19:00 . Erick Thohir: Indonesia Harus Punya Blue Print 100 Tahun Sepak Bola   |   18:00 . Viral! Tukang Becak di Bojonegoro Ambil Bollard di Trotoar   |   17:00 . Dua Pelajar di Bojonegoro Dikabarkan Diculik, Benarkah?   |   16:00 . Unugiri Bojonegoro Gelar Istighotsah Menyongsong Puncak Satu Abad NU   |   13:00 . Pembukaan Praktik Kebidanan, Tampilkan Peran Mahasiswa Kampus Ungu dalam Komunitas   |   10:00 . blokBojonegoro Lolos Tahap 2 Calon Anggota MCH 2023   |   09:00 . Segera Daftar, Tahun Ini Pemkab Anggarkan Rp34,6 Miliar untuk Beasiswa Pendidikan   |   08:00 . 141 Media se Indonesia Bersaing di MCH 2023   |   07:00 . Anak Muda Sering Overthinking Bisa Bikin Aritmia? Begini Kata Dokter   |   20:00 . Puluhan Pendekar PSHT Semanding Lakukan Donor Darah   |   19:00 . Awal Februari 2023, Gedung DPRD Bojonegoro Akan Diresmikan   |   18:00 . Gedung Baru DPRD Bojonegoro Rampung, Tiap Anggota Miliki Ruang Sendiri   |   17:00 . Kesiapan PAUD Menghadapi Kurikulum Merdeka   |   15:00 . Angka Pengganguran Terbuka Naik Tiap Tahun di Bojonegoro, Capai 2.063   |   13:00 . Berkah Imlek, Perajin Jenang Ayu Kebanjiran Orderan Dadakan   |  
Wed, 01 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pria ini Merancang Untung dari Peluang Usaha Kontan Anyaman Bambu

blokbojonegoro.com | Monday, 22 February 2021 14:00

Pria ini Merancang Untung dari Peluang Usaha Kontan Anyaman Bambu

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemanfaatan bahan baku alam di sekitar lingkungan, ternyata mampu menghasilkan omzet fantastis. Hal itu dilakukan oleh hasil tangan kreatif, Mahfud Efendi, pria asal Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro.

Mahfud bercerita, bahwasanya bambu yang dahulu hanya dianggap tanaman ilas-ilas, kini bisa disulap menjadi sebuah kerajinan tangan yang menarik dan beragam. Hingga menghasilkan nilai jual tinggi di pasaran.

"Selain memiliki nilai ekonomis, juga menghasilkan barang bernilai pakai untuk kebutuhan rumah tangga hingga seni," ujarnya.

Setiap harinya, Mahfud mampu memproduksi 200 hingga 1.000 buah kerajinan tangan berbahan dasar bambu. Dengan berbagai jenis kerajinan, baik miniatur lampu, tempat tissue, besek, rantang, tas hingga jenis miniatur lainnya.

"Awalnya saya produksi sendiri dan dijual di lingkungan sekitar, semakin berkembang sekarang bisa sampai luar kota," jelas pria asal Ngraho.

Tak kalah menarik, selain sebagai pelaku UMKM yang memiliki produksi kerajinan bambu, ia juga aktif di berbagai aktivitas sosial seperti tutor UMKM di berbagai agenda yang digelar oleh pemerintah maupun masyarakat.

"Selain sebagian pelaku UMKM, saya juga sering mengisi seminar UMKM produksi saya," imbuhnya.

Sebagai seorang pelaku UMKM ia juga berharap, bahwa kedepan, usaha yang telah ia lakoni ini semakin berkembang sekaligus mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan mengurangi angka lonjakan pengangguran yang ada di Desa Sugihwaras.

Mahfud berpesan kepada kawula muda di Bojonegoro, jadilah generasi pemuda yang ulet dengan menanamkan jiwa KIP yakni, kreatif, inovatif dan produktif. Serta mencintai produk-produk lokal, karenanya perekonomian Indonesia ini berada di bawah pacuan semangat UMKM.

"Untuk kawula muda jangan takut berwirausaha, tanamkan jiwa kreatif. Dan tentunya bisa mencintai dan bangga akan produk lokal," pesannya. [liz/ito]

Tag : umkm, bojonegoro, kerajinan, anyaman, bambu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more