11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Manfaatkan Sumur Resapan Desa Mojodeso Budidaya Lele Jumbo

blokbojonegoro.com | Thursday, 01 April 2021 11:00

Manfaatkan Sumur Resapan Desa Mojodeso Budidaya Lele Jumbo

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi nyatanya memicu inovasi warga Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, untuk pemanfaatan air hujan dengan menggunakan sumur resapan.

Sumur resapan sendiri merupakan salah satu rekayasa teknik konservasi air yang dibuat sedemikian rupa guna memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan penyiraman tanaman dan menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu.

"Umumnya fungsi sumur resapan ini menjaga keseimbangan air tanah, namun berbeda dengan sumur resapan lainnya," ujar inisiator pemanfaatan sumur resapan Desa Mojodeso, Adib Nurdiyanto.

Sumur resapan yang berada di taman kunto wijoyo, Desa Mojodeso diinisiasikan oleh pemiliknya sebagai tempat budidaya ikan Lele. Dengan menggunakan kombinasi pakan berupa dedaunan dan dedak, lele yang dipelihara dari sumur resapan cenderung berwarna abu cerah dan lebih besar dari lele yang dijual di pasaran.

"Dalam waktu 70 hari, lele di sumur resapan sudah bisa dipanen. Satu sumur dangkal ini menghasilkan 25 hingga 30 lele ukuran besar saat panen," imbuhnya.

Budidaya lele ini memiliki dua kelebihan utama. Pertama, area yang terbatas membuat lele mendapatkan pakan yang merata sehingga ikan lebih cepat gemuk dan tidak memicu kanibalisme.

Kedua, proses pengambilan ikan sangat mudah karena tempat sempit, cukup menggunakan alat tangkap sederhana dan tidak perlu masuk ke sumur resapan untuk mengambil ikan.

"Budidaya ikan lele dari sumur resapan ini memiliki berbagai kelebihan, dari proses pengambilan dan pakan merata sehingga tidak memicu kanibalisme," tambahnya.

Selain itu, dengan adanya inovasi budidaya lele menggunakan sumur resapan ini diharapkan dapat menekan perkembangbiakan jentik nyamuk di dalam sumur resapan.

"Inovasi ini dinilai juga sukses menekan perkembangan jentik nyamuk di sumur resapan, karena adanya simbiosis mutualisme," pungkasnya. [liz/mu]

Tag : lele, budidaya lele, lele jumbo, inovasi desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat