Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Panen Kayu Putih di Wilayah Selatan Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Thursday, 22 April 2021 18:00

Panen Kayu Putih di Wilayah Selatan Bojonegoro

Kontributor : Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Tanaman kayu putih milik  Perhutani Bojonegoro yang terbentang di sekitar wilayah lahan hutan Desa Setren dan Trenggulunan, Kecamatan Ngasem telah memasuki musim panen. Proses tersebut juga menjadi tanda peralihan tanam oleh petani pengelola lahan Perhutani tersebut.
 
Dari pantauan lapangan tim blokBojonegoro.com, nampak pepohonan Kayu Putih telah ditebas setengah badan. Daun beserta ranting kecil Kayu Putih dipotong menggunakan parang, kemudian dikumpulkan untuk diangkut oleh kendaraan.
 
"Enam bulan sekali Kayu Putih ini panen. Habis ditebangi rantingnya, kita olah lahan dan tanam Jagung, padi dan cabe, tergantung musimnya," kata petani pengelola lahan Perhutani, Bandrio kepada blokBojonegoro.com, Kamis (22/4/2021).
 
Warga Desa Setren, Kecamatan Ngasem itu menambahkan, semua pengelola lahan Perhutani yang notabennya berasal dari berbagai wilayah disana telah satu minggu ini melakukan proses panen.
 
Sebagai pengelola, para petani memiliki tugas untuk merawat lahan berikut melakukan upaya panen ke Perhutani. Selebihnya, disela lahan kosong antara Kayu Putih tersebutlah yang jadi media tanam jagung, padi dan cabe.
 
"Memang sudah waktu panen, sesudah itu sibuk rawat tanaman sendiri. Ini tinggal nunggu hasil panen untuk disetor ke Mojokerto," pungkasnya.

Setelah daun kayu putih di kumpulkan petani kemudian daun-daun tersebut di timbang, setelah di timbang petani-petani mendaoatkan upah dari panen kayu putih tersebut dengan imbalan Rp150 persatu kilogramnya.[her/ito]

Tag : kayu, putih, ngasem, setren, trenggulunan, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini