18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   07:00 . Kisah Pemilik Usaha Nasi Pecel Pincuk Daun Jati, Usahanya Moncer Berkat KUR BRI   |   06:00 . Remaja di Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik saat Bersihkan Ranting Pohon   |   17:00 . Setyo Wahono Disebut Angin Segar bagi Dunia Usaha dan Investasi Bojonegoro   |   15:00 . Demokrat Bojonegoro Bakal Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   14:00 . Wahono-Nurul Diisukan Berpasangan, Pengamat Politik: Peluang Besar untuk Menang   |  
Sat, 20 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bisnis Tanaman Hias, Jutaan Rupiah Terus Mengalir

blokbojonegoro.com | Saturday, 20 March 2021 12:00

Bisnis Tanaman Hias, Jutaan Rupiah Terus Mengalir

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Perkembangan teknologi membuat banyak perubahan. Salah satunya, maraknya bisnis yang dilakukan secara online, termasuk bisnis tanaman hias.

Mereka menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan barang dagangannya.

Contohnya seperti yang dilakukan Agus Utomo (31), pemuda asal Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojobegoro, yang memanfaatkan media sosial untuk mendulang rupiah dari tanaman hias yaitu Adenium (Mawar Gurun).

"Pertama kali saya bisnis adenium sambil kerja, tapi kemudian saya memilih resign atau keluar dari tempat kerja. Saya ingin fokus bisnis adenium," ujar Agus Utomo kepada blokBojonegoro.com saat berkunjung ke kebun miliknya, Sabtu  (20/3/2021).

Di kebun milik Agus Utomo terdapat lebih 50 identitas bunga, dan terdapat lebih dari dua ribu pohon adenium. Harganya bervariasi, dari Rp50 ribu hingga Rp3,5 juta.

Dari macam tanaman tersebut, banyak yang menyukai adenium dengan akar yang berwarna emas. Para pembeli datang dari sejumlah daerah di Indonesia, seperti Papua, Aceh, Jakarta, Bandung dan Bali.

"Setiap hari banyak yang pesan tanaman hias jenis adenium, karena saya menjaga kualitas pohon. Hal itu yang menjadi pertimbangan mengapa orang membeli ke sini," kata bapak satu anak ini.

Media sosial memudahkannya menjangkau pembeli dari seluruh Nusantara. Pemesan aglonema dari Sumatera sampai Papua. Dia merintis bisnis tanaman hias sejak tahun 2018. Ia mengaku merintis bisnisnya ini disebabkan karena mencari kesibukan ketika pulang libur kerja dari tambang dan tidak ada kegiatan.

"Saya kan dulu bekerja di Tambang Nikel, selama 6 minggu bekerja dan 2 minggu libur, ketika di rumah tidak ada kegiatan maka saya mencari kesibukan menggeluti Adenium ini, ternyata ketika ditelateni dengan sungguh-sungguh, tanaman ini bisa menghasilkan dua kali lipat gaji dibanding pekerjaan saya dulu hingga 30 juta," ujar alumni KMI Assalam Bangilan Tuban ini. [her/mu]

Tag : bisnis, usaha, tanaman hias



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat