21:00 . Empat Karyawan PT WBS Dihadirkan Sebagai Saksi   |   20:00 . Sewa Lahan PT KAI Dinilai Mahal, Ratusan Warga Pasirkambang Wadul DPRD Bojonegoro   |   19:00 . Pelamar Non Honorer Bisa Daftar Seleksi PPPK 2023, Dibuka 2.844 Formasi PPPK   |   18:00 . Kemenag Bojonegoro Beri Pembinaan dan Pembekalan 40 Peserta MTQ Kabupaten   |   17:00 . Pemkab Bojonegoro Buka 2.844 Formasi PPPK Guru, Kesehatan dan Teknis   |   16:00 . Kisah Joni, 5 Tahun Jadi Driver Bupati Anna   |   15:00 . Unugiri Bojonegoro Launching Pojok Statistik   |   14:00 . Keluarga Santri dan Alumni Langitan Sejak 2017 Buka Usaha di Kepohbaru   |   13:00 . Kurangnya Kesadaran Warga, Banyak Sampah di Bawah Jembatan Pasar Kedungadem   |   12:00 . Hingga 2023 ada 1.655 Keluarga Binaan dari Program Aku Sehat   |   23:00 . Kirab Pemilu di Kedungadem, Sosialisasikan Pemilu Tahun 2024   |   20:00 . Media Bojonegoro - Tuban Nyambangi Lapangan Banyu Urip, Update Migas Hingga Main Bola   |   18:00 . Bojonegoro Menulis 3 Jam Bersama 3 Cah Jonegoro   |   17:00 . Cerita Warkop PETHUK Bagi Penikmat Kopi Original   |   16:00 . Sepak Bola Wartawan vs EMCL, dan Forkopimcam Gayam   |  
Fri, 22 September 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Balen Sulap Pelepah Pisang Menjadi Barang Kekinian

blokbojonegoro.com | Sunday, 04 April 2021 12:00

Warga Balen Sulap Pelepah Pisang Menjadi Barang Kekinian

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Pelepah pisang sering kita temui di sekitar pekarangan rumah. Namun tak banyak orang tau, bahwa pelepah pisang dapat dimanfaatkan menjadi beberapa barang kerajinan yang dapat menghasilkan uang.

Maisir, salah satu warga Jalan PUK Gang 2 Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro berinovasi membuat kerajinan yang cukup unik, sehingga ia dapat menghasilkan uang dari kreatifitas yang ia miliki. Ia memberi nama brand yang ia miliki dengan julukan Pa'e Debog. 

Dari tahun 2014, Maisir mempelajari bagaimana cara dapat menghasilkan uang dari pelepah pisang dan menyulapnya menjadi beberapa barang atau souvenir kekinian.

Maisir terinspirasi dari banyaknya pelepah pisang yang dibuang begitu saja di sekitar rumahnya.

"Awalnya saya mencoba asal buat, namun ketika saya melihat hasilnya dan saya tawarkan ke orang banyak, ternyata banyak peminat. Sehingga membuat saya rajin menekuni usaha ini," ujarnya. 

Usaha yang kini telah berdiri selama kurang lebih 6 tahun, kini telah memiliki banyak reseller dan customer dari berbagai kota. Tak hanya di Bojonegoro saja, produk yang ia miliki kini telah dikenal banyak masyarakat luar kota bahkan hingga ke Kalimantan. 

"Kini saya telah berhasil menjualkan beberapa produk saya seperti, meja air, tempat tissu, asbak, topi, tas dan masih banyak yang lain, dan semua itu berasal dari bahan baku gedebog," ucapnya.

Selain itu, dalam satu bulan, ia berhasil menjualkan lebih dari 150 pcs barang yang ia hasilkan. Ia mengatakan bahwa sebelum pandemi berlangsung, ia pernah sukses membuat 1000pcs kerajinan untuk dikirimkan ke berbagai luar kota.

Maisir mengatakan bahwa 1kg pelepah pisang dapat ia sulap menjadi 15 topi. Ia membandrol harga aksesorisnya mulai dari Rp5000 hingga Rp750.000. Serta dia dapat mengantongi omzet dengan jumlah Rp10 hingga Rp15 juta dalam satu bulannya.

"Saat ini kendalanya bukan lah pandemi lagi, namun adanya cuaca penghujan yang tak kunjung henti, karena proses pengeringan gedebog dimusim seperti ini bisa lebih dari 1 bulan, padahal biasanya hanya membutuhkan waktu paling lama 1 minggu," tandasnya. [uul/col]

 

Tag : Pelepah, pisang, barang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat