20:00 . RA ICP Nurul Ulum Wisata Edukasi di Bank Sampah Bojonegoro   |   18:00 . 8 Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil V   |   17:00 . Sembilan Caleg Diprediksi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil IV   |   14:00 . Pengangguran Angkatan Usia Kerja di Bojonegoro Capai 36.411   |   13:00 . Delapan Caleg Berpotensi Duduki Kursi DPRD Bojonegoro dari Dapil III   |   12:00 . Lapangan Gas JTB Mulai Fase Operasi, PEPC Pastikan Kontraktor Patuhi Aspek Keselamatan Kerja   |   10:00 . Sembilan Caleg DPRD Bojonegoro Berpotensi Melenggang dari Dapil Dua   |   20:00 . Hari Kedua Inacraft 2024, UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp1,3 Miliar   |   19:00 . Asyikk...! Makanan D'Konco Cafe Bisa Dipesan Lewat Grabfood   |   17:00 . Anniversary ke-75, Persibo Bojonegoro Sediakan 10 Ribu Kupon Berhadiah   |   15:00 . Berikut Perolehan Sementara Suara Dapil 1 Bojonegoro   |   14:00 . Jelang Ramadan Stasiun Bojonegoro Lakukan Pengecekan KA   |   11:00 . KBIHU Attanwir Gelar Manasik ke 16   |   10:00 . Makna Megengan Sambut Ramadan dalam Tradisi Islam di Jawa   |   09:00 . Manasik ke 16, KBIHU Attanwir Bekali Calon Jemaah Haji   |  
Tue, 05 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petani Padi Bersedih Lantaran Harga Gabah Anjlok, Petani Melon Malah Sumringah

blokbojonegoro.com | Wednesday, 17 March 2021 11:00

Petani Padi Bersedih Lantaran Harga Gabah Anjlok, Petani Melon Malah Sumringah

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Musim panen kali ini bisa dikatakan panen yang tidak menyenangkan bagi para petani padi di Kabupaten Bojonegoro, lantaran harga gabah saat ini sedang anjlok. Akan tetapi hal berbeda dirasakan oleh petani melon di Bojonegoro. Pasalnya hasil panen mereka saat ini bisa dikatakan melimpah dengan harga yang lumayan bagus.

Prayitno (63) Petani melon Dusun Kedungkrebet , Desa Kayulemah, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, misalnya. Ia berhasil meraup untung pada musim panen tahun ini. Selain hasil panen yang melimpah, dirinya juga diuntungkan dengan kualitas melon yang baik sehingga dihargai lumayan tinggi oleh tengkulak.

Pada musim panen tahun ini, 2 petak lahan  sawahnya dengan luas sekitar 500 m2 mampu menghasilkan melon sampai 3 ton. Prayitno juga menilai kualitas melon sangat bagus. Buahnya berukuran besar dengan rasa manis dan segar.

“Lumayan bagus panen melon tahun ini, sekitar 3 ton. Kualitas buahnya juga baik, berukuran besar dengan rasa manis,” kata Prayitno.

Dari 2 petak lahan sawahnya, ia mampu meraup keuntungan mencapai 12 juta rupiah. Hasil panen tersebut kemudian dijual kepada tengkulak untuk dipasarkan kembali.

Dengan hasil panen melimpah dan kualitas bagus, melon petani Kayulemah diserbu tengkulak dari berbagai daerah. Hasil panen ini pun dihargai sebesar Rp 5.000 perkilogramnya.

"Kalau untuk harganya ya tergolong cukup bagus, tidak terlalu murah dan dari 1 buah melon beratnya bisa mencapai 2 Kilogram," sambungnya.

Dibanding dengan menanam padi, Prayitno mengaku lebih senang menanam melon. Sebab, dari lahan sawah yang ia miliki hanya mampu menghasilkan 8 kwintal sampai 1 ton gabah saja.

"Kalau padi biasanya hanya mendapatkan uang Rp 3 juta sampai Rp 5 juta saja, sedangkan dari melon bisa mendapatkan Rp12 juta," pungkasnya.[din/ito]

Tag : harga, gabah, petani, padi, melon



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat