17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   15:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   13:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   12:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   12:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   07:00 . Kisah Pemilik Usaha Nasi Pecel Pincuk Daun Jati, Usahanya Moncer Berkat KUR BRI   |   06:00 . Remaja di Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik saat Bersihkan Ranting Pohon   |   17:00 . Setyo Wahono Disebut Angin Segar bagi Dunia Usaha dan Investasi Bojonegoro   |   15:00 . Demokrat Bojonegoro Bakal Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   14:00 . Wahono-Nurul Diisukan Berpasangan, Pengamat Politik: Peluang Besar untuk Menang   |   12:00 . Banggar DPRD Bojonegoro Sempat Tolak Pengadaan Mobil Siaga: Desa Belum Mampu Kelola BKK   |  
Sat, 20 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Woww...!!! Ternyata Ikan Gabus Laku Hingga Jutaan Rupiah

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 March 2021 13:00

Woww...!!! Ternyata Ikan Gabus Laku Hingga Jutaan Rupiah

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Minat memelihara dan mengembangbiakkan ikan cupang cukup melesat saat pandemi Covid-19. Hal itu membuat jumlah penjual ikan cupang semakin banyak, harga jual ikan cupang pun semakin tinggi.

Meski begitu, di tengah keramaian tren memelihara cupang, ikan lainnya juga muncul seolah memberikan pilihan bagi orang-orang yang menyenangi ikan predator air tawar. Ikan tersebut adalah Ikan Channa atau masyarakat pada umumnya mengenal dengan sebutan ikan gabus atau dendeng.

Harga ikan ini pun juga cukup fantastis, mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah, tidak seperti ikan gabus yang biasa ditemui di Sungai ataupun Kali di sekitar kita.

Salah satu penghobi sekaligus penjual Channa, Eko Wahyuono (40) mengatakan, ikan gabus dikenal sebagai ikan channa bagi pencinta ikan hias. Beberapa orang menyebut ikan predator ini sebagai snakehead fish karena bentuk kepalanya menyerupai bentuk kepala ular.

"Kalau yang saya miliki ini bukan seperti ikan gabus di Sungai atau Kali yang biasa ditemui, tetapi berbeda jenisnya dan ikan gabus ini untuk dijadikan ikan hias," ungkap warga Kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan Kota, Kabupaten Bojonegoro tersebut.

Saat ini Eko memiliki 8 ekor channa jenis yang berbeda, mulai dari Auranti, Maru Yellow Sentarum, Blue Pulchra, Red Borneo hingga Channa Orca.

Dia mengaku, mendapatkan ikan-ikan tersebut dari sesama penghoby ikan predator. Saat ini Eko berencana menernakkannya dengan cara mengawinkan indukan yang ia miliki.

"Perawatannya cukup mudah, bisa diberikan makan cacing, udang kering hingga serangga seperti jangkrik, ulat hongkong dan juga bisa hidup di air yang minim oksigen, sehingga tidak memerlukan instalasi aerator atau penambah oksigen di akuarium," katanya.

Eko sendiri bisa dikatakan baru mengoleksi ikan channa ini, sekitar 1 tahun. Hanja saja, menurut Eko ikan ini tak bisa dipelihara dalam jumlah banyak dalam satu wadah. Sebab, channa merupakan ikan predator.

Terkait harga, menurut Eko bervariasi. Semakin besar ukuran ikan channa tentu semakin tingga harga yang dijual, terlebih memiliki penampilan bagus dan punya mental berani, harganya bisa mencapai puluhan juta.

"Kalau selama ini, saya pribadi baru menjual dibawah harga Rp1 juta, tetapi rencannya ada keinginan untuk membudidayakan," tutup Eko. [din/mu]

Tag : ikan, budidaya ikan, ikan gabus, ikan canna



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat