20:00 . Pengurus Perkumpulan Jamaah Tahlil Perempuan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   19:00 . Gandeng Lakpesdam NU, Kominfo Dorong Masyarakat Cakap Literasi Digital   |   18:00 . Buruh Aksi di Gubernuran, Ini Hasil Audiensi RTMM SPSI dengan Para Stakeholder Pemprov Jatim   |   17:00 . Makam Diduga untuk Ritual Pesugihan Dibongkar, Isinya Mengejutkan   |   16:00 . 295 WBP Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, 6 Napi Langsung Bebas   |   15:00 . DWP Kemenag Bojonegoro Gelar Deteksi Dini IVA Test dan Sadanis Gratis   |   13:00 . 49 SMA di Bojonegoro Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka   |   09:00 . Penemuan Makam di Tengah Hutan   |   08:00 . Hilang STNK NoPol S-3124-DG   |   07:00 . Orangtua Harus Tahu! Ini 7 Tips Habiskan Waktu Bersama dengan Anak   |   20:00 . Merdeka Cup 2022 dalam Kemeriahan Kemerdekaan RI ke-77   |   19:00 . Ratusan Masyarakat Bojonegoro dan Tuban Deklarasikan LaNyalla Capres 2024   |   18:00 . Fenomena Fashion Week, Budayawan Berharap Bisa Tampilkan Produk Batik Lokal   |   17:00 . Kader Berpretasi Asal Bojonegoro, Mantapkan Maju Caketum PP IPPNU   |   16:00 . Profil Coach Persibo Masdra Nurriza, Awali Karir dari Bangku SMP   |  
Thu, 11 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tanpa Biaya, Penyedotan Air Bengawan Solo Harus Berizin

blokbojonegoro.com | Wednesday, 31 March 2021 21:00

Tanpa Biaya, Penyedotan Air Bengawan Solo Harus Berizin

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Keberadaan sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro, mulai dari Kecamatan Margomulyo hingga Baureno, memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang ada di bantaran sungai.

Salah satunya dengan memanfaatkan air dari bengawan untuk sumber pengairan pertanian. Namun, jika pemanfaatnnya tidak terkontrol, akan menjadi masalah yang serius.

Petugas Pejabat Pengambil Komitmen, Operasional dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (PPK OP SDA) IV Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Hidayat mengatakan, pemanfaatan air di Sungai Terpanjang di Pulau Jawa itu, bisa dikontrol dengan adanya izin yang diajukan oleh para pengguna.

"Kebanyakan yang memakai para petani untuk pertanian. Namun sayangnya tidak ada yang mengajukan izin teknis. Padahal tanpa biaya," kata Hidayat.

Dengan Izin teknis, kata Hidayat, BBWS bisa memberikan rekomendasi kebutuhan air untuk pertanian. Serta titik mana saja yang bisa dimanfaatkan. Sehingga pemanfaatan air di Bengawan Solo bisa dikontrol, dan daerah lain yang juga teraliri bisa memanfaatkan dengan optimal.

Untuk mengajukan izin, jika itu petani, bisa melalui kelompok atau Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA), kepada BBWS di kantor yang ada di Jalan Solo – Kartasura Km. 7, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

"Nantinya tim akan datang ke lokasi untuk melakukan asessment, dan nantinya menjadi rekomendasi teknis (rekomtek) untuk pemanfaatan air bengawan," imbuh Hidayat.

Sedangkan bagi pengusaha atau kegiatan industri, kata Hidayat, ada biaya pemanfaatan, seperti halnya adanya alat ukur volume air yang dimanfaatkan. Sehingga, penggunaannya air di Bengawan Solo tetap bisa terkontrol.

"Kalau industri yang sudah izin, ada ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) untuk operasional kegiatan industri migas di Lapangan Banyuurip, dan dulu juga ada dari Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) yang melaksanakan industri migas di Lapangan Sukowati," ulas Hidayat.

Pria yang mulai bertugas di Kabupaten Bojonegoro sejak tahun 1983 itu berharap, adanya Sungai Bengawan Solo bisa dimanfaatkan dengan optimal, dengan memperhatikan kelestarian.

"Sebab, Bengawan Solo tidak hanya untuk masyarakat di sini saja. Masih banyak yang membutuhkan di aliran hilirnya," pungkas Hidayat.

Tag : sungai, bengawan, solo, bojonegoro, bbws, sda



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat