21:00 . Satgas PPA Kecamatan Kanor Berbagi Kasih Periode Triwulan 7   |   20:30 . Wahid Hasyim, Menteri Agama Pertama dan Termuda   |   20:00 . Laka Tunggal, Truk Bermuatan Pakan Ayam Terguling   |   19:00 . Baru, Masyarakat Harus Waspada Varian Covid-19 Jenis Omicron   |   18:00 . Diterjang Angin, Puluhan Hektare Tanaman Padi di Bojonegoro Rusak   |   17:30 . Satu Langkah Lagi Menuju Wisuda, UNU Sunan Giri Gelar Yudisium   |   17:00 . Ekspor Cangkang Sawit Tembus Pasar Jepang, Kemendag: Cetak Transaksi USD 12 Juta   |   16:00 . Nikmatnya Lontong Sayur Ayam Kampung dekat Jembatan TBB   |   15:30 . Warga Keluhkan Air PDAM Mati dan Keruh   |   15:00 . Ikan Arengan atau Areng-Areng   |   14:00 . Akhir November, Pengiriman Barang di Kantor Pos Mendominasi   |   13:00 . Peringati Setengah Abad KORPRI, Bupati Bojonegoro Tekankan Inovasi Birokrasi   |   12:00 . Pohon Trembesi Jadi Saksi Ganasnya Bengawan Solo   |   11:00 . Jembatan KaRe Selesai Kapan?   |   10:00 . Warga Trauma, Penyebrangan Gemblo Tutup   |  
Mon, 29 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Inovatif, Industri ini Sulap Buah Salak Jadi Kurma

blokbojonegoro.com | Thursday, 07 January 2021 09:00

Inovatif, Industri ini Sulap Buah Salak Jadi Kurma

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Siapa yang tak suka dengan buah Salak. Salak termasuk buah yang terbilang harganya relatif murah dan banyak manfaat. Kini, Salak juga telah banyak diolah menjadi beberapa cemilan yang nikmat untuk disantap. Salah satunya, olahan buah Salak yang disulap menjadi kurma.

Ide kreatif Kurma Salak dilakukan produsen yang berasal dari Bojonegoro. Produsen tersebut membuat olahan Salak menjadi Kurma ini sudah lumayan lama. Berawal dari belajar dengan orang lain, kini ia berhasil mendirikan usaha Kurma Salak miliknya sendiri.

Usaha yang ia mulai sejak tahun 2017 lalu, kini telah banyak dikenal di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Trenggalek, dan masih banyak kota yang lain.

"Kalau untuk di Bojonegoro, saya stok sendiri di rumah dan saya titip kan ke beberapa outlet pusat oleh-oleh Bojonegoro," ujar Wulan, selaku Produsen Kurma Salak. 

Adapun proses pembuatan Kurma Salak ini terbilang memakan waktu. Mulai awal pengupasan serta pengemasan. Proses pembuatannya dengan cara mencampur Salak dengan gula pasir, gula merah, dan garam dicampur lalu direndam dengan air. Setelah itu dibiarkan hingga olahan tersebut meresap ke dalam Salak.

Setelah itu olahan tersebut dioven selama 1 jam. Lalu dipanaskan ke dalam oven lampu lagi selama 2 hari 2 malam. Hal tersebut dilakukan agar olahan Salak tersebut menjadi kering dan mudah dikemas.

Dalam 1 kemasan, Wulan menjual kurma Salak tersebut dengan harga Rp15.000, dengan total bersih 150 gram.

"Yang paling lama itu proses oven terakhir, soalnya kita butuh benar-benar kurma Salak yang bagus dan tidak basah. Agar bisa bertahan lama dan lebih nikmat disantap," ungkapnya.

Ibu tiga anak itu juga mengatakan bahwa sekali proses pengolahan Kurma Salak, memerlukan 5 kilogram Salak untuk diproses menjadi beberapa kemasan. Karena hitungan tidak akan pernah sama, maka Wulan tidak bisa membulatkan hasil. Ia juga mengatakan semua itu tergantung Salak yang ia produksi. Kalaupun Salak yang ia produksi besar-besar, maka akan mendapatkan lebih banyak hasil.

 "Saya buat Kurma Salak seperti ini juga tidak setiap hari, kalau masih ada stok penjualan gitu saya tidak produksi dulu, ditambah lagi salak kan ya juga musiman, jadi saya tidak setiap hari memprosuksi kurma salak ini. Namun setiap hari saya selalu memasarkan Kurma Salak usaha saya ini,"  tandasnya. [uul/lis]

 

Tag : Salak, kurma



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more