17:00 . Trend Baju Lebaran 2021, Model Simpel Praktis Era New Normal   |   15:00 . Penjual Hampers Habiskan 1500 Paket Selama Ramadan   |   13:00 . Dihantam CB, Pengendara Supra Meninggal Seketika di Tempat   |   12:00 . 262 Pasangan Muda Ajukan Dispensasi Kawin   |   10:00 . Olah Sayur Jadi Berbagai Cemilan, Penjualan Hingga Mancanegara   |   08:00 . Kebakaran Hanguskan 10 Bidak Pasar Ayam Bojonegoro   |   07:00 . Tips Memperbaiki Kesehatan Keuangan Pasca Lebaran   |   19:00 . Ini Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh Saat Larangan Mudik   |   18:00 . Nabung Emas Jadi Pilihan Investasi Menguntungkan Selama Pandemi   |   16:00 . Produksi Minuman Herbal Kekinian Wanita Asal Kapas Raup Omzet Belasan Juta   |   14:00 . Lebaran, Penumpang Perahu di Tambangan Sarirejo Meningkat   |   11:00 . Korsleting Listrik, Rumah Warga Kuncen Ludes Terbakar   |   08:00 . Petugas Gabungan Perketat Titik Penyekatan Kedewan-Cepu   |   07:00 . Menjaga Kesehatan di Hari Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19   |   19:00 . Pasca Macet....!!! Jembatan Glendeng Ditutup   |  
Sun, 16 May 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Banser Jatim Siaga, Bentuk Satu Pleton Pasukan Tiap Desa

blokbojonegoro.com | Sunday, 04 April 2021 09:00

Banser Jatim Siaga, Bentuk Satu Pleton Pasukan Tiap Desa

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Satuan Koordinasi Wilayah Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jatim terus memperkuat peran strategisnya untuk mendukung pemerintah menjaga situasi keamanan. Pasukan paramiliter NU itu berencana membentuk satu pleton Banser di setiap desa di Jatim yang jumlahnya terdiri dari 55 orang pasukan.

"Satu pleton itu kalau dikalikan jumlah desa di Jatim jumlahnya bisa luar biasa, dan ini adalah amanat Ketua PWNU Jatim,’' ujar Ketua PW Ansor Jatim, HM Syafiq Syauqi Ketika membuka Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) I di Hotel Permata Biru, Pasuruan kemarin (3/4/2021). 

Syafiq mengatakan, amanat pembentukan 1 pleton Banser di setiap desa itu akan menjadi tugas Kasatkorwil Banser Jatim yang saat ini dijabat oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf. Syafiq menambahkan, berdasarkan data dari periode sebelum dia menjabat, anggota Banser di Jatim jumlahnya mencapai 500 ribu personel.  

’’Dulu baru didata 50 ribu anggota servernya sudah jebol. Ke depan akan kami perbaiki,’’ ujar pria yang akrab disapa Gus Syafiq itu.

Kasatkorwil Banser Jawa Timur, HM Irsyad Yusuf menjelaskan, Rakorwil tahun ini untuk menyamakan persepsi Banser se-Jatim terkait program kerja. Mengangkat tema “Konsolidasi Banser Jatim, Solid Satu Komando”. Tujuannya, agar bisa menyatukan kekuatan Banser se-Jawa Timur

“Ini adalah momentum untuk konsolidasi Banser se-Jatim, dalam rangka penyusunan program kerja Banser Jatim ke depan. Kita menata program-program, diklat-diklat untuk upgrading anggota,” kata Gus Irsyad.

Acara digelar secara ketat terbatas dalam protocol Covid 19 dan dilengkapi dengan rapat secara virtual. Sejumlah kader Ansor yang menjadi tokoh pemuda dan politisi di Jatim tampak hadir. Diantaranya, Thoriqul Haq (Bupati Lumajang), K.H. Abdul Mujib Imron (Wakil Bupati Pasuruan), dan H.M Sudiono Fauzan (Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan).

Hadir pula jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, di antaranya, AKBP Rofiq Ripto Himawan (Kapolres Pasuruan), Ramdhanu Dwiyantoro (Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan), Letkol Arh Burhan Fajari Arfian (Dandim 0819 Pasuruan) dan sejumlah Kiai.

Saat pembukaan, Gus Irsyad memakai seragam Banser lengkap dengan segala atributnya. Dia menegaskan, salah satu poin yang dimatangkan dalam rakorwil ini termasuk peran Banser dalam membantu pemerintah untuk menanggulangi terorisme dan pengamanan kegiatan masyarakat. Langkah ini bekerjasama dengan aparat penegak hukum dan pemerintah setempat.

“Nanti dibahas dan kita bagi-bagi tugas di beberapa segmen yang terdapat di Banser. Salah satunya itu (Penanganan terorisme, pengamanan dan penanganan hal-hal kemasyarakatan)," ujar Irsyad.

Sementara itu, dalam upaya membantu aparat kepolisian untuk pengamanan hari Peringatan Paskah 2021, Banser di seluruh Jawa Timur siap untuk diterjunkan. Tergantung kebutuhan yang diminta oleh penegak hukum.

“Itu di wilayah Satkorcab masing-masing, jumlah yang diterjunkan, tergantung dari Kapolres dan Dandim setempat, permohonan bantuan yang diminta berapa, intensitas dan situasi di tiap kabupaten/kota,” tandasnya. [rof/col]

 

Tag : Banser, Ansor, personel

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat