Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jaga Stabilitas Bahan Pokok Jelang Hari Besar Keagamaan TPID Gelar HLM

blokbojonegoro.com | Thursday, 08 April 2021 09:00

Jaga Stabilitas Bahan Pokok Jelang Hari Besar Keagamaan TPID Gelar HLM

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Bojonegoro menjelang Hari Besar Keagamaan tahun 2021. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar High Level Meeting (HLM).

Hadir pula Bupati Bojonegoro, Kepala Perwakilan BI Jatim, Kepala OJK Reg 4 Jatim, Kepala BPS Jatim, Forkopimda dan diikuti Kepala OPD Bojonegoro.

Seiring menurunnya angka penyebaran Covid-19 di Jawa Timur dan keberhasilan pelaksanaan vaksinasi di beberapa daerah. Angka pertumbuhan ekonomi pada triwulan I tahun 2021 menyentuh angka -0,92% (yoy) semakin membaik dibandingkan triwulan IV 2020 lalu diangka -3,33% (yoy).

Kemudian sampai dengan Maret 2021, inflasi IHK Jawa Timur sebesar 1,29% (yoy), lebih rendah dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yakni sebesar 2,28% (yoy).

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah menyampaikan, TPID Kabupaten Bojonegoro terus berupaya meningkatkan konsumsi rumah tangga dengan mendorong usaha kecil mikro menengah dan besar untuk terus bergerak.

Selain melalui upaya sektor perekonomian masyarakat, Pemerintah harus memaksimalkan belanja daerah sebagai salah satu upaya meningkatkan daya dorong peningkatan perekonomian masyarakat.

"Kabupaten Bojonegoro sempat terjadi inflasi, namun tidaklah signifikan yaitu diangka 0,34% dikarenakan adanya kenaikan harga dibeberapa komoditas bahan pokok. Namun hal tersebut akan kita pantau menjelang bulan puasa dan lebaran untuk menjaga stabilitas harga pasar," terang Bupati Bojonegoro.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro terus berupaya meningkatkan perekonomian dan pendapatan daerah. Beberapa program yang sifatnya bantuan langsung bagi masyarakat telah disalurkan agar dapat merangsang daya beli masyarakat. Hal ini untuk menjaga agar terjadi perputaran roda perekonomian di masyarakat.

"Pandemi ini sangat berdampak terhadap daya beli masyarakat, Pemkab juga telah berusaha terus meningkatkan perekonomian pendapatan Daerah agar kestabilan roda ekonomi berjalan," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : ekonomi, bojonegoro, tpid, hlm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini