20:00 . RA ICP Nurul Ulum Wisata Edukasi di Bank Sampah Bojonegoro   |   18:00 . 8 Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil V   |   17:00 . Sembilan Caleg Diprediksi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil IV   |   14:00 . Pengangguran Angkatan Usia Kerja di Bojonegoro Capai 36.411   |   13:00 . Delapan Caleg Berpotensi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil III   |   12:00 . Lapangan Gas JTB Mulai Fase Operasi, PEPC Pastikan Kontraktor Patuhi Aspek Keselamatan Kerja   |   10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |   09:00 . Manasik ke 16, KBIHU Attanwir Bekali Calon Jemaah Haji   |  
Tue, 05 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Maksimalkan Penggunaan Aplikasi E-Filling di Tengah Pandemi

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 March 2021 17:00

Maksimalkan Penggunaan Aplikasi E-Filling di Tengah Pandemi

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak meluncurkan inovasi berupa aplikasi mobile Android e-filing SPT 1770 SS. Aplikasi ini memberikan kemudahan pengisian dan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) secara online melalui perangkat berbasis Android.

Aplikasi yang tersedia saat ini adalah untuk pengisian dan pelaporan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Sangat Sederhana (Formulir 1770 SS). Formulir ini dikhususkan bagi Wajib Pajak yang mempunyai penghasilan selain dari usaha dan/atau pekerjaan bebas dengan jumlah penghasilan bruto tidak lebih dari Rp60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah) dalam setahun.

"Sekarang untuk pelaporan SPT tahunan menggunakan aplikasi e-Filling agar lebih mudah di akses dimana saja dan kapanpun," ungkap Fitranto selaku Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi I, KPP Pratama Bojonegoro.

Selain itu, Fitranto juga mengatakan bahwa  masyarakat Bojonegoro telah memanfaatkan aplikasi e-Filling dengan baik guna untuk mempermudah melakukan laporan SPT tahunan tanpa harus datang ke kantor pajak langsung. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 ini, pemanfaatan aplikasi tersebut sangat membantu.

"Banyak masyarakat yang lebih suka menggunakan aplikasi daripada secara manual. Namun juga ada, karena tidak semua masyarakat bisa mengoperasikan hp dan update informasi terkini," ujarnya.

Pihaknya berimbuh bahwa masyarakat yang tidak memiliki handphone atau kurang upade informasi bisa mendatangi KPP Pratama Bojonegoro secara langsung dan mengantri seperti biasanya.

Ia juga mengatakan bahwa kebanyakan orang yang telah pensiun dari ASN, dan masyarakat pelosok yang melakukan pelaporan SPT tahunana secara manual.

"Kalau sosialisasi pastinya sudah, dari pihak kita sendiri langsung yang melakukan sosialisasi pemakaian aplikasi e-Filling ini, namun masih ada beberapa masyarakat yang memang kurang update dan tidak memiliki hp, jadi mereka harus datang dan melaporkan SPT tahunan secara manual," imbuhnya.

Selain itu, ada beberapa kendala aplikasi e-Filling, yaitu seperti server down karena banyak yang menggunakan, sehingga aplikasi tiba-tiba ngeblank. Namun pihaknya mengatakan bahwa perbaikan tersebut tak memakan waktu yang lama, sehingga aplikasi bisa digunakan lagi dan diakses banyak orang.

"Pernah suatu ketika aplikasi down, server menjadi lemot. Dan itu langsung diperbaiki dengan memakan waktu kurang lebih 1 jam, setelah itu masyarakat bisa memnggunakan aplikasi itu lagi serta dapat diaksses selama 24 jam," tandasnya. [uul/ito]

Tag : kpp, pratama, spt, taunan, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat