18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tanpa Biaya, Penyedotan Air Bengawan Solo Harus Berizin

blokbojonegoro.com | Wednesday, 31 March 2021 21:00

Tanpa Biaya, Penyedotan Air Bengawan Solo Harus Berizin

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Keberadaan sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro, mulai dari Kecamatan Margomulyo hingga Baureno, memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang ada di bantaran sungai.

Salah satunya dengan memanfaatkan air dari bengawan untuk sumber pengairan pertanian. Namun, jika pemanfaatnnya tidak terkontrol, akan menjadi masalah yang serius.

Petugas Pejabat Pengambil Komitmen, Operasional dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (PPK OP SDA) IV Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Hidayat mengatakan, pemanfaatan air di Sungai Terpanjang di Pulau Jawa itu, bisa dikontrol dengan adanya izin yang diajukan oleh para pengguna.

"Kebanyakan yang memakai para petani untuk pertanian. Namun sayangnya tidak ada yang mengajukan izin teknis. Padahal tanpa biaya," kata Hidayat.

Dengan Izin teknis, kata Hidayat, BBWS bisa memberikan rekomendasi kebutuhan air untuk pertanian. Serta titik mana saja yang bisa dimanfaatkan. Sehingga pemanfaatan air di Bengawan Solo bisa dikontrol, dan daerah lain yang juga teraliri bisa memanfaatkan dengan optimal.

Untuk mengajukan izin, jika itu petani, bisa melalui kelompok atau Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA), kepada BBWS di kantor yang ada di Jalan Solo – Kartasura Km. 7, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

"Nantinya tim akan datang ke lokasi untuk melakukan asessment, dan nantinya menjadi rekomendasi teknis (rekomtek) untuk pemanfaatan air bengawan," imbuh Hidayat.

Sedangkan bagi pengusaha atau kegiatan industri, kata Hidayat, ada biaya pemanfaatan, seperti halnya adanya alat ukur volume air yang dimanfaatkan. Sehingga, penggunaannya air di Bengawan Solo tetap bisa terkontrol.

"Kalau industri yang sudah izin, ada ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) untuk operasional kegiatan industri migas di Lapangan Banyuurip, dan dulu juga ada dari Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) yang melaksanakan industri migas di Lapangan Sukowati," ulas Hidayat.

Pria yang mulai bertugas di Kabupaten Bojonegoro sejak tahun 1983 itu berharap, adanya Sungai Bengawan Solo bisa dimanfaatkan dengan optimal, dengan memperhatikan kelestarian.

"Sebab, Bengawan Solo tidak hanya untuk masyarakat di sini saja. Masih banyak yang membutuhkan di aliran hilirnya," pungkas Hidayat.

Tag : sungai, bengawan, solo, bojonegoro, bbws, sda



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat