07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |   19:00 . Peduli ADHA, Pita Merah Adakan Home Care dan Berikan Bantuan   |   18:00 . Anniversary Ke-5, VLOC Chapter Bojonegoro Beri Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Dijuluki Netherlands Bojonegoro, Kantor Notaris Jadi Tempat Swafoto Hingga Prewedding   |   16:00 . Lagi-lagi Terjadi Kecelakaan Truk Banting Setir Nyelonong Depan Toko   |   15:00 . Dukung KADIN Bojonegoro, Budiono Siapkan 10 Titik Bantuan untuk UMKM Ponpes dan Kampus   |   14:00 . Mendag: Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor dan Kendalikan Inflasi   |   13:00 . Kecelakaan Tunggal, Truk Muatan Ayam Hantam Pohon   |   12:00 . 81 Produk Mahasiswa Kampus Ungu Dipamerkan di Stakeholders Collaborations   |   11:00 . KADIN Bojonegoro Menggelar Stakeholders Collaboration 2022   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |  
Thu, 20 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menuju Ekonomi Hijau, Pemkab Bojonegoro Dukung Pembangunan Berkelanjutan

blokbojonegoro.com | Monday, 29 March 2021 15:00

Menuju Ekonomi Hijau, Pemkab Bojonegoro Dukung Pembangunan Berkelanjutan

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar Focus Group Discussion (FGD) menuju ekonomi hijau yang diselenggarakan di ruang Creative Room lantai. IV Gedung Pemkab Bojonegoro, Senin (29/03/2021).

FGD itu dilaksanakan, guna menata kembali perencanaan pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan trade off kemajuan ekonomi, sosial dan lingkungan, yakni dengan paradigma baru "Build Back Better" melalui implementasi ekonomi hijau dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, M. Anwar Muktadlo, menyampaikan bahwa ekonomi hijau merupakan suatu gagasan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan.

"Dengan kata lain, ekonomi hijau merupakan perekonomian yang rendah/tidak menghasilkan emisi karbondioksida terhadap lingkungan, hemat sumber daya alam dan berkeadilan sosial," ungkap M.Anwar Muktadlo.

Gagasan ekonomi hijau sendiri melengkapi pembangunan secara berkelanjutan, yang mana prinsip utama dari pembangunan berkelanjutan berupa memenuhi kebutuhan sekarang. Namun tanpa harus mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi di masa depan.

"Implementasi ekonomi hijau tentu tidak mudah dilakukan, masih memerlukan persiapan regulasi pendukung serta pemahaman bagi pelaku ekonomi," tambahnya

Pihaknya juga berharap, dengan digelarnya FGD ekonomi hijau di Kabupaten Bojonegoro diharapkan dapat mendiskusikan beragam tantangan yang dihadapi Kabupaten Bojonegoro.

Terlebih dalam mendorong pembangunan manusia dan perekonomian Daerah. Terutama dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan, serta mendiskusikan desain implementasi ekonomi hijau dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Bojonegoro.

"Harapan kami FGD ekonomi hijau ini nantinya dapat mendorong pembangunan manusia dan perekonomian dalam mendukung pembangunan berkelanjutan," harapnya.

Sementara itu, secara virtual Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan secara teritorial 40 persen Bojonegoro merupakan wilayah kehutanan, tentunya banyak potensi-potensi pertanian dan perkebunan. Selain itu, Bojonegoro juga merupakan wilayah yang menjadi penyumbang 30 persen produksi minyak nasional.

Berkaitan dengan menuju ekonomi hijau, maka dari beberapa Kabupaten data atau provinsi di saat kondisi sumber daya alam migasnya tidak direncanakan dengan baik, akan menjadi sebuah permasalahan dimasa datang.

"Maka dari itu, perlu adanya FGD bagi Pemkab Bojonegoro untuk merencanakan dan menentukan persiapan apa saja yang perlu dipersiapkan dan diterapkan menuju ekonomi hijau nantinya," pungkasnya.[liz/ito]

Tag : FGD, ekonomi, pemkab, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat