10:00 . LIVE: CERDAS DAN BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL   |   07:00 . Jangan Panik, Ini Sebab Bayi Cegukan dan Cara Menghentikannya   |   20:00 . Pelaksana Desa Dander dan Ngunut Gelar FGD Program Penataan Sumber Air Bagi Masyarakat   |   19:00 . HJB ke-344, Nakes Puskesmas Temayang Terima Penghargaan   |   15:00 . Capaian Kinerja Pemkab Bojonegoro Terus Meningkat   |   14:00 . Beda Indikator, Penilaian Level Covid-19 di Bojonegoro Berbeda   |   12:00 . Hari Jadi Bojonegoro, Kejaksaan Negeri Terima Penghargaan dari Pemkab   |   10:00 . Bupati Beri Penghargaan Instansi, OPD Hingga Instansi Terbaik di Hari Jadi Bojonegoro 343   |   09:00 . Meski Zona Kuning, Petugas Terus Ingatkan Prokes Kepada Masyarakat   |   07:00 . Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak   |   06:00 . 5 Wilayah di Jatim Level 1, ini Aturan Baru dalam PPKM   |   21:00 . Resmikan Wisata Religi, Gus Ali Berziarah ke Makam Yek Ali di Sumberejo   |   20:00 . Peringkat Hasil SKD Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Instruksi BKN Pusat   |   19:00 . KADIN Bojonegoro Goes to Campus, Podcast di 2 Tempat   |   18:00 . Yuk...! Ikuti Webinar Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial   |  
Thu, 21 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kartu Kusuka Bantu Kesejahteraan Pelaku Usaha Perikanan

blokbojonegoro.com | Monday, 15 March 2021 17:00

Kartu Kusuka Bantu Kesejahteraan Pelaku Usaha Perikanan

Reporter: Lizza Arnofia
 
blokBojonegoro.com - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro menghimbau kepada para pelaku usaha di bidang perikanan baik nelayan, pengolah dan pemasaran ikan hingga pembudidaya ikan, untuk mendaftarkan Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan (Kartu Kusuka). 
 
Sebelumnya program tersebut telah dilakukan dengan menerbitkan Kartu Nelayan yang diperuntukkan bagi nelayan kecil untu membantu usaha budidaya ikan. Kini kartu tersebut telah berganti menjadi Kartu Kusuka. 
 
Kartu Kusuka sendiri memiliki beragam manfaat, diantaranya. Sebagai bentuk perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha, percepatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan dan efisiensi program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.
 
Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan Dan Perikanan Bojonegoro, Wiwik Sulistiyo, menuturkan kartu ini memiliki beberapa manfaat seperti mempermudah para pelaku usaha kelautan dan perikanan dalam mengakses transaksi online, memudahkan akses permodalan dari LPMUKP dan mitra penyalur kredit perikanan dan kelautan.
 
"Manfaat lainnya memudahkan dalam pengajuan asuransi perikanan, yakni asuransi nelayan dan asuransi pembudidaya ikan kecil," terangnya.
 
Di tahun 2020, Kartu Kusuka yang telah diinput dan valid datanya bisa dicetak melalui E-Kusuka sebanyak 916 data. Dan telah diakui oleh kementerian. 
 
Sedangkan yang telah dicetak dan terbit dalam bentuk kartu di Kabupaten Bojonegoro saat ini terhitung 169 buah. Kartu Kusuka sendiri juga telah disalurkan ke sejumlah pelaku usaha di bidang perikanan yang tersebar di 28 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro.
 
"Yang telah mendapat manfaat kartu Kusuka diantaranya, nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar ikan pada bidang perikanan," jelasnya.
 
Pihaknya juga menghimbau, bagi para pelaku usaha di bidang perikanan yang hendak mengajukan Kartu Kusuka bisa mendaftarkan melalui penyuluh perikanan, selanjutkan penyuluh perikanan akan membantu melakukan proses pendaftaran melalui online. 
 
"Karena pihak yang bisa memasukkan hanya penyuluh perikanan atau internal," tambahnya.
 
Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan, juga berharap dengan adanya adanya program kartu Kusuka ini nantinya dapat bermanfaat bagi para pelaku usaha di bidang perikanan, karena beragam manfaat yang ada di dalamnya.
 
"Harapan kami dari disnakan, tentunya program ini bisa mendapatkan manfaat bagi para pelaku usaha perikanan untuk peningkatan kesejahteraan," harapnya. [liz/ito]

Tag : kartu, kusuka, bojonegoro, disnakkan, usaha, ikan, laut



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat