20:00 . Diresmikan Jokowi dari Trenggalek, Intip Keindahan dan Manfaat Bendungan Gongseng   |   19:00 . Presiden RI Tak Berani ke Bojonegoro, Ada Apa?   |   18:00 . Smart City 2021 Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . Urus Administrasi, Pemdes Sukorejo Terapkan Wajib Miliki Kartu Vaksin   |   16:00 . Di Trenggalek, Bupati Bojonegoro dan Gubernur Jatim Dampingi Jokowi Resmikan Dua Bendungan   |   15:00 . Inilah Pemenang Undian Simpeda Bank Jatim Cabang Bojonegoro   |   14:00 . Atlet Renang Bojonegoro Raih 1 Emas dan 2 Perak di Jatim Open 2021   |   13:00 . Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng   |   12:30 . blokTuban.com Ulang Tahun Ke-6, CEO BMG Resmi Launching TDF   |   12:00 . Detik-detik Jokowi Resmikan Bendungan Gongseng Bojonegoro   |   11:00 . Bukan Lagi Diving, Neymar Cedera Parah   |   10:00 . Buktikan Bojonegoro Sebagai Karsyan Era Majapahit, Pemkab Gelar FGD Sejarah   |   09:00 . Ulang Tahun blokTuban.com ke- 6 dan Launching Tuban Digital Forum   |   07:00 . Jangan Abaikan Nyeri Dada pada Anak, Ini Bahayanya!   |   22:00 . BPBD Imbau Warga Waspada Hujan dengan Intensitas Tinggi   |  
Wed, 01 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tahun Ini Pemkab Bojonegoro Tanam 120 Ribu Pohon

blokbojonegoro.com | Wednesday, 10 February 2021 08:00

Tahun Ini Pemkab Bojonegoro Tanam 120 Ribu Pohon

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokbojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus melestarikan lingkungan dengan menanam pohon. Tahun ini, DLH menyiapkan sebanyak 120 ribu pohon untuk penghijaun.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hanafi mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan oleh pihaknya memang menjadi agenda rutin setiap tahun. Penghijauan sangat diperlukan di wilayah Bojonegoro, guna menyeimbangkan alam karena Bojonegoro merupakan kota sumber minyak.

"Penanaman pohon dimaksudkan untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Pohon kita ditanam adalah jenis pohon Beringin dan Trembesi,” katanya.

Hanafi menjelaskan, dipilihnya kedua jenis pohon tersebut mempunyai banyak manfaat. Untuk pohon beringin (ficus spp) memiliki manfaat bagi kehidupan mulai dari akar-akarnya yang bisa menampung air untuk mahluk hidup dan sangat berguna untuk penopang tanah, penahan banjir dan tahan longsor.

Sedangkan pohon trembesi (Albizia zaman) juga memiliki banyak manfaat bagi lingkungan hidup. Selain sebagai peneduh, pohon trembesi juga kaya akan oksegen yang sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup dan mampu menyerap banyak senyawa karbon dioksida yang sangat berbahaya bagi kesehatan, yang banyak dihasilkan dari asap kendaraan.

"Kita berharap, upaya reboisasi tidak hanya dilakukan oleh pihak Pemkab Bojonegoro, tetapi juga ada peran dari masyarakat," sambung mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro ini.

Terkait penanaman pohon tersebut, ia mengungkapkan sebagian besar bakal ditanam dipinggir jalan Poros Utama Kecamatan (PUK), jalan Provinsi dan jalan nasional. Selain itu, juga bakal ditanam ditempat wisata, Kecamatan dan desa-desa yang mengajukan untuk penghijauan.

"Menambah jumlah pohon di jalan merupakan salah satu cara untuk menjaga kualitas udara. Selain dapat menyerap emisi karbon, keberadaan pohon juga membuat suasana lebih sejuk," jelas Hanafi.

Dirinya mengungkapkan, selama ini Pemkab Bojonegoro juga rutin melakukan kegiatan penanaman pohon setiap tahunnya. Pada periode kepemimpinan Bupati Anna Mu'awanah ini, Pemkab Bojonegoro menargetkan sekitar 500 ribu sampai 600 ribu pohon yang ditanam diwilayah Bojonegoro. [din/mu]

Tag : dlh, dinas lingkungan hidup, pohon, lingkungan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more