17:00 . Bupati Anna Dukung Penuh Tahapan Verifikasi Menuju KLA   |   16:00 . Verifikasi Lapangan KLA, Dinas P3AKB Sampaikan Kondisi Bojonegoro   |   14:00 . Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong   |   12:00 . Temui Suporter Persibo, Begini Tanggapan Anggota DPRD Bojonegoro   |   10:00 . Suporter yang Mengatasnamakan Bojonegoro Bersatu Gelar Demo   |   08:00 . Sudah Mendaftar, Persibo Bojonegoro Pastikan Ikuti Liga 3   |   07:00 . Hasil Penelitian Ungkap Penderita Mata Minus Meningkat selama Pandemi, Terutama Anak-Anak   |   19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |   17:00 . Bupati Bojonegoro Pastikan Persibo Daftar Liga 3 Besok   |   14:00 . Pandemi Covid-19, Dinpora Minta Atlet Tetap Berlatih   |   13:00 . Pelaku IKM dan UMKM Gelar Senam Minggu Ceria Bangkitkan Ekonomi Kecil   |   12:00 . Pagu PPDB Belum Terpenuhi, Jalur Ini Jadi Solusi   |   10:00 . Harga Cabai Rawit Mulai Merangkak Naik di Pasaran   |   09:00 . STAI Attanwir Semakin Berkembang   |  
Mon, 14 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pria ini Merancang Untung dari Peluang Usaha Kontan Anyaman Bambu

blokbojonegoro.com | Monday, 22 February 2021 14:00

Pria ini Merancang Untung dari Peluang Usaha Kontan Anyaman Bambu

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemanfaatan bahan baku alam di sekitar lingkungan, ternyata mampu menghasilkan omzet fantastis. Hal itu dilakukan oleh hasil tangan kreatif, Mahfud Efendi, pria asal Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro.

Mahfud bercerita, bahwasanya bambu yang dahulu hanya dianggap tanaman ilas-ilas, kini bisa disulap menjadi sebuah kerajinan tangan yang menarik dan beragam. Hingga menghasilkan nilai jual tinggi di pasaran.

"Selain memiliki nilai ekonomis, juga menghasilkan barang bernilai pakai untuk kebutuhan rumah tangga hingga seni," ujarnya.

Setiap harinya, Mahfud mampu memproduksi 200 hingga 1.000 buah kerajinan tangan berbahan dasar bambu. Dengan berbagai jenis kerajinan, baik miniatur lampu, tempat tissue, besek, rantang, tas hingga jenis miniatur lainnya.

"Awalnya saya produksi sendiri dan dijual di lingkungan sekitar, semakin berkembang sekarang bisa sampai luar kota," jelas pria asal Ngraho.

Tak kalah menarik, selain sebagai pelaku UMKM yang memiliki produksi kerajinan bambu, ia juga aktif di berbagai aktivitas sosial seperti tutor UMKM di berbagai agenda yang digelar oleh pemerintah maupun masyarakat.

"Selain sebagian pelaku UMKM, saya juga sering mengisi seminar UMKM produksi saya," imbuhnya.

Sebagai seorang pelaku UMKM ia juga berharap, bahwa kedepan, usaha yang telah ia lakoni ini semakin berkembang sekaligus mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan mengurangi angka lonjakan pengangguran yang ada di Desa Sugihwaras.

Mahfud berpesan kepada kawula muda di Bojonegoro, jadilah generasi pemuda yang ulet dengan menanamkan jiwa KIP yakni, kreatif, inovatif dan produktif. Serta mencintai produk-produk lokal, karenanya perekonomian Indonesia ini berada di bawah pacuan semangat UMKM.

"Untuk kawula muda jangan takut berwirausaha, tanamkan jiwa kreatif. Dan tentunya bisa mencintai dan bangga akan produk lokal," pesannya. [liz/ito]

Tag : umkm, bojonegoro, kerajinan, anyaman, bambu

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more