-19, Dinpora Minta Atlet Tetap Berlatih   |   13:00 . Pelaku IKM dan UMKM Gelar Senam Minggu Ceria Bangkitkan Ekonomi Kecil   |   12:00 . Pagu PPDB Belum Terpenuhi, Jalur Ini Jadi Solusi   |   10:00 . Harga Cabai Rawit Mulai Merangkak Naik di Pasaran   |   09:00 . STAI Attanwir Semakin Berkembang   |   08:00 . Yanuar Amni Optimis Tangani Persibo   |   07:00 . Waspada, Nobar EURO Harus Taati Prokes   |   20:00 . Himatika Unu Sunan Giri Luncurkan Komet Sebagai Optimaliasi Prestasi   |   19:00 . Polres Analisa dan Evaluasi Penangan Covid-19 di Bojonegoro   |   18:00 . Wagub Emil Dardak Sebut AMSI Bisa Jadi Sumber Big Data Terbesar   |   17:00 . Silaturahmi, PEPC Olahraga Bersama Tetap Patuhi Prokes   |   15:00 . Bantu UMKM, Kadin Bojonegoro Gandeng Bank   |  
Mon, 14 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BUMDES Lohjinawe Sarangan Perkuat Ekonomi Desa Melalui UMKM

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 January 2021 12:00

BUMDES Lohjinawe Sarangan Perkuat Ekonomi Desa Melalui UMKM

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga usaha Desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa yang dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.

Dalam hal itu, BUMDes Lohjinawe Desa Sarangan, Kecamatan Kanor berupaya mengembangkan potensi dan ekonomi desa melalui peningkatan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam bentuk makanan dan minuman.

"Ini merupakan upaya penguatan kami terhadap lemabaga-lembaga ekonomi desa, serta pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa," jelas Irawan Khusairi, Ketua BUMdes Lohjinawe Desa Sarangan.

Dilanjutkan, melalui program ini, BUMDes Lohjinawe berupaya mengajak pelaku UMKM untuk menunjang kulitas produk dalam segi rasa, kemasan dan pemasaran. Sehingga nantinya akan memiliki daya saing yang kuat di sektor perekonomian.

Produk olahan makanan UMKM desa yang menjadi unggulan BUMDes Lohjinawe antara lain adalah nasi tumpeng hias, aneka jajanan pasar, nasi kotak, dan berbagai makanan keninian yang ditampilkan dalam kemasan modern.

"Produk makanan UMKM yang kami kelola sudah mulai bisa dipesan dalam berbagai macam acara, untuk segi kemasan dan rasa kami bisa menjamin kulitasnya. Sialahkan jika berminat bisa menguhungi nomor 085259357419," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Desa Sarangan, Ali Mabruri dalam hal ini sangat mengapresiasi BUMDes Lohjinawe dalam pengembangan UMKM di Desa Sarangan. Ia menegaskan, BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa, melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan untuk mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

Oleh karena itu, pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa, sehingga BUMDes memiliki peranan yang sangat penting dan strategi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya mengharapkan, dengan adanya manajemen dan pengelolaan yang baik, maka BUMDes Lohjinawe akan dapat berkembang serta mampu menciptakan peluang pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat," harap Ali Mabruri. [lin/ito]

Tag : bumdes, lohjinawe, sarangan, umkm

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more