Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PEPC Alirkan Air Bersih, Tuntaskan Dahaga Warga Dolokgede

blokbojonegoro.com | Wednesday, 10 March 2021 12:00

PEPC Alirkan Air Bersih, Tuntaskan Dahaga Warga Dolokgede

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Ratusan warga Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bisa menikmati air bersih saat musim kemarau. PT Pertamina EP Cepu mendirikan satu tandon berisi air bersih yang dialirkan ke 50 rumah warga.

Kepala Desa Dolokgede, Nunuk Sri Rahayu mengatakan, sejak beberapa tahun lalu sebagian masyarakat kekurangan air bersih saat kemarau. Mereka rutin menerima bantuan pasokan air bersih yang diangkut mobil tangki Perusahaan Daerah Air Minum Bojonegoro setiap tahun. "Akhirnya muncul ide pengusulan program air bersih ke Pertamina," jelasnya.

Pelaksanaan program penyediaan air bersih di Dolokgede ini berlangsung tiga bulan, dimulai dari 9 September 2020 sampai tanggal 9 Desember 2020. "Penerima manfaatnya adalah 50 sambungan rumah dari kurang lebih 100 rumah yang membutuhkan," kata Nunuk.

Air diambilkan dari sumur bor. Sementara untuk warga yang belum memperoleh air bersih mendapatkan pasokan dari Perusahaan Daerah Air Minum Bojonegoro.

Pertamina EP Cepu menggandeng lembaga Asosiasi untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos) untuk menggarap program air bersih ini. "Peran kami disini sebagai mitra pendamping dari Pertamina EP Cepu dalam program penyediaan fasilitas air bersih. Kami mendampingi program ini mulai dari proses koordinasi para pihak, rembuk desa dan sosialisasi, pembentukan kepengurusan, pelatihan kelembagaan dan pelatihan teknis pengelolaan Hippam (Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum), pembangunan fisik fasilitas air bersih, sampai serah terima program," kata Direktur Ademos, Kundhori.

Kundhori mengatakan, pembangunan fasilitas infrastruktur air bersih untuk program ini sempat terkendala cuaca. "Ini dikarenakan pembangunan fasilitas air bersih dilakukan pada musim hujan," katanya.
Edy Purnomo, JTB Site Office & PGA Manager PT Pertamina EP Cepu menegaskan, program penyediaan fasilitas air bersih berbasis pengelolaan mini merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat di sekitar area operasi Project JTB. 1."Air adalah kebutuhan pokok dan hak dasar manusia dan diatur dalam UUD 1945 Pasal 33," katanya.

Program pemenuhan akses sanitasi dan air bersih ini selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) Indonesia/Sustainable Development Goals (SDG's) Indonesia, yaitu Pilar Pembangunan Lingkungan pada indikator Air Bersih dan Sanitasi Layak yang merupakan salah satu tujuan pembangunan bekelanjutan dari 17 goal SDG's Indonesia, panjut Edy.

"Kami mewujudkan tersedianya fasilitas pemenuhan kebutuhan air bersih melalui proses geolistrik, pengeboran, pembuatan tendon, dan distribusi air ke rumah tangga dengan pipanisasi secara permanen," jelas Edy.

PT Pertamina EP Cepu juga membentuk tata kelola lembaga pengelola air bersih dengan partisipasi aktif masyarat. "Proses perencanaan dan pembuatan keputusan tentang pengadaan fasilitas air bersih dan sanitasi melalui forum masyarakat," kata Edy.

Tag : dolokgede, tambakrejo, jatim, pertamina, ep, cepu, pepc, program, air bersih



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini